Solusi Pidgin 2.5.2 tidak bisa terhubung ke Server Yahoo Messenger

Sejak pertengahan Juni kemarin pidgin mengalami masalah untuk terhubung ke server yahoo messenger. Padahal untuk orang yang online 25 jam sehari seperti saya🙂, aplikasi chat client sangat penting untuk selalu bisa terhubung dengan relasi. Oleh karena saya memakai Linux, saya memakai Pidgin (versi 2.5.2 bawaan dari Ubuntu Intrepid Ibex 8.10 milik saya), aplikasi chat client terbaik. Pidgin bisa terhubung ke banyak protokol chat sekaligus, seperti yahoo, google talk, AIM dan yang terpenting facebook messenger. Dari banyak protokol chat, rekanan saya paling banyak menggunakan yahoo messenger. Jika pidgin tidak bisa terkoneksi ke yahoo tentu ini menjadi gangguan yang tidak menyenangkan.

Protokol yahoo messenger adalah protokol tertutup. Developer pidgin harus melakukan upaya reverse engineering yang baik untuk bisa terhubung ke protokol yahoo. Permasalahan akan terjadi bila pada satu waktu yahoo melakukan perbuhan atau upgrade protokol mereka. Mungkin inilah kira-kira yang menjadi penyebab Pidgin tidak dapat terhubung ke yahoo beberapa hari terakhir.

Menanggapi permasalahan ini beberapa solusi muncul di internet beberapa hari terakhir. Yang pertama adalah menamabah entri 66.163.181.184 scs.msg.yahoo.com di file /etc/hosts. Solusi ini dapat bekerja dengan baik selama kira-kira 3 atau 4 hari. Namun setelah itu pidgin kembali tidak dapat terhubung ke server yahoo chat. Solusi selanjutnya yang sempat beredar adalah mengganti page server di manage account menu yahoo dari scs.msg.yahoo.com menjadi cn.scs.msg.yahoo.com. Nampaknya sukses. Namun kurang dari 5 detik, Pidgin langsung crash.

Apa gunanya post ini bila tidak memberi solusi. Solusi terakhir yang saya dapatkan dan semoga bisa menjadi solusi permanen adalah upgrade versi Pidgin ke versi 2.5.7. Segera meluncur ke http://www.pidgin.im dan download versi terbaru. Untuk distro ubuntu tidak ada pilihan untuk mendownload versi terbaru secara langsung, karena ubuntu hanya akan melakukan upgrade software dalam distribusi hanya karena pertimbangan security. Namun di dowload page pidgin diberikan instruksi detail dan sekarang Pidgin saya telah terupgrade ke versi terbaru dan kembali bisa terhubung ke server yahoo messenger. Semoga saja solusi ini bisa permanen.

2 thoughts on “Solusi Pidgin 2.5.2 tidak bisa terhubung ke Server Yahoo Messenger

  1. Rosyidi berkata:

    Beberapa bulan yg lalu aku coba ubah ke servernya, dan berhasil sampai berbulan-bulan.

    Namun baru kemaren error lagi.. wah tampaknya memang harus upgrade ya.. pidginku masih 252. padahal sekarang udah 2.6

    Terima kasih banyak atas pencerahannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s