Kos Koser

Setelah mempertimbangkan bahwa commute pulang pergi dari rumah di Jonggol ke kantor di Kuningan sudah menjadi hal yang tidak masuk akal, akhirnya saya memutuskan untuk kos. Sekitar minggu lalu saya menyewa kamar di Rawamangun.

Kenapa Rawamangun, pertama karena itu adalah satu-satunya daerah di Jakarta yang sudah tidak asing bagi saya, empat setengah tahun saya kuliah di Rawamangun. Kedua, harga kamar di Ramangun masih cukup terjangkau bagi pria yang masih berdompet tipis seperti saya. Agak kaget ketika saya mencoba survey harga kos di sekitar Kuningan. Sebagian besar ada di kisaran harga 1/3 hingga 1/2 gaji saya. Jika tetap saya ambil juga, artinya saya hanya bekerja untuk membayar kosan. Don’t make sense. Alasan ketiga, suasana di sana sangat menyenangkan. Dekat ke Kelapa Gading jika ingin cuci mata, banyak makanan, dan anti banjir. Alhasil dengan keputusan tersebut, saya bisa memangkas waktu di jalan. Semula 4 jam pulang pergi dengan total jarak 110 Km menjadi sekitar 50 menit pulang pergi dengan jarak 22 Km saja.

Dengan penghematan waktu dan jarak tempuh tersebut, saya berhasil mensubstitusi selisih waktu untuk kegiatan yang berguna. Saya seharusnya saya bisa menggunakan waktu untuk belajar dan menyelesaikan pekerjaan. Namun nampaknya saya lebih senang untuk memanfaatkan waktu tambahan yang saya dapat untuk menambah jam tidur.🙂 Setidaknya sekarang saya tidak sering batuk-batuk lagi karena diserang angin malam.

Rencananya saya hanya akan kos sekitar 2 bulan di sana. Saya adalah tipikal anak rumahan yang agak kurang betah jauh dari keluarga. Sejak kos saja saya tetap pulang setidaknya seminggu 2 kali. Setelah 2 bulan nanti saya sedang menyusun rencana lain dalam hal yang berkaitan dengan pekerjaan saat ini. Kita tunggu saja.

Tinggalkan Balasan

