Tiga huruf di belakang nama

Hari Senin ini hampir sama seperti Senin sebelunya. Hanya saja nampak matahari bersinar lebih cerah dan cenderung panas karena musim hujan pun akan segera berlalu. Perbedaan lainnya? Ada sebuah momen spesial yang telah terjadi Sabtu 15 Maret 2008 lalu. Sebuah pelantikan besar. Wisuda universitas. Harus dibuat takzim meski terkadang suasana tidak selalu memungkinkan. Nama saya sekarang adalah Jon Kartago Lamida S.Pd. Tidak terlalu glamor. Kelihatannya juga saya akan jarang menempelkan 3 huruf terbelang tadi kecuali jika memang diperlukan benar. Tiga huruf yang sejak dulu banyak dipakai oleh guru-guru saya di sekolah. Dosen-dosen di kampus. Tiga huruf yang terkadang menjadi destinasi utama para penuntut ilmu. Yang memandang pembelajaran adalah finish line dan bukan proses atau check point.

Meski belum terasa benar, terbesit juga bahwa saya harus memikul tanggung jawab besar atas tiga huruf tadi. Memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar. Memberi kontribusi berharga bagi bangsa dan negara. Memang terkesan bombastis. Tapi, alangkah menyedihkannya bila dengan 3 huruf tambahan tadi, saya hanya menjadi insan peminta iba bagi para penyedia kerja. Saya akan berusaha membiarkan pikiran terus mengalir. Tangan terus menulis. Akal terus bergerak. Dalam putaran dunia dan nafas kehidupan, yang akan tiba pada ujungnya suatu saat nanti. Dan, sebelum ujung itu datang, biarkan saya berbuat terbaik dalam setiap langkah yang saya jalani.

2 respons untuk ‘Tiga huruf di belakang nama

  1. rara berkata:

    amin ya rabbal alamin semoga semua cita-citamu tercapai, jadilah guru yang baik cetaklah murid-murid terbaik yang akan menghiasi bumi persada ini dengan cara yang baik dan pada akhirnya menjadikannya yang baik dari yang paling baik

    ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat
    allahummajalna fi kulli imtihanina, taalumina, wa’ilmina minanaajihaat wannafi’at amiiiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s