Alfamart vs. Indomaret

Sudah sejak lama ingin menulis topik ini. Baru sempat sekarang. Semoga cukup layak dibaca.

Mini market menyerbu! Sekitar 4 tahun terakhir fenomena ini menjadi perhatian yang menarik. Rak-rak yang tersusun rapi, variasi produk yang sangat banyak, pembayaran yang praktis dengan sistem kasir, ruangan ber-AC, tidak pengap, harga yang sangat kompetitif adalah beberapa hal yang menggambarkan keberadaan mini market. Sehingga, tidaklah mengherankan orang-orang langsung jatuh cinta pada mode toko ini. Pada bagian lain, para pedagang kelontong konvesional pun harus menghadapi pil pahit realita ini.

Ada konsumen ada produsen. Saya tidak terlalu tahu sejarah detail proses merebaknya mini market di Indonesia. Tapi saat orang bertanya apa itu Alfamart dan apa itu indomaret, saya yakin hampir seluruh orang Indonesia akan tahu. Dua label tersebut adalah pemain yang cukup intens dalam persaingan mini market. Untuk menjangkau banyak wilayah sistem waralaba dikelurkan oleh dua ritel ini. Bagi investor tentunya ini adalah peluang investasi yang sangat menggiurkan. Jaminan stok barang dan nama yang sudah mapan membuat investor tidak terlalu memikirkan investasi awal yang diperlukan dan skema royalti fee yang harus dibayarkan pada pemilik waralaba. Maka dari itu tkota hingga kampung paling terpencil.

Konsumen tentunya sangat diuntungkan dengan keberadaan mini market dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki seperti yang telah disebutkan di atas. Namun di sisi lain, keberadaan mini market pun secara perlahan tapi pasti bisa menggilas keberadaan pedagang konvensional. Inilah rimba manusia, who the fittest that will survive.

Ok, itu intermezo. Fokus ketertarikan saya mengenai fenomena minimarket ini adalah seperti judul post ini. Alfamart vs Indomaret. Sebenarnya, selain dua nama ini ada juga pemain-pemain lain yang bermain di usaha mini market, Namun untuk saat ini dua nama tadi lah yang cenderung mendominasi.

Konfrontasi (jika boleh dikatakan begitu) dua ritel mini market ini jika dilihat membuat geli dan agak tidak masuk akal. Saat satu waktu dibuka ritel indomaret baru, selang 1 atau 2 bulan dalam jarak yang tidak berjauhan, bahkan terkadang bersebrangan dan bersebelahan dibuka alfamart baru. Sama juga di saat ada dibuka alfamart baru tak akan lama indomaret pun berdiri tidak lama kemudian.

Dengan bisang usaha yang persis sama, pelayanan adalah hal yang harus benar-benar ditonjolakan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Dari pengalaman pribadi saya terhadap dua minimarket ini, khususnya di lingkungan tempat tinggal saya, saya menarik kesimpulan-kesimpulan berikut.

Pertama, ketersediaan produk antara dua mini market ini cukup imbang. Sama-sama memiliki variasi produk yang banyak dan beragam. Demeikian juga mengenai tata ruang, tidak banyak berbeda. Servis dan pelayanan? Inilah dimana perbedaan terjadi. Indomaret sangat mengecewakan. Tapi itulah yang saya rasakan. Servis pelayannya sangat mengecewakan. Tak jarang ketika butuh bantuan tidak mendapat tanggapan yang memadai. Yang paling menyebalkan adalah kasirnya yang sangat tidak ramah.

Sebaliknya terjadi pengalaman yang berbeda di Alfamart. Servisnya sangat bagus. Setipa menanyakan sesuatu langsung ditanggapi dengan baik. Kasirnya sangat ramah, muda-muda dan yang terpenting… cantik-cantik. Apalagi cukup banyak karyawti berjilbab yang bekerja di mini market ini. Cukup menyejukan hati.

Maka dari itu, sudah sejak lama saya menjadi pelanggan setia alfamart dan hampir tidak pernah ke mini market pesaingnya tadi.

Ini hanya opini yang disimpulkan dari riset dalam lingkup terbatas. Jadi jangan dijadikan generalisasi, namun semoga juga bisa menjadi masukan bagi pihak-pihak pengambil keputusan di dua ritel itu.

