Upgrade Ubuntu 9.04

Minggu lalu, akhirnya saya mengupgrade Intrepid Ibex Ubuntu 8.10 ke Jaunty Jackalope Ubuntu 9.04. Alasan install ulang adalah saya harus melebarkan partisi linux yang hanya 15 GB. Padahal saya memerlukan Oracle 11g untuk development. Dengan partisi seukuran itu, komputer saya sering error ketika kapasitas hardisk kosong bisa habis menjadi 0 persen. Sebenarnya jika memungkinkan melakukan proses upgrading, tentunya itu akan menjadi pilihan menyenangkan. Proses install ulang cenderung memakan waktu. Belum lagi setelah install ulang harus mengatur ulang segala konfigurasi dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Namun apa daya, konfigurasi partisi yang tumpang tindih antara logical dan primary memaksa saya harus format ulang beberapa partisi dan tidak bisa upgrade, harus install ulang.

Tahapan pertama dari prosesi install ulang adalah backupp data-data. Pertama adalah bookmark firefox. Meski saya sudah register del.iciou.us, saya masih gak ngerti cara pakenya. :p Jadi backup bookmark kita lakukan secara manual dari firefox. Backup berikutnya adalah file .bashrc di home folder. Meski tidak penting-penting amat, tapi perlu dilakukan juga. Awalnya ingin membackup thunderbird. Namun ternyata tidak ada pilihan mudah untuk melakukan itu. Jadi setelah install ulang tinggal download ulang saja semua email dari server. Ketiga, backup file .vdi virtualbox. Saya punya Windows XP, FreeBSD dan Open Solaris di sana. Berkat kecanggihan virtualbox, OS virtual tersebut bisa digotong-gotong sesuka hati. Lalu yang paling penting backup data-data lain ke hardisk portable.

Tahapan kedua, download iso terbaru dari internet. Dengan koneksi internet yang ada, download selesai kurang dari 1 jam. Tahapan ketiga panggang iso ke cd rw. Untungnya masih ada cd rw yang meski sudah baret-baret ternyata masih bisa dipake. Tahapan keempat, install ubuntunya. Tidak sampai satu jam, ubuntu sudah matang.

Tahapan kelima adalah install ulang aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Paling utama JDK. Saya memilih menginstall punya Sun dari pada menginstall dari repositori ubuntu. Lalu install netbeans dan glassfish. Setelah itu, yang paling sulit adalah install oracle 11g. Namun kini tidak perlu khawatir partisi Linux sudah 40 GB dengan swap 2.5 GB. Lalu install thunderbird dari repository. Yang tak kalah penting, upgrade Pidgin. Kurang beruntung, pidgin yang dibundel dengan Jaunty Jackalope masih versi 2.5.5. Masih error nyambung ke yahoo. Dengan sedikit otak-atik saya akhirnya bisa membuat pidgin 2.5.7 siap pakai. Semua aplikasi lain seperti Eclipse (ganymede dan galileo), JBoss, Ant, Maven, service mix, Mule, tomcat, ireport, liferay, mobicent SIP Server ada di directory ntfs, jadi hanya perlu linking dari .bashrc file. Terakhir karena pengen iseng, saya install weblogic punya bea dan oracle dan websphere community edition. Yang tak boleh lupa adalah install Virtual Box. Saya install yang dari Sun daripada versi OSE dari repo ubuntu.

First impression setelah install adalah, login screen yang beda, trus wallpaper yang beda, system tray yang juga agak beda. Setelah semua selesai, komputer siap dipakai koding lagi. Pusing lagi deh.😦

2 thoughts on “Upgrade Ubuntu 9.04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s