Metro TV News Presenter Recruitment Experience

Sabtu 19 April lalu saya mengikuti Metro TV News Presenter Recruitment. Sejak Sabtu pagi saya langsung meluncur dari rumah menuju kedoya Jakarta Barat dimana TV kepunyaan Surya Paloh tersebut berkantor. I love Jakarta on saturday and Sunday. The traffic is so smooth. Jam 8 lebih sedikit pun saya sudah tiba di lokasi. Luar biasa sekali dandanan saya hari itu. Kemeja lengan panjang, celana bahan semi denim, dasi berwarna merah, rompi rajutan dan sepatu pantopel baru. Saking barunya, saya hampir lupa melepas merek harganya.
Proses recruitment dilangsukan di Lobby 3 ruang rapat besar Metro TV. Pada saat saya tiba sudah nampak beberapa peserta lain dengan gaya dan dandanannya masing. Ternyata kebanyakan dari mereka drive 4 wheel vehicles ke sana. Sementara saya, hiks, masih harus bertahan dengan my two wheels vehicles yang dekil seminggu belum sempat dicuci. Jadi nampaknya kebanyakan peserta berasal dari kalangan atas gitu. Terbacalah dari asal-asal kampusnya. Paramadina, Trisakti dan bahkan ada yang dari UTS Sydney. Ternyata juga, kebanyakan partisipan adalah wanita. Laki-lakinya nggak lebih dari sepuluh orang dengan total peserta pada hari itu sekitar 40 orang. Kurang dari seperempat cowok di sarang perawan.

Jadi pada proses recruitment News Presenter tahun 2008 ini, Metro TV melangsungkan dalam beberapa kesempatan. Recruitment dimulai sejak 11-12 April 2008 di Metro TV, 16-17 April di UI Depok, dan kemarin 18-19 April kemabli di Metro TV. Saya datang pada tanggal 19 April kemarin yang merupakan hari terakhir recruitment di Jakarta. Minggu ketiga April recruitment akan dilangsungkan di UnPad Bandung. Jadi untuk yang masih gagal di recruitment awal dan penasaran masih ada kesempatan untuk mencoba lagi.

Persyaratan yang dibawa pada hari cukup simpel. CV, application letter, Foto postcard (saya print sehari sebelumnya di kampus), TEFL minimal 550 dan pakaian rapi seperti yang saya gunakan tadi. Wanita menggunakan blazer (bener gak nulisnya?). Beberapa yang datang juga cukup anggun dengan busana jilbabnya.

Berikut adalah deskripsi teknisnya, siapa tahu ada yang ingin tahu pengalaman mengikuti recruitment. Pada recrutiment tersebut, seleksi dilaksanakan langsung dengan on camera test, berbpura-pura melakukan live report. Peserta dipanggil berdasar nomor urut absen ke dalam ruangan dengan 3 orang juri mengawasi dan menilai. Secara kebetulan saya ada di posisi 1 (kenapa coba saya harus tergesa-gesa mengisi absen duluan). Setelah dipanggil saya pun langsung masuk ke ruangan. Kameramen sudah berdiri di pojok ruangan dengan layar LCD besar di sampingnya. Jadi I can see my self on camera. Saya langsung memperkenalkan diri dalam bahasa inggris dan lasan mengikuti proses recruitment tersebut. Setelah perkenalan, saya pun langsung melakukan live report pura-pura. Namun karena nervous mungkin, ngomongnya agak belepetan. Capek deh… Kurang dari 10 menit saya pun kembali ke luar ruangan. “Ok Jon berapa usianya? dapat dari mana informasi recruitment ini? Oke terima kasih untuk partisipanya.” Kata juri di akhir performansiku berbasa-basi. Hiks, not maksimum performance nih. Sedih. Persipannya kurang. Ketika keluar para partisipan lain langsung mengerubungi, gimana, seperti apa, bla.. bla…

Pada akhirnya pada hari itu, setelah 10 peserta masuk hasil pun langsung ke luar. Jadi, dari 10 peserta pertama yang masuk hanya 2 orang yang lolos ke tahap selanjutnya untuk interview. And my name is not mentioned. Tidak! GLGL nih, Gagal Lagi Gagal Lagi. Wise person say fail is good teacher. But, I bore always teached by failure. Hiks, I have to work harder and fix all my failure from now on. Dengan sedih dan BT, aku pun langsung cabut dari Metro TV. Kalau sempet mungkin nanti main ke Bandung ah, nyoba seklai lagi. Atau barangkali Transcorp buka recruitment. Kata orang-orang, seragam kantor paling keren ya seragam Trans TV. Wish me more luck later.

6 respons untuk ‘Metro TV News Presenter Recruitment Experience

  1. AdaAyoeDisini berkata:

    Tenang mas..
    Jangan sedih!! 😛
    Masih banyak kesempatan lain koq.
    huhu..pengen jadi news presenter juga d..
    *tapi blom lulus kul* 😀

  2. Ayu Mardiyani berkata:

    jgn patah smaNgat pokoknya!!!!

    oy, ada syarat khusus ga utk jd news presenter d metro tv?
    yah… misalnya minimal tingginya gitu…
    mesti cantik ga seh?

    kaLo sempet bls d alamat e-mail ku yoO… ^-^

  3. ary berkata:

    visi untuk bisa jadi adalah kekuatan terbesar kitaia selalu membangkitkan daya dan kesinambungan. oya gimana cara untuk menjadi reporter metro tv?apakah ada lowongan reporter untuk daerah tuban jawa timur? soalnya saya asli tuban…tolong untuk dibalas di email ku.oky…..thank you.

  4. LKM_Danti berkata:

    AsLm….weItZ kak JohN hebat amat euy…!
    uDa jagO nuLis, buat pEnelitian, eh News presEnter jGa! wah kak sharing2 dunk sama anak2 Public speaking LKM…. tanggal 21 September ini ada SILAKBAR kak…dateng ya,,,, kapan2 boleh dong jadi pembicara Public Speaking Day di LKM…^^ Qt tunggu nie kak…

  5. Anita berkata:

    Hai Jon…
    Ngga’ nyangka…
    Ketemu Lw lg by this “world…
    Krj dmn, skg?…
    BTW, msh inget Gw ngga’?…
    Gw jg waktu itu ikut tes News Presenter di Metro TV bareng Lw…
    Sempet kenalan ma Lw, Rian Amri, trus ada 2 cew…
    Gw lupa namanya…
    See U..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s