281 thoughts on “Alfamart vs. Indomaret

  1. Andhika berkata:

    Berikut hanya masukan²
    “A” wajib menitipkan jaket, dll. dengan alasan kenyamanan bersama, tetapi sering kali cenderung membuat beberapa orang kurang nyaman/enggan untuk melepaskan jaket, dll. jika hanya sekedar membeli 1-2 barang saja, u/ perihal pelayanan(“sangat mengecewakan. Tapi itulah yang saya rasakan. Servis pelayannya sangat mengecewakan. Tak jarang ketika butuh bantuan tidak mendapat tanggapan yang memadai. Yang paling menyebalkan adalah kasirnya yang sangat tidak ramah dengan muka-muka tua yang buruk rupa.”) mungkin anda hanya mengamati beberapa gerai saja, yang mungkin “kebetulan” seperti itu, tetapi bila anda coba perhatikan secara lebih luas lagi anda mungkin akan berkata lain,
    “Apalagi cukup banyak karyawti berjilbab yang bekerja di mini market ini.” <= saya rasa tidak seharusnya karyawati mengenakannya di tempat kerja[sehubungan dengan profesionalitas](dapat mengenakan kembali diluar tempat kerja), mengingat tempat kerja yang tidak membawa nama agama,
    “hampir tidak pernah ke mini market pesaingnya tadi.”<= tidak pernah tertutup kemungkinan bagi pesaing untuk berubah menjadi lebih baik.
    sekian dari saya, semoga dapat membantu.
    terima kasih.
    _______________________________________________
    -I have my OWN concept, How about YOU?
    -Dare to be Different?Learn ’bout Difference first

    • babeh berkata:

      “Apalagi cukup banyak karyawti berjilbab yang bekerja di mini market ini.” <= saya rasa tidak seharusnya karyawati mengenakannya di tempat kerja[sehubungan dengan profesionalitas](dapat mengenakan kembali diluar tempat kerja), mengingat tempat kerja yang tidak membawa nama agama <==== di sesalkan sekali ada orang berpikiran seperti anda, agama itu hak azasi manusia dan bila orang tersbut ingin mengenakan jilbabnya di mana saja ya itu haknya, mungkin anda yang risih dan malu atau anti terhadap orang berjilbab ya, untung saya hanya segelintir orang yang berpikiran seperti anda mayoritas pembeli lebih senang dengan penampilan pelayan dan kasir yang sopan/berjilbab mungkin anda lebih senang dengan pelayan atau kasir yang pake rok mini biar bisa di intip dikit hahahaha….

    • putra berkata:

      Bpk. Andhika??????
      Jujur saya tarik kesimpulan bahwa anda tampak sekali kalau anda seorang yg seakan2 terserang oleh artikel tersebut.
      saya rasa di A lebih flexibel. tidak semua harus lepas jaket. soal kasir cemberut dll. saya jarang sekali temukan.

    • henry berkata:

      setuju mamen, akan lebih baik lagikalo kita berbelanja diwarung-warung klontong, supaya perekonomian mereka dapat berkembang,minimarket-minimarket seperti itu hendaklah menjadi pilihan ter
      akir.
      pernahkah kalian amati bahwa sebenarnya kebanyakan harga yang ditawarkan hanyalah permainan harga, 1 barang harganya murah tapi harga lainya mahalnya minta ampun, sudah sewajarnya kita bisa berbelanja secara bijak

  2. Abu Aisyah berkata:

    Komentar Bp Andika Cenderung menaikan satu nama aja nich (karyawan nya ya).yg lain info nya sehingga lebih bermanfaat buat pembaca.
    kalo pengalaman yg saya dapat sich selama berbelanja di kedua mini market tersebut.
    display barang yg ada di minimarket alfamart lebih rapi, jarak antara satu rak dengan rak yg lain nya tidak terlalu dekat sehingga lebih leluasa dalam memilih barang

  3. zetra berkata:

    askum,
    aq cm mau ngasih beberapa masukan, komentar, n kritik.kalo setahu saya kasir2 alfamart kurang memperhatikan penampilan.mungkin kalo lebih fokus di penampilan kastamer2 akan lbh suka.uadah can tik rapi wangi lagi.beda kalo di indomaret,mereka cencerung lebih mengutamakan penanpilan. lg pula jd kelihatan dewasa.kalo masalah service ato pelayanan saya akui lebih bgs di alfamart.

