Kenapa Saya Tidak Memakai Blackberry

Setelah bertahun-tahun menggunakan nokia tiba-tiba sempat terbesit pikiran untuk mencicipi handset brand lain. Pilihan pertama adalah blackberry. Hei di luar sana sorak sorai blackberry sangat ramai terdengar. Godaan untuk mencoba benar-benar mengusik hingga sulit untuk dihiraukan.

Perbedaan terbesar handset blackberry dibandingkan handphone biasa ada di fitur konektivitas internetnya. Bila ingin memanfaatkan blackberry seutuhnya user harus berlangganan blackberry internet service ke operator. Dengan berlangganan service tersebut maka user bisa mendapat salah satu fitur utama dari blackberry yang tidak banyak dimiliki handset lain yaitu push email. Email yang langsung masuk ke handset setelah dikirim pengirim. Setelah menyadari perbedaan tersebut. Aku langsung berburu segala informasi mengenai tipe handset blackberry yang harus aku boyong. Dengan keterbatasan dana akhirnya pilihan jatuh ke Blackberry Curve 8310 dengan harga refurbish saat post ini ditulis 2.500.000 . Tipe Blackberry termurah yang ada di pasaran. Langsung aku hubungi penjual cod handset handphone yang banyak berkeliaran di internet. Ngobrol sebentar lewat telpon. Tanya-tanya sedikit. Namun beberapa jam sebelum deal terjadi, aku pun mendadak berubah pikiran. Aku batalkan transaksi. Aku tidak jadi beli blackberry.

Berikut adalah alasan-alasan mengapa aku urung menjadi blackberry user

  1. Aku tidak butuh fitur push email. Aku online 24 jam. Setiap ada email masuk pasti pidgin aku di komputer akan berkedip-kedip. Atau jika pun ada orang yang ada keperluan urgen dengan saya, hei kenapa tidak telpon atau sms. Pasti langsung saya respon tanpa perlu memusingkan push email.
  2. Saya malas berlangganan blackberry internet service seharga kisaran 200 ribu perbulan. Artinya ini adalah pengeluaran tambahan setiap bulan selain pulsa. Padahal dengan langganan gprs biasa telkomsel flash seharga 10.000 untuk 15 MB sudah lebih dari cukup untuk sekedar browsing-browsing atau chatting sekedarnya di hp.
  3. Tidak ada Blackberry dengan radio fm.
  4. Tidak ada pdf reader untuk blackberry.
  5. Tidak ada garmin xt untuk blackberry.
  6. Sudah terlalu banyak orang indonesia konsumtif yang latah berblackberry ria membeli handset jutaan hanya untuk update status facebook dan chat yahoo messenger padahal kebutuhan mereka itu bisa dipenuhi dengan handphone biasa yang berharga sejutaan saja.

Oke ini hanya sekedar share tanpa ada maksud untuk sinis tanpa makna. Hanya luapan perasaan miris melihat kondisi orang-orang kita yang kian hari kian bangga menjadi konsumen dan bukan pembuat.

18 thoughts on “Kenapa Saya Tidak Memakai Blackberry

    • devi anisa berkata:

      setujuw,,,mang sih rata2 yg pake BB cuma buat style aja padahal pake BB tuh bukan tambah praktis tapi ribet dengan hurufnya yg kecil2,,heeheh…

  1. d2t_lagi berkata:

    BRILIANT!!!
    saya sangat setuju dengan pola pikir anda. Saya sendiri sangat heran dengan orang2 latah yang menggunakan BB sbg pelengkap “Gengsi” & ktk dTanya “knp pakai BB? jwbnya hanya untuk buka Facebook,sdngkan fitur lainnya mrk tidak tau” padahal klo hny untuk FB bisa menggunakan HP dengan kisaran harga 1-2jt, itupun diTunjang dengan fitur yg lebih lengkap ketimbang BB.
    Inilah yang disebut dengan pembodohan teknologi terhadap perilaku masyrakat Indonesia yang konsumtif.
    BB = Bau Badan

  2. lutfi berkata:

    Betul sekali mas Lamida..semua kebutuhan online saya sudah (lebih dari cukup) dipenuhi oleh W960i saya….tapi saya interest juga dengan 5730xm..patut saya sandingkan dengan W960i saya..

