Klarifikasi Artikel PPL SMKN 26 Jakarta di tahun 2007

Beberapa hari lalu saya mendapat sebuah komplain mengejutkan berkaitan dengan postingan yang pernah saya buat. Postingan tersebut adalah artikel mengenai pengalaman singkat kegiatan PPL di SMKN 26 Jakarta sewaktu saya menjadi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Komplain itu kurang lebih menyatakan bahwa tulisan yang saya buat telah mencemarkan nama baik guru-guru SMKN 26 Jakarta. Tentu saja hal ini sangat mengejutkan saya karena secara sadar, saya tidak pernah melakukan hal yang dituduhkan tersebut. Nampaknya telah terjadi sebuah kesalahpahaman di sini. Postingan ini punsaya buat agar pihak-pihak yang bersangkutan dapat maklum dan permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.

Untuk memeriksa keluhan tadi, saya segera memeriksa ulang tulisan tersebut. Ada pun di paragraf kedua tulisan ternyata saya ada kalimat yang saya duga  disalahartikan. Petikannya sebagai berikut.

“Sejak jaman sekolah dulu, hingga kuliah saya terkadang menemui pengajar yang saya anggap tidak berkompeten.”

Saya tidak mengatakan sedikit pun pernyataan yang mengatakan pengajar SMKN 26 tidak berkompeten. Saya menuliskan bahwa dari pengalaman saya pribadi semasa menjadi siswa, sewaktu saya sekolah dari SD, SMP hingga SMA dan Perguruan Tinggi, saya secara pribadi terkadang menemukan pengajar yang tidak memuaskan saya. Saya sendiri tidak pernah bersekolah di SMKN 26. Pengajar yang maksudkan adalah beberapa guru-guru saya terdahulu dan bukan guru-guru dari SMKN 26. Jadi, tidak ada sepatah kata pun yang mencemarkan nama baik SMKN 26 Jakarta.

Setelah memeriksa tulisan saya pun kemudian memeriksa komentar-komentar tulisan. Ternyata setelah diperiksa memang ada “komentar dari pembaca blog” saya yang agak tajam. Namun komentar tersebut langsung saya saring. Komentar tersebut keluar karena pada blog, setiap pembaca dapat turut berinteraksi untuk berpendapat. Publik mempunyai hak untuk menyanggah atau tidak setuju atas komentar dari pembaca lain. Namun sekali lagi, pada tulisan inti yang saya buat tidak ada satu kata pun mengarah pada hal yang dituduhkan.

Hal-hal berikut mendasari bahwa saya tidak mungkin menulis hal-hal yang mencemarkan nama baik orang. Pertama, saya mengerti etika. Saya tahu dan mengerti mana hal yang patut dituliskan dan mana yang tidak layak dituliskan. Saya tidak pernah menulis sesuatu yang mencemarkan nama baik di depan publik, dan melukai perasaan orang lain. Saya tidak pernah menuliskan fitnah, tuduhan dan kebohongan. Kedua, saya bukan orang bodoh yang membakar api permusuhan. Saya mengerti benar bahwa saya telah berhutang jasa dengan mendapat kesempatan melangsungkan PPL di SMKN 26. Tentu saja saya tidak akan membalas jasa kebaikan tersebut dengan hal yang tidak baik.

Pada awalnya, bila permasalahan ini telah diselesaikan saya sempat berpikir untuk menghapusan posting mengenai PPL tersebut. Namun saya pikir tulisan asli tetap tidak akan saya hapus sehingga setiap saat dapat dilihat dan diperiksa bahwa praduga yang sempat diarahkan pada saya tidak benar adanya.

Terakhir saya harap kesalahpahaman ini dapat diselesaikan dengan baik. Komunikasi lebih lanjut akan terus saya nantikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s