Tips Mencapai Tujuan Apapun Dengan Mudah

Salah satu penulis buku pengembangan diri yang paling saya suka adalah Brian Tracy. Beberapa bukunya yang cukup bagus adalah “Goals How to Get Everything You Want Faster than You Ever Thought Possible”, “Change your thinking and change your life” dan “Create Your Own Future How To Master The 12 Critical Factors Of Unlimited Success”. Dari buku-buku tersebut topik intinya adalah mengenai pencapaian target.

Intisari tips mengenai teknik pencapaian target tersebut sebenarnya sangat sederhana. Kita bisa mencapai hal apa pun yang kita inginkan. Tipsnya pun sangat logis dan masuk akal. Kepenasaran saya yang muncul adalah meski tips intisari tersebut sangat logis di atas teori tahapan implementasinya tetap saja tidak terlalu mudah.

Tahapan pertama dan terpenting dalam pencapaian tujuan adalah tahu apa yang kita inginkan. Tuliskan secara spesifik, berjangka waktu dan terukur. Ingin sukses adalah contoh tujuan yang masih terlalu general dan tidak bisa diukur. Mendapat pekerjaan mengajar bla bla di sekolah internasional xxx dalam waktu 6 bulan ke depan adalah contoh target yang spesifik, berjangka waktu dan dapat diukur keberhasilan atau kegagalannya kegagalannya. Harus diperhatikan juga, targetan harus tertulis dan bukan sekedar di kepala.

Tahapan kedua adalah menyiapkan langkah strategis, bertahap dan konsisten dalam pencapaian tujuan tertulis tadi. Segala sesuatu itu ada harganya. Demikian juga dengan pencapaian tujuan. Harga dari pencapaian tujuan adalah usaha.

Usaha tersebut harus strategis karena jalan yang ditempuh harus efektif dan efisien, harus menggunakan strategi, tidak ngasal. Bertahap berarti harus sabar. Jangan hajar bleh. Terkadang banyak hal harus dilakukan step by step. Sesuatu bisa dilakukan bila prasyaratnya sudah dipenuhi. Konsisten berarti harus istiqomah. Pasti dalam tahapan mewujudkan tujuan ada hambatan dan kegagalan yang menghadang. Orang konsisten akan terus jalan dan pantang menyerah.

Tahapan ketiga evaluasi. Terkadang di tengah jalan dibutuhkan pergantian strategi atau mengambil upaya alternatif. Melakukan langkah yang sama meski sudah berkali-kali gagal jelas bukan hal yang pintar.

Tahapan keempat adalah celebrating. Selamat, anda telah sampai di tujuan anda. Kesediaan melakukan usaha, dengan konsisten namun tetap smart akan menghancurkan hambatan apa pun yang memisahkan antara kita dan apa yang kita inginkan.

Demikian tips singkatnya. Seperti yang sudah saya tulis pada bagian atas, sangat terlihat mudah di atas kertas (atau di atas monitor) :p. Namun untuk tahapan praktik saya pun belum bisa membuktikan banyak. Setidaknya semoga tulisan tidak berguna ini bisa sedikit berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s