    NB:
    bot wilayah pati, mbok yo o dikasih kasir2 yang cantik-cantik, jd kastaner jd betah disitu n semangat kalo blan ja.

    Thank all…….

  4. hernik berkata:

    saya saat ini berada di hk dan sepulanganya ke tanah air saya ingin mencoba warlaba yang sekarang ini banyak di tawarkan terutama alfamart kenapa saya pilih alfamart karena alfamart bisa menerima modal minimal 100 juta saja dan saya memilih untuk daerah kalimantan timur ( balik papan ) bagaimanakah caranya dan harus menghubungi siapa untuk membicarakan tentang usaha tersebut mohon jawabannya saya tunggu terima kasih.

    • imam berkata:

      asss”

      pa jika ingin membuka gerai alfamart bidang perseorangan (frenchise) dapat menghubungi ke no tlp ini 021 5549432
      itu no tlp alfamart cab cikokol,
      smoga dapat membantu

      saya cuma pegawai biasa di alfamart,
      smoga dapat membantu

      hs,
      imam’s
      MD

    • andri sanjaya berkata:

      masih tertarik membuka supermarket. kami memiliki franchise supermarket yang saya rasa sangat cocok dengan kondisi modal anda. kami jaringan supermarket yang tersebar diseluruh indonesia. BannerPOINT adalah supermarket yang bisa dijalankan oleh semua orang terutama yang modalnya terbatas. jika berminat dan ingin mendapat info lebih lanjut bisa hub saya di 08520 5027 4433, 0541 736907

  5. lamida berkata:

    To Hernik
    Bisa coba kontak ke sini:
    kantor Pusat Alfamart Cileungsi , Kawasan Industri Menara Permai , Kav 18 jl.raya Narogong km.23,8 Cileungsi-Bogor
    Teleponnya cari di 108 aja.
    Sukses!

  6. heru styawan berkata:

    saya punya sebidang tanah lokasi sangat strategis dekat perhotelan dan perkantoran lokasi di dalam kota apabila ada yang berminat untuk invest silahkan contak ke no hp saya 085235651212..atau kirimkan e mail ke alamat email saya..herustyawan@yahoo.com..
    Besar harapan saya atas perhatian dan kerjasamanya..
    semoga menjadi pertimbangan..Terima kasih..

  7. hendrik berkata:

    saya sangat interest banget dengan tulisan di blog ini,namun dari pengamatan saya sendiri khususnya di wilayah kota Malang,Alfamart memang lebih unggul,namun bukan berarti indomaret kalah dalam hal semuanya, saya bisa mengamati bagaimana indomaret melakukan banyak inovasi dengan merubah penampilan dari yang seragamnya warna biru polos,menjadi lebih funky,dengan kombinasi warna merah dan biru,dan yang lebih baiknya lagi mereka berani melakukan terobosan dengan memakai celana jeans,sehingga terlihat lebih modis,akan tetapi saya kira alfamart dengan berdiri kurang lebih 9 th,sudah bisa mendapatkan ISO,dan juga Rekor Muri untuk yang pertama kalinya di INDONESIA,bedakan dengan indomaret yang udah hampir 20 th,namun dari segi survey oleh salah satu pihak,indomaret masih dibawah alafamart yang jadi no 2 skala nasional dan masih satu strip di bawah carefour.
    Demikian sedikit tulisan dari saya,hidup dunia retail indonesia!! ayo minimarket yang laen…mana susaranya…??? mitramart?gudang garem mart?kapan..???

