UKI Transiter

Post yang tidak terlalu penting-penting banget.

UKI adalah sebuah Universitas Swasta di Jakarta Timur. Namun orang-orang lebih sering mengasosiasikan UKI sebagai sebuah tempat daripada sebuah kampus. Padahal jika konteksnya ingin diperbaiki, tempat yang sering disebut orang sebagai UKI lebih tepat disebut Cawang, nama sebuah kecamatan di Jakarta Timur tempat kampus UKI berada. Nampaknya asosiasi tersebut sudah sangat melekat bagi banyak orang terutama yang sering bolak-balik dari arah Bekasi dan Bogor. Wajar saja, wilayah tersebut adalah pintu masuk utama menuju Jakarta dari arah Timur yaitu Bogor dan Bekasi. Lihat saja trayek-trayek angkutan umum. Hampir semua menyebut dan menulis UKI, bukan Cawang.

Saya sendiri sudah menjadi transiter UKI sejak jaman kuliah dulu. Bolak-balik setiap hari dari Jonggol ke UNJ di Rawa Mangun dengan transit via UKI. Sebab pada waktu itu belum ada bis dari arah Cileungsi yang langsung menuju pusat kota Jakarta. Dari rumah naik angkot ke Cileungsi. Dari Cileungsi naik minibus 56 ke UKI. Dari UKI disambung mayasari reguler P57 Blok M – Pulo Gadung atau P300 Blok M – Rawamangun. Sebuah masa-masa yang akan selalu saya kenang.🙂

Setelah mulai kerja selepas kuliah. Praktis saya hampir tidak pernah transit lagi di UKI. Sekarang sudah banyak bis langsung ke berbagai tujuan Jakarta. Diantaranya Blok M. Ongkos sebenarnya tidak terlalu murah. Ya namanya juga trayek baru yang berumur kurang dari 5 tahun. Tapi dari pada mengambil pilihan yang tidak nyaman semisal harus transit di UKI, sepertinya harga yang agak mahal tidak perlu terlalu dipusingkan.

Semenjak 2 minggu terakhir kantor saya pindah ke Kalibata. Pada beberapa hari terakhir saya hampir selalu mengendarai motor. Lebih praktis, cepat dan tidak selelah ketika berkantor di Kebayoran. Tiba-tiba saja tadi pagi saya penasaran untuk mencoba ngangkot ke kantor. Artinya akan kembali mencoba menjadi transiter di UKI. Juga kembali mencoba berdesak-desakan di minibus 56 Cileungsi – UKI yang tidak manusiawi. Bayangkan saja, satu mini bus tersebut dijejali penumpang sebanyak 27 orang. Mirip seperti ikan asin. Sangat berbeda dibandingkan dengan  menumpang bus besar.

Dari hasil percobaan tadi ternyata cukup menarik juga pengalaman napak tilas ke UKI. Dari UKI ke arah kalibata saya menggunakan Metro Mini 64 Cililitan – Pasar Minggu. Pada saat pulang tadi sempat ngemil salah satu jajanan dari berpuluh-puluh macam dagangan yang ada di UKI. Berlari-lari sedikit berebutan naik 56, jam 7 barusan saya telah tiba di rumah. Sekitar 2 jam perjalanan, hemat 1 jam dibandingkan saat masih di Kebayoran.

Ada sebuah petikan bijak yang mengatakan, “perbanyaklah berkelana, melihat tempat-tempat dan orang-orang, agar jiwamu bertambah kaya.” Semoga saja demikian.

4 thoughts on “UKI Transiter

  1. andani berkata:

    iya…jd inget punya pengalaman seru neh..
    dulu baru seminggu datang ke bekasi,,trus cba cari2 low. ga taunya dipanggil tes di bca ,,yawdah berangkat subuh2 dari bekasi…
    setelah kelar tes,,dan dinyatakan tidak berhasil,,”silahkan mencoba lain kali_,akhirnya pulang dengan perasaan macam2,,eh..malah kesasar ke pasar rebo bukan nya balik ke bekasi..
    untung masih ada Alloh,,yang maha baik..
    jadi bisa bkin pikiran tenang..dan
    akhirnya setelah tanya kanan tanya kiri..akhirnya berhasil nyampe lagi di bekasi…
    fuihhh…
    unforgetable moment deh…
    tp seru..si,,:)
    secara masih jd “orang baru”yang ga tau jaln gtu…🙂

  2. lamida berkata:

    @andani
    Ya ga apa2 nyasar dikit2, selama masih di Indonesia juga. He.. he.. Lucu juga kan kalo nyasarnya sampai ke Singapura. Sering jalan2 makanya, biar bisa hafal lokasi2 di sekitar kita.🙂

  3. lamida berkata:

    @andani
    pardon me. sudah diperbaiki. biasa, ngetiknya pake 11 jari. Telunjuk kanan dan telunjuk kiri. Jadinya suka typos deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s