Nintendo DS, Nintedo DS Lite, Nintedo DSi atau Nintendo DSi LL

Ketika saya baru saja berniat membeli nintendo ds lite, ternyata persis akhir november lalu nintendo baru saja meluncurkan family terbaru handheld game Nintendo dsi LL. Meski untuk region amerika utara baru diluncurkan quartal pertama tahun depan hebatnya beberapa seller video game di kaskus sudah menjual konsol ini.

Nintendo ds sendiri adalah handheld konsol keluaran nintendo yang diluncurkan untuk meneruskan kedigdayaan keluarga gameboy. Bersaing secara ketat dengan PSP, Nintendo DS nampaknya tetap cukup menonjol dengan keunikannya tersendiri. Layar ganda, input touchscreen dan library game yang sangat banyak meski rata-rata game NDS ringan dan tidak seserius game PSP. Nintendo DS pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2002. Tahun 2006 diluncurkan Nintendo DS lite dengan ukuran lebih kecil dengan tampilan layar yang lebih terang. Tahun 2008 keluarga DS ditambah dengan kehadiran Nintendo DSi. Fitur paling menonjol dari DSi adalah prosesor yang lebih cepat, ukuran layar yang lebih besar dan kamera. Ya, DSi adalah konsol handheld pertama yang memiliki kamera.

Tepat pada akhir Nopember lalu keluarga nintendo DS bertambah lagi dengan kehadiran Nintendo DSi LL. Secara umum spesifikasi DSi LL sama dengan DSi biasa. Perbedaannya hanya pada ukuran layar yang sangat besar.

Jadi mau beli yang mana? Nintendo DS original sepertinya sudah jarang dijual. DSi masih agak mahal untuk sebuah konsol handheld. Lagipula DSi tidak backward compatible dengan cartridge gameboy. DSi LL sangat menarik dengan ukuran yang sangat besar dan bahkan sepertinya sudah dijual di Indonesia. Pilihan paling rasional sepertinya jatuh pada Nintendo DS lite. Dengan kisaran harga 1 juta hingga 1.7 juta dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki akan menjadikan NDS Lite sahabat yang bisa menemani kesuntukan-kesuntukan yang melanda. Saya akan coba tulis review lengkapnya setelah membeli konsol ini.

PS: Gambar menyusul. Internetnya sedang ekstra lemot.

One thought on “Nintendo DS, Nintedo DS Lite, Nintedo DSi atau Nintendo DSi LL

  1. Signorina Fa berkata:

    .. Enaknya beli NDS yang mana nih..? Terus cara download dan saving filenya bagaimana? Maaf masih gaptek belom nongol ke nintendo nih.. Hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s