Ramadhan 2010

Hari ke 15 Ramadhan. Seperti biasa waktu terus berjalan cepat. Kata khatib sholat Jumat itu adalah tanda kita betah di dunia. Maka dari itu sebagian besar orang akan takut menghadapi mati.

Ini adalah Ramadhan pertama di kosan. Sahur sendiri, buka puasa juga sendiri. Sahur menyusuri warteg yang buka di belakang Sudirman. Sementara buka puasa buat es sirup sendiri di kantor. Ramadhan itu jika disadari adalah jakpot berhadiah yang sangat sayang jika disia-siakan. Jakpot di mana jika kita beribadah dengan benar, Allah menjanjikan kita kembali ke fitrah ke kesucian ba’da ibadah puasa. Namun memang bukan hal yang gampang. Semakin hari orang semakin sekuler. Bahkan orang yang mengaku Islam sekalipun. Sudah cukup banyak orang yang mengaku Islam tapi tidak sholat. Saya sadar, meskipun saya secara sadar masih jarang meninggalkan sholat itu bukan sebuah arti bahwa saya lebih baik dari yang tidak sholat sekalipun. Sebab bisa saja sholat yang saya lakukan hanya bernilai jungkir balik saja namun tidak diterima amal ibadahnya (naudzubillah). Malam Ramadhan tetap saja sepertinya masih lebih ramai mall dibandingkan masjid. Ya masjid memang ramai pada awal-awal bulan puasa. Namun semakin puasa berjalan, sebagai contoh, jamaah sholat tarawih mengalami kemajuan yang semakin pesat (shafnya semakin maju ke depan).

Pertanyaan berharga yang menelisik adalah akankah kita berjumpa dengan ramadhan tahun depan? Atau kah kita akan tiada dalam rentang waktu sebelum ramadhan berikutnya? Wallahualam. Manusia hanya berencana, Allah yang menentukan. Dari pos yang sedikit tidak berstruktur ini, semoga belum terlalu terlambat untuk mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga mendapat keberkahan di bulan suci ini.

Gambar dari: http://destinyzas.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s