  3. harvan berkata:

    Betul, org yg gengsinya tinggi pasti beli BB (fitur BB pd saat ini)..
    Kakak sm ade gw pk BB, tp gw gak deh.
    Laptop + internet Connection + W900i + esia = Lebih dari cukup.

    Kecuali BB udh makin bagus fitur n performance, purna jualnya bagus, baru deh bisa dilirik..

  4. Riksan berkata:

    BB dah pasaran banget,dari bentuknya kurang enak diliat ato disimpen di celana, selain itu merek2 cina pun niru bentuk BB…dengan fasilitas facebook yang jadi bahan jualan.

  5. Nokiyem berkata:

    Push Email dihandphone?
    Kita bisa kirim/terima/sedot langsung email dengan handphone, seperti komputer dirumah/kantor!
    Yah…. kalau cuma fitur itu aja, di HP2 keluaran Sony Ericsson jg ada!
    Contoh di SonyEricsson seri G502,G700,G705,G900,P1i,P990i,M600i,W960,W705 dan msh bnyk lagi type SE yg ada fitur push emailnya.
    di NOKIA,SAMSUNG,MOTOROLA dll dibeberap type ada push emailnya jg.
    Malah di SE G700, G900, P1i jg ada akses ke BlackBerry Web… n hrs registrasi dulu tentunya.

  6. Anti BangBerry Black berkata:

    Budaya latah ber BlackBerry emang kadang bikin muak!
    sy memiliki 2 HP, NOKIA N73 dan SE G705 slider.
    Ada cerita, suatu hari sy pernah dibilang ketinggalan jaman oleh tmn kerja, krn tdk memiliki HP BlackBerry yg lg booming dgn QWERTY keyboardnya.
    Kesal jg dan sy jawab ejekan teman sy itu….
    “Kalo gua mau beli HP QWERTY, mendingan beli HP high end sprti…
    NOKIA E72 QWERTY keyboard, NOKIA N97 atau Sony Ericsson X2-OS Windows Mobile 6.1 Profesional yg jelas2 lbh kaya+lengkap fiturnya dibanding BlackBerry harga 4 jutaan yg cuma menang trend latah doang, akses internetny BB jg rata2 cuma ngandelin koneksi GPRS, bandingan dngn NOKIA dan SE type high end yg semua ada koneksi 3G,HSDPA,WiFi dan seabrek kaya fitur sprti musik+kamera yg jelas2 unggul dari BB!”
    Hehehe….
    Ngedenger semua balasan dari sy, tmn sy langsung mikir juga.
    “Makanya luh, baru punya BB udah songong! Elu pikir BB tuh HP paling canggih dlm internetan ya?”
    Push Email di SE G502,G700,G705,G900,P1i,W960,X1,X2 n NOKIA bbrapa type jg ada!
    Dgn Push Email kita bisa terima/kirim n sedot email langsung via HP, ky komputer dirmh/kntr.
    Malah di SE G700,G900 n P1i ada akses ke BlackBerry Web…. n kita hrs registrasi dulu tentunya!

  7. Johann berkata:

    Ya saya juga liat banyak orang2 begok dan konsumptif pengen keliatan gaya make Blackberry, padahal kantong cekak. Saya pernah punya rekan bisnis (ad agency) yang punya hutang 2,8 juta sama saya, bayarnya lama amat alasannya dia belum dapat bayaran dari kliennya, padahal komunikasi pake Blackberry. Udah hampir saya semprot, “Jual tuh Blakcberry lo! Gaya doang pake Blackberry.” Mending saya pake HP Sony Ericsson 300 ribu perak tapi gak pernah ngutang.