  8. Tarsito berkata:

    Saya mau tanya nch,gmna sch caranya untuk bisa memasok ( menjadi suplier ) barang ke alfamart…?saya punya produck makanan yaitu gethuk goreng,produk ini sngat prospektif dan tahan lama juga,kami juga mempunyai kapasitas produksi yg memadai.bagi yg mengetahui mohon kirim infonya ke sito.cahcilacap.tarsito8@gmail.com ato hub saya d 085283506023 thanx

  9. yunika berkata:

    Saya ada lahan untuk usaha di daerah yang cukup strategis, dipinggir jalan raya, dekat sekolah kebidanan dan di depan poli klinik. Lahan tersebut berada di kota Purwokerto, jawa Tengah. Bagi yg berminat, silahkan email ke saya di uniex_pooh@yahoo.com

  10. upi berkata:

    Wah….zeneng juga denger perusahaan tempat gwe kerja banyak yang ngomongin…ternyata lumayan terkenal,buat Jhon…apa kBar?kita kan satu ” Kampung “…kalo ada yang butuh info tentang waralaba atau lainnya,atau mau ada yang kasih Kritik dan saran buat alfamart bisa di http://WWW.Alfamartku.com dan untuk saran masalah supaya SDM kami ( kasir ) supaya penampilan nya lebih OK..bisa Hubungi saya di 02182498222 ext 27004.kalo bisa kasih referensi calon2 kasir yang cuantiq… ;-p atau bisa kirim e_mail ke sitsopiah@sat.co.id -thx-

  11. ankchenko berkata:

    saya melakukan “percobaan” belanja ditoko alfamart cabang cilacap… ada sedikit suasana yang mengecewakan… begini ceritanya…
    saya belanja beberapa barang yang saya tidak tahu letaknya, kemudian saya bertanya kepada karyawan ditoko tsb (laki-laki)… dengan habis-habisan dan smangat 45 di berusaha membantu saya, demikian pula dengan karyawan yang lainnya sibuk dengan beberapa pelanggan yang lain… nah ketika saya membayar di kasir.. pertama-tama terlihat wajah yg datar & tanpa ekspresi sambil bertanya “sudah pak?” spontan saya menjawab.. “panggil mas saja” he…he…
    Ketika semua barang belanjaan saya sudah di scan (bunyi tit).. “sebentar mbak, ada yang ketinggalan,, setelah mengambil brg tsb saya meminta utk menukar brg tsb dgn salah satu brg yg sudah di scan tadi.. AJAIB… wajah yang tadi biasa2 saja berubah 180 derajat menjadi wajah yang super jutek dan berkata dengan kurang mengenakkan.. “dari tadi enggak mas! sambil cemberut… (andaikan dia laki-laki langsung saya ajak berantem tuh..) kemudian saya mengurungkan niat tuk menukarnya dan akhirnya saya putuskan tuk membeli brg tsb juga…. sampai skg wajah super jutek itu masih teringat jelas dibenak saya setiap saya belanja disitu saya selalu memilih2 kasir kalo ingin membayar…. dari pada bikin emosi…he..he..
    sekian dari saya… smoga memberi masukan kepada bapak2 / ibu2 yang bekerja di PT.SAT

  12. maya berkata:

    Kaget & excited jg niy, ternyata byk jg customer yg concern tentang Alfamart🙂. Kebetulan saya jg pegawai di Alfamart, kebetulan -lagi- jg saya bekerja di bagian recruitment, head office. Pengalaman2 diatas pasti akan saya share ke teman2 recruitment di setiap cabang, supaya -mudah2an- kejadian2 yg ga ngenakkin seperti diatas ga terulang lg🙂. Kalau ada masukkan atau complain tentang rekan2 kami yang bekerja di toko, silahkan email ke maychristina@sat.co.id. Terima kasih

  13. esa setiawan berkata:

    salam kenal, saya adalah alumni🙂 karyawan indomaret, hampir 3thn saya bekerja dan belajar di sana (2001-2005)sbg Ast Ka Toko. bekerja utk mendapat gaji dan belajar demi pengalaman.terlepas dari cantik tidaknya kasir dan ganteng tidaknya para pramuniaga toko, keberadaan kedua minimarket tersebut di satu sisi memang memudahkan kita untuk berbelanja nyaman (walau kadang di beberapa toko sering terjadi kehilangan motor di area parkirnya. sebenarnya semua produk yg di jual hampir sama dan harga pun kompetitif ada yg lebih mahal di A dan lebih murah di I atau sebaliknya. pelayanan yg tidak ramah dari karyawan mungkin bisa terjadi : karyawan terlalu lelah, saat ini karena persaingan yg ketat beberapa toko didirikan kesannya hanya utk “menempel” saingannya, shg 1 toko mgkn hanya ada 6-7 org karyawan yg dibagi 2 shift dan di kurangi kalo ada yg libur, walhasil bs terjadi dalam satu shift hanya ada 2 karyawan. padahal mereka harus mengurusi toko dari mengepel lantai, bersih2 rak, mengisi barang display yg kosong, dll. Dalam hal customer Service I dan A jg sering mengadakan training setahu saya di I 3-6 bln sekali mungkin di A jg sama. Walaupun skrg sy sdh bekerja di tempat yg sangat berbeda dari dunia Alfamart dan Indomaret tp sy masih membutuhkan servis kedua minimarket tsb. Terima kasih

