Resolusi 2010

Selagi masih bulan  januari, sepertinya masih representatif untuk menulis resolusi. Walaupun dulu sempat apatis dengan resolusi, tidak dapat dipungkiri resolusi bisa menjadi penyemangat dan panduan berarti untuk mencapai hal-hal yang kita inginkan. Barangkali ada teman-teman lain yang mau share di sini juga sambil hitung-hitung saling menyemangati. Life is to precious if just to be ordinary.

Resolusi yang baik harus memenuhi 4 kriteria berikut. Deskriptif, terukur, spesifik dan berjangka waktu. Deskriptif memiliki artian tegas dan uraian jelas. Keinginan yang samar-samar tentunya tidak bisa disebut resolusi. Terukur artinya bisa diperiksa keberhasilannya dengan perhitungan. Spesifik berarti lingkup resolusinya tajam dan tidak melebar. Berjangka waktu berarti harus ada range batasan pencapaian. Contohnya, ingin menjadi bahagia dan ingin menjadi sukses bukan resolusi yang terukur, kurang spesifik, tidak terlalu deskriptif, ditambah lagi jangka waktu pencapainnya tidak jelas. Apakah sukses dalam 1 tahun, 2 tahun ke depan? Sukses seperti apa? Bagian apa yang sukses? Karir, pendidikan? Contoh resolusi yang kurang baik tersebut akan menjadi suatu hal yang sulit dicapai.

Baik saya akan mulai dengan list resolusi saya tahun 2010 ini. Listnya tidak berurutan. Evaluasinya Insya Allah akan dibuat di akhir tahun nanti. Semoga resolusi ini tidak hanya hot 3 minggu pertama saja lalu basi kemudian.

– Lebih disiplin dan tepat waktu
Beberapa bulan belakangan kedisiplinan saya turun drastis. Susah bangun tepat waktu dan agak kacau dalam mengatur skala prioritas untuk hal-hal yang harus dikerjakan.
– Menguasai bidang ilmu yang sedang digeluti
Dalam hal ini software engineering. Pengen bisa memahami 99% stack Java Enterprise secara khusus dan Enterprise Application secara umum. Menyelami masalah integerasi aplikasi, SOA, ESB dan kawan-kawannya. Menyerap konsep bidang-bidang ilmu computer science secara komprehensif. Mulai dari algorima, sistem operasi hingga artificial intellegence. Jadi ngarepnya, nanti pas kuliah S2 udah lancar. :p
– Fasih bahasa inggris
Learn by doing. Anak kecil yang lahir di Inggris pasti akan fasih berbahasa Inggris pada usia dia wajar berbicara tanpa perlu ikut kursus atau baca buku-buku grammar yang tebal-tebal. Sangat sulit untuk bisa mahir dalam suatu hal jika hanya terus berkutat dengan teori. Action, action, action lah yang diperlukan. Jadi untuk resolusi ini mungkin aksinya adalah, kerja di perusahaan PMA jadi mungkin bisa presentasi atau mengeluarkan opini dalam bahasa Inggris katakanlah saat meeting, jalan-jalan paling tidak ke singapura 2 hari 3 hari sehingga akan ‘terpaksa’ ngomong Inggris meski dialek Singapura atau minimal main-main ke Jalan Jaksa dan mencoba tebal muka say say halo dengan bule-bule di sana.
– Jalan-jalan ke luar negeri
Berhubung saya orang udik, sampai detik di usia 24 tahun 1 bulan 2 hari ini saya ga pernah keluar negeri. Padahal saya sadar, hidup terlalu sempit bila hanya mondar-mandir di spot yang sempit Jonggol Jakarta. Sejak baca Edensor Andrea Hirata rasa penasaran untuk melihat salju, orang bermata berwarna, berambut pirang langsung di ‘habitat’ mereka benar-benar menuntuk untuk dapat dicapai.
– Mengatur pola makan dan Olahraga Rutin
Semenjak mulai bisa cari duit sendiri meski sedikit, pola makan saya sudah seperti setan. Layaknya mesin giling, semua benda masuk ke perut, kambing, soto ayam, kerang, kepiting, junk food untung saja isi tong sampah dan anak kucing tidak ikut masuk dimakan. Berhubung sebagian besar penyakit asalnya dari makanan, menjaga pola makan harus menjadi resolusi yang harus dipaksakan. Seram juga jika kelak diumur 40 sudah harus berhubungan dengan stroke, asam urat atau darah tinggi. Amit2. Untuk semakin menangkal resiko itu harus dipaksakan juga olahraga rutin, jogging minimal 3 kali seminggu dan berenang minimal sebulan sekali di tambah olahraga menembak dua bulan sekali (kemarin baru nemu spot latihan nembak umum di Blok M).
– baca buku minimal 1/minggu
Ga mau jadi orang bodo. Pengen bisa menjadi orang yang banyak tahu dan memiliki pengetahuan yang terus berkembang.
– bisa menang satu kontes, secara spesifik kontes software
Pengen bisa ngerasain menang ribuan dollar. Pasca tahun 2000 banyak sekali kontes-kontes global terutama di bidang software development yang memberikan peluang bagi siapapun untuk bisa mengaktualisaskikan karya yang dibuat sekaligus mencoba peruntungan untuk kaya mendadak.
– presentasi paper di konferensi ilmiah
Ini untuk aktualisasi diri juga. Sejak dulu saya punya masalah dengan berbicara di depan umum. Saya orang gelegapan saat berbicara di forum. Idealnya
– Belajar bahasa jepang
Ini adalah obsesi yang idealistik. Ingin bisa kuliah S2 ke Jepang dua atau tiga tahun ke depan. Alasannya sangat banyak sekali hal-hal menarik di sana. Teknologi, hiburan, film, musik dan video game. Bisa kuliah dan mencoba berkunjung ke sana pasti akan menjadi pengalaman hidup yang penting untuk dicapai. Lagi pula kasian juga buku-buku dan kamus-kamus bahasa jepang saya yang berdebu di kamar karena tidak pernah disentuh setelah dibuka bungkusnya saat pertama kali membeli.
– Beli mobil.
Bosan hujan-hujanan dan panas-panasan. Tapi juga tidak berniat menambah kemacetan jalan. Punya mobil sendiri adalah obsesi paling pragmatis untuk saya saat ini. Berhubung saya bukan orang yang terlalu muluk, untuk mobil pertama cukup mobil bekas saja. Mungkin Fortuner bekas, Camry bekas, Alphard bekas atau Ferrari bekas. :p
– Siap-siap kuliah S2
Dua atau maksimal tiga tahun lagi harus bisa mulai kuliah S2. Prioritas pertama ngambil Computer Science. Tapi ada ketertarikan tertentu juga untuk ngambil MBA. Cita-cita akhirnya sih pengen jadi pengajar. Pengen jadi orang yang bisa bermanfaat bagi orang-orang sekitar.

Sebenarnya ada beberapa point yang masih hilang dari daftar di atas. Pertama masalah spesifik kerjaan. Pengen bisa kerja di tempat yang dapat memberikan kesempatan pengembangan diri secara optimal dan tentunya memberikan penghasilan alias gaji yang cukup. Kedua masalah entrepreuneurship. Ketiga masalah nikah sepertinya masih belum dicantumn di list tahun ini. Mungkin 3 point itu akan dibahas lain waktu.

That’s all for now. See u at the end of the year. Kalo panjang umur.

3 thoughts on “Resolusi 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s