Tes di Mitrais

Sabtu kemarin aku tes kerja di Mitrais di Plaza Kuningan Rasuna Said. Adapun Mitrais adalah sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak yang berkantor pusat di Bali. Perangkat lunak yang dikembangkan kebanyakan diimplementasikan di bidang medical dan hospitality serta mining solution. Tentu saja lingkup kerja Mitrais sangat GUE BANGET. Sejak dulu memang bercita-cita untuk bisa kerja di sebuah perusahaan software besar, belajar banyak hal dan berinteraksi dengan orang. Mitrais nampaknya mampu menawarkan hal-hal itu. PElamar yang lulus seleksi akan menjalankan induction program yang berisi pelatihan intensif selama 3 bulan mengenai aktivitas pemrograman di mitrais, mulai dari metodologi yang digunakan, bahasa, managemen proyek dan segala ilmu-ilmu lain yang pasti akan sangat berharga. I love learn so much! Bukan sekedar berhenti di pelatihan teknis, Mitrais juga menekankan pentingnya kemampuan berkomunikasi seorang software engineer (posisi yang ditawarkan saat ini). Presentasi tentunya harus jago dan Bahasa Inggris mutlak harus lancar, karena kebanyakan klien Mitrais ada di luar negeri. Siapa tahu kalau saya diterima kelak, bisa jalan-jalan (baca: bertemu klien) ke Afrika Selatan atau setidaknya Australia. Ha… ha.. ha… Isn’t relity started from dream and imagination? Satu hal lagi, Seperti yang telah disebutkan tadi, Mitrais berkantor pusat di Bali. Artinya, saya akan kerja di Bali nanti. Walaupun belum pernah ke sana, tapi nampaknya Bali akan menjadi tempat kerja yang menyenangkan. Apalagi saat presentasi company profile dan why work with Mitrais, HRD vice presidentnya (kalau tidak salah) cukup membuat ngiler saya saat menceritakan nuansa kerja di sana yang ia katakan sangat menyenangkan.

Oke itu ekpektasi dan selayang pandang tentang Mitrais. Lalu seperti apa tesnya kemarin? Ternyata bukan psikotes tapi tes teknikal seputar programming yang sekali lagi, GUE BANGET. Alhamdulillah, ketika membuka booklet pertanyaan, sebagian besar pertanyaan cukup familiar di otak saya jadi tidak ada yang totally blank. Namun agak kaget juga, tesnya soal essay, jadi tidak bisa tebak-tebakan memilih opsi, harus benar-benar berpikir dan menguraikan jawabannya. Asemoga saja korektornya nanti cukup sabar membaca tulisan saya yang seperti cakar bebek. Waktu pengerjaannya cukup lama, 2 jam. Itu pun masih ditambah bonus waktu jadi hampir 2 jam setengah. Materi-materi tesnya seputar matematika, logika, algoritma pseudo-code, .NET dan Java (plih salah satu) dan terkakhir database. Dari kesemu soal saya agak kesulitan dengan soal logika memindah-mindah air menggunakan galon. Jika ingat film Die Hard 3, di salah satu scene Bruce Willis (as John McKane kalau tidak salah), harus menjinakan bom koper di sebuh taman ramai. Di koper tersebut terdapat semacam timbangan yang berfungsi menonaktifkan bom. Bom hanya akan mati bila di atas timbangan diletakan bobot yang tepat tidak kurang tidak lebih. Bom akan meledak bila waktu habis atau bila bobot yang diletakan di atas timbangan tidak tepat. Bobot yang digunakan adalah air, karena bom disimpat dekat air mancur taman. McKane hanya dibekali beberapa galon air berbeda kapasitas. McKane harus berpikir keras untuk memindah-mindahkan air dalam diantara gallon agar dapat menemukan kapasitas yang tepat. Tentu saja ia tidak bisa mengira-ngira.

Nah kalau di tes kemarin kira-kira gambaran kasusnya seperti ini. Lihat gambar, ada 4 buah galon dengan kapasitas seperti tertulis. Pada kondisi awal, galon A terisi penuh 21L. Tugas kita adalah membuat galon B dan galon C terisi air masing-masing 7L. Air hanya boleh dipindah-pindahkan di antara ke empat galon tersebut. Dan tidak ada istilah kira-kira, harus pas secara logika. Soal itu semakin membuat saya cinta pada logika, pemrograman dan matematika meski kemarin sangat kesulitan mengerjakannya.