  14. damar berkata:

    saya merupakan salah satu pelanggan setia indomaret.menurut saya,pelayanan di indomaret lebih memuaskan di bandingkan dgn sang pesaing:Alfamart.sebagai contoh,saat saya masuk dan para pegawainya memberikan sapaan dg wajah yag ramah , selain itu didukung para pegawainya yg cantik2.pelayanannya pun cukup memuaskan “menurut saya”.tak jarang pun para kasir di indomaret mengajak bercanda para pembeli.shingga teasa lebih bersahabat.

    terima kasih
    semoga indomart lebih baik dalam segala hal.sehingga lebih memuaskan para pelanggan lain.

  15. upi berkata:

    hi Jhon…gimana k_bar low..?
    tentang e_mail low yang pernah masuk ke gwe…
    he..pertanyaannya….bisa gwe jawab,tapi nggak di siniy…btw,ini almat yahoo gwe,Joel_upi@yahoo.com
    di tunggu e_mail nya,bisa berupa gambar atau tulisan2 low yang bagoezsxch…atau mau pamer apa aja ke gwe… ;-p

    di toenggoeu….

  16. Karin berkata:

    Indomaret nyebelin abis. Dah berkali kali aku ditipu. Pertama aku yg hampir setiap bulan blanja disana,pernah gak dikasih hadiah piring dari sebuah brand detergent. Kedua,waktu ada hadiah yg diberikan pada costumer dgn total belanja lebih dari 100ribu,dengan alasan stok hadiah habis aku pun gak dikasih.ketiga baru aja kemarin aku belanja dpt hadiah dari sebuah produk susu,dgn alasan stok hadiah kosong,aku pun ditipu dgn dijanjikan akan diberi kalau hadiahnya sdh datang.tp dasar pelayanan gak qualified,waktu aku konfirmasi eee si’mbak’ pelayan malah gak mau tau&ogah ogahan ngejawab.ya itu baru 3 masalah blm lagi masalah pelayan2 yg gak mutu melayani costumer. Hal terparah tsb sering aku temui di indomaret dawe,kab kudus,jawa tengah.iiihh kebayang gak sich,aku justru kasian sama the owner.

  17. nandywilasto berkata:

    saya setuju dengan pendapat diatas… rata-rata toko “A” yg saya kunjungi memberikan servis yang jauh lebih memuaskan dibandingkan kompetitornya.
    saya adalah seorang klinisi tgl d jogja, dulu jika dikirim tugas ke luar kota dari kulonprogo, purworejo, kebumen, hingga banyumas, pelayanan di toko “A” cukup standar dari mulai sapaan selamat datang, hingga terimakasih silakan datang kembali. dan hal itu memberikan kepuasan yg cukup bernilai dibandingkan kompetitornya si toko “I” yg barangnya relatif brantakan dan pegawainya tanpa sapaan… dan pelayanan khas mini market toko “A” hanya dapat ditandingi oleh minimarket 24 jam “CK”
    semoga berkenan…

  18. ega berkata:

    kalo menurut saya indomart harga krg pas karna alfamart dengan harga mrh tapi kalau fanta turunin dkt donk sayakan mash kcl klo mnta mama nanti dmrhi kartna saya suka dengn fanta,coca cola,spriet

    ok………
    saya……..
    ingin sekali …….
    bisa…….
    minum…..
    fanta……..
    dgn…….
    harga….
    murah…….

