Develop Java di Ubuntu 8.10

Sejak dua minggu lalu, gw menginstal ubuntu di laptop. Niatannya ingin migrasi develop software dari windows ke linux. Hari-hari pertama setelah menginstal gw mengupdate software-software yang gw perlu dari internet. Agak serakah sih. Kalo seandainya memungkan, bisa saja gw mendownload seisi internet ke hardisk. Padahal hal seperti itu tidak benar juga. Biasanya, semakim banyak apliasi yang diinstal pada sistem operasi, performansinya akan semakin lambat.

Oke, balik lagi ke poin utama post ini. Aplikasi-aplikasi yang paling penting untuk gw instal adalah aplikasi untuk develop. Java Development Kit, Netbeans dan Eclipse. Untuk database gq nginstal Oracle 11g. Biar sekalian, gw juga nyobain IDE Java punya Oracle, JDevelop. Awalnya, semua nampak berjalan baik. Semua aplikasi tersebut dapat diinstal dan berjalan. Hampir tidak ada permasalan berarti saat instalasi. Tidak ada deendensi library yang mengganggu. Semua berjalan lancar.

Permasalahannya, ketika mulai develop, gw merasa kok aplikasi-aplikasi Java berjalan lambat. Eclipse lelet, Netbeans hampir beku, JDevelop terpatah-patah, Oracle SQL Developer freeze. Ada apa ini? Padahal di Windows, pada komputer yang sama, semua tadi berjalan kencang.

Beberapa hari gw mencoba memecahkan permasalahan tersebut, namun sayang belum mendapatkan solusi. Barulah tadi sore gw putuskan untuk install ulang ubuntu. JDK gw pake yang dari sun, bukan dari repo ubuntu. Instal Netbeans, terus pasang eclipse. Ternyata sekarang aplikasi Java berjalan cepat seperti seharusnya.

Kesimpulannya, meski belum terlalu pasti, gw menduga penyebab lambatnya Java di Ubuntu adalah konflik JDK. Di instalasi lama, gw pake JDK dari Ubuntu juga dari Sun. Dugaan gw ada konflik diantara mereka, sehingga membuat aplikasi yang membutuhkan runtime berjalan lelet.

Untuk sementara, case closed.

Posted by Wordmobi

2 thoughts on “Develop Java di Ubuntu 8.10

  1. vivaladino berkata:

    Emang tuh, saya juga baru tau pas isu2 di millis, untung blm instal linux’y, jadi ga pusing kaya sampean deh, hahaha..

  2. nita berkata:

    Saya mau tanya, dapetin netbean ma jdk buat ubntu 8.10 dimana?? Mohon dicantumkan beserta link-nya..
    Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