Gambarnya nyusul πŸ™‚

Ada yang terlupa juga, hal lain yang menarik dari kerja di Mitrais adalah sistem grade (perpangkatan) bukan ditentukan dari senioritas atau lama pengabdian, namun justru pada tingkat kompetensi pegawai. Tingkat kompetensi ini ditentukan melalui tes yang rutin diadakan sekitar 2 kali setahun. Sangat menarik. Tidak tahu kenapa, sejak berangkat tes kemarin saya merasa sangat yakin bisa lolos dan kerja di sana (sebetulnya sih mau menerapkan law of attraction-nya Rhinda Bryne). Its mean sebelum 30 Juni 2008 Insya Allah akau berangkat ke Bali. Naik Garuda dan dapat akomodasi gratis di hotel selama seminggu. He… he… he… Sekali lagi reality is started from dream, imagination and willing. Wish me luck and I have to luck.

31 respons untuk β€˜Tes di Mitrais’

  1. Nia berkata:

    Test untuk posisi apa John ?
    Apakah kira-kira untuk setiap posisi test dasar nya sama ya ?
    Hasil nya apakah sekarang sudah jadi Karyawan Mitrais ?

  2. Barliyan berkata:

    eh sama dengan aku, aku apply jadi english teacher di Mitrais, trus dah di tlp, tapi belom test sampai detik ini. Kira2 test kayak gimana ya? aku tinggal di Bali dan deket ama kantor mitrais, so no problems.

  3. Eko berkata:

    Laaa.. gue malah udah di terima dan terbang ke bali pakai garuda.. tgl 18 april kemaren…!

    tgl 20 mulai kerja…

  4. Yulius berkata:

    John, gambarnya donk, gw demen bgt ama riddle2 kek gitu, (yang galon2)

    Hmmm, saya bsok sabtu tgl 23 Mei baru mau test masuk ke Mitrais d Sby, nampak susah, babnya ga ada yang ngerti T.T
    apalagi database, wkkkk ga pernah pegang sebelumnya, ahahahaha

  5. lamida berkata:

    Salam hangat buat teman-teman pembaca semua. Mohon maaf baru sempat membuka post ini lagi.

    @Eru dan Nia
    Tepat sekitar Juni 2008 saya sudah sampai tahapan job offer, namun saya gagal di tes kesehatan. Saya dinyatakan kurang sehat, jadinya gagal berangkat deh. Ada positif negatifnya jg sih gagal berangkat. Negatifnya berarti batal mendapatkan pengalaman baru kerja di Bali. Positifnya setidak saya masih bisa berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di Jakarta dan Bogor.

    @Eko
    Selamat

    @Dian
    Untuk test non experienced, seputar basic programming. OOP juga basic database. Oh ya termasuk implementasi sample code, boleh milih pake dot Net atau Java. Klo aku sendiri Java banget.

    @Yulius
    Gambarnya saya udah lupa. Karena kelamaan. Pasti ada deh di buku-buku algroritma

  6. Mikael Mintin berkata:

    Materi tes di MITRAIS apa aja ya mas???

    Kebetulan aq melamar posisi Software Engineering tapi yg Fresh Graduate… (besok ngumpulin berkas2)

    Tes tertulisnya pake bahasa pengantar english smua kah??

    Thank’s alot mas…

    • lamida berkata:

      Materi tes seperti yang diceritakan di atas. Soal tesnya bahasa inggris. Jawabnya kalo ga salah boleh pake Bahasa Indonesia.

  7. nasib berkata:

    Yaaahh…nasib jadi Newbie,tamatan cuman D-1 Informatika yg dicari semuanya Sarjana. Padahal zaman sekarang banyak gelar sarjana yg cuman beli dan banyak goblok-goblok. Kalo aku melamar mungkin ditolak mentah-mentah..

  8. Puti berkata:

    halo mas John, saya juga akan medical check up nih di mitrais, wkt itu kalo boleh tau, dinyatakan kurang sehat nya gara-gara apa ya? thx a lot πŸ™‚

  9. bach berkata:

    saya sabtu ini ada test mitrais mas..
    basic saya kebetulan bukan informatika… wah2.. .net ato java, database ga ngerti dah…
    btw kalo lolos tahap ini, selanjutnya lgsung test kesehatan? ato ada interview ato ada tahapan apalagi
    thx

  10. jamespieterson berkata:

    wah baru ditelvon tadi nih,utk selasa nanti tes disana,technical test-nya spt yg dibilang di atas ya mas?menarik nih..kalo implementasi source codenya yang disuruh pilih antara java dan vb.net itu kita bikin program atau gimana ya mas?makasih πŸ™‚

  11. jisa berkata:

    salam kenal gan
    gua baru aja ngelamar ke mitrais. udh ada balasan by email. tapi hanya bentuk confirm aja.gua pesimis sich, cz gua anak ekonomi. biasanya dipanggil melalui apa sich kalo mau interview, terus berapa lama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s