  19. meninaaras berkata:

    Hi,
    menurutku adu service customer dan adu murah A & I masih terus imbang ya.. ada beberapa toko yang pelayanannya ramah dan membuat customer betah tapi tetep ada juga beberapa toko yang mungkin (unintentionally ya) bikin bad impressions ke customer-nya. Berarti kalau ditarik kesimpulan- kedua manajemen itu A & I masih belum bisa menjaga konsistensi pelayanan mereka sesuai yg diharapkan customer.
    Menurutku makin banyaknya toko yang dibuka (makin banyak customer yg dilayanin) harusnya imbang juga sm makin banyaknya training untuk ngehasilin personel2 yg friendly & service oriented.
    Slny kita kan sbg customer yang udah punya high expecation untuk dptin proper good service, udah pinter untuk bandingmembanding, powerful dlm meng-influence komunitas disekeliling kita (terutama dlm rekomen-in sesuatu), dan yang paling penting pny kekuatan untuk memilih..
    g’luck ya A & I bwt dptin hati kita2 customermu ini..keep up d good work;)

    cheers!

  20. abil hasan berkata:

    Salam
    Dari pengalaman saya berkunjung ke kota-kota besar (apalagi kota kecil) di sumatera, belum pernah saya jumpai kedua ritel tersebut. Saya tidak tau kalo di belahan indonesia bagian timur, karena domisili saya ada di pulau andalas.
    Memang persaingan dua ritel mini market (alfamart vs indomart) sangat mencolok untuk di sekitar jabodetabek, meskipun untuk kota-kota kecil di jawa saya lebih mudah menemukan indomart, namun saya kurang tau alasannya.
    Sebaliknya saya belum pernah menjumpai kedua pers tersebut bersaing / nongol di Sumatera, saya tidak tau apakah ini artinya bersaing untuk sama-sama tidak masuk atau ada alasan lain, padahal menurut hemat saya di Medan dan Pekanbaru dimana saya pernah tinggal cukup lama, adalah merupakan kota potensial, hal ini terbukti dengan banyaknya mini “market lokal” yang tentu saja dikelola dengan system konvensional.
    So, kalo indomart leader di kota-kota kecil di jawa, perlu dipertimbangkan agar Alfamart segra exis di kota2 besar di Sumatera.
    Semoga Sukses.

    Salam

  21. Raka berkata:

    di tempatku A & I sma2 bgus ko… yg pnting harganya dong..!! Klo slah satunya ksh harga jauh lbih murah, psti sy jdi lngganan tetap d stu… wlopun plyanannya krang bgus, tp yg pnting harganya murah.. Hri gni, blanja yg murah pnting bnget! Yari uang susah tau… Hehe…

  22. Andy berkata:

    memang kalau mau belanja ditempat yang dekat rumah,murah dan pelayanan yang bagus cuma ada dialfamart…sampai sekarang aq masih mjd pelanggan setia alfamart

  23. bambang54 berkata:

    Istri saya punya warung kecil (tempat usah milik sendiri dari th. 90), jualan voucher isi ulang dan sedikit makanan/minuman dan beberapa jenis kebutuhan sehari-hari. Masalahnya terdengar kabar bahwa sebelah warung istri saya mau di kontrak untuk Alfamart, yang pasti akan sangat mempengaruhi usaha kami. Setahu saya kalau mau buka usaha harus minta ijin tetangga, sedangkan kami bertetangga dekat (temboknya saling nempel). Yang menjadi pertanyyaan …… bagaimana kalau begini???? Ada saran????

  24. budhyka berkata:

    Aku ini pramuniaga alfamart mau ngejelasin masalah2 yg anda bahas d atas
    1.kembalian permen…mungkin anda semua tau sulitnya mencari receh dan mencari uang tukeran seratusan,dan it yg terjadi di kbnyakan tko alfamart dan saya yakin indomart juga
    2.keramahan..sangat disayangkan diatas ada beberapa komentar tentang karyawan alfamart yang kurang ramah,padahal ketika d traning hal yang di tekankan oleh trainer kami adalah pelayanan
    terimakasih apabila ada yang ingin disampaikan tentang pelayanan alfamart bisa kirim email ke saya budhi.prasetia@gmail.com

    k

  25. recehan berkata:

    Kalo mau usaha, uang recehan 100 banyak, tukar aja ke BI, ato pak ogah yang suka di putaran2…. Kalo nunggu recehan datang sendiri ya pasti nggak bakalan ada lah…..

