Skripsi Naik Cetak dan Masalah Hoki

Akhirnya skripsiku sudah siap naik cetak. Penguji terakhir yang memeriksa hasil perbaikan penulisan skripsi pasca sidang sudah memberikan sinyal oke untuk finalisasi penulisan. Nanti pagi aku akan mencetak perbaikan terakhir lalu langsung berangkat ke kampus untuk mencari tempat fotokopi dan penjilidan termurah dengan hasil terbaik dan waktu pengerjaan tercepat. Ekonomis banget yah.

Skripsiku tebalnya kira-kira 150 halaman. Persyaratan kelulusan menuntut untuk membuat kopi penulisan skripsi 7 eksemplar, termasuk untuk koleksi pribadi saya. Harga penjilidan hard cover sekitar 15 ribu rupiah perbuah. Fotokopi ukuran kertas kuarto 80 gram 100 rupiah perlembar. Mari kita bermain kalkulasi sedikit: 150 halaman x 100 rupiah x 7 = 105000. 15.000 rupiah x 7 = 105.000. Totalnya 105.000 + 105.000 = 210.000. Apa?! Saya harus mengeluarkan uang sebanyak itu? Tidak! Saya gak punya duit nih. Aduh paling besok cari pinjaman dulu. Inilah salah satu sisi yang menggambarkan mahalnya pendidikan.

Paling tidak semuanya sudah hampir rampung. Jumat besok adalah hari pengumuman yudisium untuk mahasiswa yang sudah tuntas melaksanakan ujian skripsi. Semoga bisa dapat skor bagus. Oh ya tadi hasil tes TOEFL ku sudah keluar loh. Tidak terlalu besar, namun bagiku skor TOEFL itu nampak terlalu kebesaran. Padahal seingatku saat tes Rabu lalu agak pusing juga mendengar conversation dan naration yang seperti orang kumur-kumur, nggak nyambung dengan kupingku yang kampung. Ini juga barangkali yang menjadi faktor menarik dari kesuksesan seperti yang dikatakan Dekan Fakultasku saat kami sempat ngobrol bareng sejenak kemarin. Sukses itu mungkin dihasilakn karena skill yang baik, tapi hoki juga memegang faktor yang penting. Begitu katanya kira-kira. Nah loh? Hoki? Nasib? Yup. Karena itu doa berperan penting juga dalam kehidupan. Siapa tahu dengan rajin berdoa, Allah akan berbelas kasih untuk memberikan hoki dan nasib yang baik. Tapi, ikhtiar tetap nomor satu loh.

Satu respons untuk “Skripsi Naik Cetak dan Masalah Hoki

  1. emma berkata:

    saya lagi membutuhkan skirpsi tentang hukum perdata, yaitu, skmht, apht, wajkap atau yang berkaitan dengan notaris dan ppat, untuk bulan mei 2008 iji , karna saya ingin bisa wisuda bulan oktoober 2008, saya karyawan salah satu notaris di tarakan, tlg sms aja ke hp saya kalau ada 08125874179, saya butuh banget,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s