Cara Membuka Akun Reksadana di Bank Commonwealth Indonesia

Diawali dari inisiatif istri saya, salah satu target yang ingin kami capai di tahun 2016 ini adalah belajar dan memulai investasi kecil-kecilan. Dari beberapa alternatif instrumen investasi, pilihan kami jatuhkan ke Reksadana, karena instrumen ini memiliki risiko yang moderat dan bisa dimulai dengan modal yang kecil. Karena kami pun masih belajar, bagi yang belum familiar, definisi reksadana dapat dilihat secara lengkap di wikipedia .

Setelah memilih instrumen investasi, langkah selanjutnya yang harus kami lakukan adalah memilih agen untuk membuka akun. Untuk pemilihan ini pun kami harus memutuskan apakah membuka akun di Singapura, tempat saya bekerja sekarang atau di Indonesia. Pada akhirnya kami menjatuhkan pilihan membuka akun di Indonesia karena nilai investasi awal yang sangat rendah, bisa dimulai sekecil 100 ribu rupiah.

Setelah memutuskan untuk membuka akun di Indonesia, kemudian kami harus memilih agen. Sebetulnya sebelum memutuskan membuka akun, pengetahuan saya mengenai Reksadana masih nol besar. Barulah beberapa hari menjelang membuka akun saya mulai membaca sedikit-sedikit literatur di instrument investasi ini. Dari referensi teman istri yang membuka akun di Mandiri, kami disarankan untuk membuka akun di Commonwealth, dikarenakan Commonwealth adalah satu dari sedikit agen Reksadana dengan fasilitas transaksi online. Fasilitas ini sangat penting untuk kami yang tidak berdomisili di Indonesia. Kebetulan liburan tahun baru cina lalu kami pulang ke Bogor, kami pun merencanakan untuk membuka akun pada waktu tersebut.

Bank Commonwealth terdekat dari rumah orang tua saya berlokasi di Citra Gran Cibubur. Hari Kamis lalu, saya mampir pertama kali untuk menanyakan informasi mengenai pembukaan akun. Sebelumnya istri saya pun sebenarnya sudah bertanya-tanya banyak melalui call center.

Saat datang, saya disambut oleh Relationship Manager di Bank Commonwealth. Saya diberikan penjelasan lengkap mengenai Reksadana dan cara pembukaan akun. Untuk memiliki akun Reksadana, nasabah harus mempunyai rekening tabungan. Dari penjelasan tersebut berikut adalah dokument-dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan dan akun Reksadana di Bank Commonwealth.

  • KTP
  • NPWP (tidak diperlukan untuk pembukaan rekening namun diperlukan untuk pembukaan akun reksadana)
  • Minimum deposit pertama 500.000
  • Surat keterangan alamat jika korespondensi tidak sesuai dengan KTP. Untuk kasus saya, karena KTP beralamat di Jember, saya melampirkan cetakan statement Kartu Kredit yang masih beralamat di Bogor
  • Materai 2 buah (disediakan dengan membayar)

Oleh karena saya tidak ingat di mana kartu NPWP saya, hari itu saya tidak bisa membuka rekening dan akun. Setelah dari Bank, saya memutuskan langsung pergi ke kantor pajak untuk mencetak ulang kartu NPWP. Beruntunglah prosesnya cepat dan mudah. Salut untuk Dirjen Pajak untuk pelayanannya kini.

Keesokan harinya, saya kembali ke Bank Commonwealth bersama istri saya dengan membawa dokumen lengkap. Kami memutuskan untuk membuka dua rekening tabungan, satu untuk masing-masing kami dan membukan dua akun reksadana, satu untuk masing-masing kami juga. Hal tersebut dilakukan agar kami bisa mengatur setiap akun reksadana sesuai dengan tujuan investasi kami.

Proses pembukaan akun reksadana dimulai dari pengisian form untuk pembukaan rekening dan aktivasi i-banking. Untuk yang meminta fasilitas token, Commonwealth menarik biaya 100.000 per token. Setelah proses pembukaan rekening tabungan dan menyetor deposit awal, kami diminta mengisi kuesioner untuk mengetahui profile kami dalam berinvestasi. Pengisian kuesioner ini adalah wajib. Dari kuesioner dapat diketahui tipe setiap orang dalam berinvestasi. Dari tipe tersebut pihak agen akan menyarankan jenis reksadana apa yang sebaiknya diambil oleh nasabah. Namun demikian, hasil dari kuesioner adalah rekomendasi yang tidak mengikat. Setelah mengisi kuesioner, kami pun mengisi beberapa form. Setelah sekitar 1 jam prosesnya pun selesai. Baru sekitar sore hari, ketika saya coba login ke i-banking, saya bisa melihat daftar reksadana yang bisa dibeli.

Dari pengalaman ini saya memberikan rekomendasi positif atas kemudahan pembukaan akun reksadana di Bank Commonwealth Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s