    • imam... berkata:

      time is money……,

      brapa sih penghasilan pak ogah dalam 1 hari???

      harri gini pak ogah dkasih cepean mana mw! paling di lempar.

      hemat saya daripada dkasih kembalian cepean mending permen… belum tentu permen d warung 500 dapet empat???

      seharusnya anada tw seberapa banyak nenek-nenek tua, aki-aki buta, anak-anak ga urus serta bencong-bencong bertitit mampir di toko alfamart hanya untuk menengadahkan tangan…., ,….

      cing mikir…..

  26. BOY berkata:

    My Comment :
    hasil survey saya untuk Indomaret vs Alfamart di Solo :
    1.Rata2 Pelayanan Indomaret di Solo jauh lebih baek karena pengawainya enak diajax ngobrol beda dengan pegawai Alfamart yang judes-judes dan sadis terutama kasirnya
    2.Harga Indomaret jauh lebih murah drpd Alfamart terutama untuk sembako.
    3.Kerapian rak indomaret lebih baik
    4.AC di Alfa lebih sejuk
    5.Kasir di indomaret lebih cantik,rapi dan ramah sedang di Alfamart judes – judes dan “mahal senyum”
    6.Kasir sama – sama masih muda gak sperti yg loe ceritain
    7.Uang receh sama – sama payahhhhhhhh….!
    8.Tampilan bangunan ALfa lebih baik

    Jadi kesimpulan saya :
    – untuk pelayanan dan harga, Indomaret jauh masih lebih baik ketimbang ALfamart.

    tks

  27. mangatur berkata:

    salam perdamaian bisnis!!!!
    menurut saya…
    antara alfa dan indomaret mempunyai plus minus masing2. selain daripada harga yang selalu bersaing juga dalam servis sebenarnya mempunyai standar yang cukup baik, namun jika kita terkadang menemukan istilah “jutex” itu adalah sebuah permasalahan Human-nya (tentunya setiap manusia mempunyai mood)dan sifatnya bisa berubah dan bukan permanen. byk servis yg cukup bagus pada daerah/toko tertentu (alfa-indomaret),jadi kita tidak bisa menyimpulkan sepihak mana yg terbaik!!!tp, kalau boleh jujur, saya lebih senang berbelanja di indomaret, kerena secara penampilan toko dan kenyamanannya lebih baik daripada alfa. alfa rata2 cenderung lebih sempit dan “sumpek”, indomaret lebih terang, rapi dan luas dan harga cukup kompetitif. sehingga dalam berbelanja saya lebih nyaman dan tidak akan kelupaan belanja barang yang sblmnya sdh di list.
    catt : setiap kita berbelanja ke manapun juga mari kita mengevaluasi kineja personil tokonya, apa2 yg masih kurang, agar bisnis retail kita maju, yg pada akhirnya memacu produksi dalam negeri shg meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia sendiri melalui penyerapan pengangguran dan peningkatan pendapatan (perkapita)tapi pelajari dulu yg mana perusahaan dalam negeri ya…
    maju untuk indonesia!!!tks

  28. internisty berkata:

    asss

    menurut saya selama saya berbelanja di ke dua toko tersebut (alfa-indomaret) keduanya sama2 bagus dalam pelayanannya akan tetapi sering saya menemukan barang EXP di toko indomaret.
    moga2 saja tulisan saya ini memjadi pertimbangan buwat manajemen indomaret untuk meningkatkan kualitas kerja toko mereka.

  29. HEROEZT berkata:

    Assalamu ‘Alaikum WR.WB

    Alfamart memang bagus (TOP BGT) dari Indomart tapi Indomart Sragamnya lebih Fungky,kapan nie.. Alfamart Penampilan Karyawannya ikut2an Fungky coz sekarang Formal bgt.kalo boleh sepatunnya Cat
    (Sport)ngomong2 bagoes,KAPAN PTM bulan JULI-2008
    cair coz Duite udah Habis,kalO nggak turun2 SAKIIIIITLAH.

    Wassalamu’Alaikum WR.WB

  30. dito berkata:

    kalo soal belanja, selama ini saya sendiri nggak terlalu milih2, pilihan pertama yaitu cari yang terdekat.