  8. Bambang berkata:

    saya gk pernah beli bb tapi suka liat punya teman menurut saya lebih baik hp yang biasa udah ribet mahal pula dan kalau sudah rusak katnya susah untuk service dan jualnya…

  9. Nasirin berkata:

    Setuja-setuja heheh kebutuhan nya terlalu berlebihan karena sbenernya klo saya sih udh ke handle ama SE G502 internetan mah ngacir abis,,

  10. yudo syaf berkata:

    saya sepakat sama bung Jon…
    kalau boleh nambahin, mengapa saya ndak pakai BB ?
    1. saya ndak mau ikut latah kena sindrom BB…. karena HP saya motorola ROKR E1 masih jagoan
    2. Harganya fantastis, dengan seharga BB saya bisa beli HP dengan fasilitas yg lebih ok daripada BB
    3. keypad QWERTY-nya kekecilan…untuk orang berjempol overlagre seperti saya, susah buat ngetiknya
    4. orang skrg beli facebook, bukan beli BB. thats why banyak BB wannabe…. kalau saya lebih nyaman Facebook & aktivitas internet pakai laptop saja.

    no offense nih ya…. tapi saya salut dengan mereka2 yg memaksimalkan BB mereka untuk kepentingan apapun yg “memudahkan”

    peace !

  11. martini berkata:

    gue malah pake smart ZTE harga 400ribu aja dicicil 10kali…lebih ngacir..lancar..biar hape cicilan (songong mode on**) tapi dapat internetan 24jam nonstop selama 45hari cuma bayar 45ribu………..blek burik..itu mah buat ibu2 yang bisanya ngabisin gaji………..cuma buat sms aja pake blek burik…hehehe…lucu…
    kalo mo gaya pake Xperia juga ada..hehe…

  12. agung berkata:

    Dear Mas2 yang anti BB diatas🙂..
    Sorry bring up lagi post yang kayanya udah lama banget ini
    Pada waktu tulisan ini pertama ditulis saya juga punya pendapat yang sama
    dengan mas Jon..alasan2 saya tidak pakai BB..tapi setelah agak bosen dengan
    Nokia dan pengen punya merk lain..jatuhlah pilihan ke BB🙂.

    Ternyata BB ga jelek2 amat kok,plus minus pasti ada lah di antara brand2 HP

    Berikut saya coba uraikan keunggulan2 BB setelah saya gunakan beberaa bulan
    1.Push Email : Coba dulu deh dan saya jamin teman2 semua pasti bilang bahwa fitur BB yang ini emang nomor wahid.
    2.Chat : Menggunakan BBM ataupun yg lainnya seperti YM,Gtalk..chat di BB bener2 menyenangkan karena kita selalu online setiap saat..buat saya..fitur chat di BB seperti pengganti SMS hanya dengan tambahan emoticon yang lucu2 itu
    3.Music dan Kamera : Dua fitur ini walaupun tidak digembor2kan ternyata memiliki performance yang lumayan bagus..saya coba compare kualitas kamera dan music antara Gemini dan E71..hasilnya Gemini menang kemana2🙂.
    4.Office : BB ternyata juga punya fitur office (view&edit),built in pada beberapa seri dan harus ditambah pada beberapa seri lainnya,walaupun masih kalah dengan quick office punya Nokia.
    5.Semua fitur online diatas bisa dinikmati dengan daya tahan batere yang lebih kuat dibanding brand2 lain

    Trus..apalagi ya..mungkin kesenangan2 probadi seperti SMS dengan threaded view atau berkirim file lewat BBM..dll.

    Kekurangannya ? banyak juga..diantaranya..
    Manajeman momory yang sangat2 jelek..BB tidak membolehkan aplikasi diinstall di memory card sementara BB seri lama memory built in-nya sangat2 kecil..belum lagi email2 yang tidak bisa dipindah ke memory card..kalu sudah gitu trus hang dan diapain ?..COPOT BATERE DAN MEMORY CARD nya..menyebalkan ya ?
    Selain itu saya pribadi belum menemukan lagi..walaupun kelemahan diatas menurut saya cukup krusial dan menentukan dalam performa

    Mungkin sekian gitu aja review asal2an juga dari saya🙂
    cuma nyari objektifitas aja..ga dibayar sepeser pun juga ama BB

    Salam

Tinggalkan Balasan