    Soal investasi, saya lihat “Alfa” sama “Indo” di daerah saya sudah terbilang banyak, dengan jarak yang tidak terlalu jauh, jadi pikir2…

    Apakah untuk kedepannya masih bisa cemerlang???
    (please advice)

  31. rini berkata:

    ALFAMART pelayanannya kurang bagus,kasirnya dalam melayani tidak pernah senyum.dan kenapa minuman dimgim harus di tambah 200 perak,padahal di INDOMARET gak!!!katanya BELANJA PUAS HARGA PAS KOK LEBIH MAHAL

    • imam... berkata:

      kalau anda perhatikan secara detail, harga di indomart memang lebih murah karena tidak di tambah 200 rupiah untuk minuman dingin, akan tetapi jika anda mempunyai kartu aku untuk belanja di alfamart anad tidak akan kena cas 200 rupiah. sbg contoh:

      harga teh kotak Rp 2.175; (di indomart) dan

      product yg sama Rp 1.975 + Rp 200;(di alfamart) Untuk minuman dingin jd = teh kotak di alfamart 2.175.(bukannya harganya sama dgn indomart???), tp jika anda mempunyai member AKU, minuman dingin tsb tidak akan kena cas, jadi alfamart lebih unggul dalam urusan harga. serta lebih inovatif. sekian…

      • pejuang pedagang kecil berkata:

        yang ada teh kotak itu harga di alfa 2.350 karena dingin ditambah 200 perak jadi qt bayar 2.550 tp sama kasir yang jutek dibulatin jadi 2.600 dan 400 di kasih perment

  32. hardiyanto berkata:

    buat bu anggi ini no hp salah satu Mgr di medan 081317167949 (Bpk Irwan)

    Indomaret memang masih lebih baik ketimbang kompetitornya kalau dilihat secara keseluruhan. kalau dilihat toko per toko mgkn ada yang lebih ada yang kurang. Namun posisi Indomaret sebagai trens setter tidak terbantahkan. Alfamart gencar memakai media untuk menciptakan brand image, sayang sekali dana yang terbuang jika harapan konsumen tidak sesuai dengan kenyataan. Jangan memberikan kesan baik jika belum siap. Indomaret selalu berusaha memberikan yang terbaik, walaupun di tengah kompetisi yang sulit. Maju terus Indomaret.

    • nurul berkata:

      assalamualaikum…

      selamat siang pak hardiyanto. terimakasih atas infonya. saya sangat senang mendapat nomor kontak yang bapak kirimkan karena kebetulan saya ingin membuka usaha market di medan. saya ingin membeli franchise alfamart atau indomaret.
      saya ingin tahu, nomor di atas manager retail apa ya pak. apa saat ini dia masih menjabat salahsatu manager retail itu.
      lalu untuk sidang mailist, apakah ada yang tahu nomor kontak manager alfamart dan indomaret.
      terimakasih.

      wassalam..

    • sunandar berkata:

      saya bingung dengan kinerja alfamart……knapa loyalitas kerjanya bnyak ngt seharusnya 8jam……terus menyiksa karyawannn…bnyak karyawan yg resign karena terlalu d tekan

  33. Pegawai IDM berkata:

    Gw gerah banget gawe di indomaret, coz.. manajemennya islam fobia, jilbab ga boleh, jenggot ga boleh, isbal dilarang… FPI tolongin karyawan indomaret donk !!! tdn & cma suck !!!

  34. antonaja berkata:

    Ada salah satu website invest yg menggunakan nama alfamart dan indomart sebagai programer investasi, dengan desain yg lumayan rapi dan menjanjikan membuat banyak orang gelap mata, hati2 dgn program ini http://profitharian.com saya yakin ini program penipuan, bagaimana dgn pendapat anda?

  35. dicky berkata:

    Buat saya adalah yang terpenting kenyamanan.
    Umumnya yang membuat saya malas masuk ke salah satu toko/Bank/Pasar adalah “TUKANG PARKIR LIAR” yang mirip-mirip “PREMAN”.
    Ada tukang parkir dan mewajibkan membayar tanpa tiket walaupun barang yang saya cari nggak ada. membuat saya MALAS dan JENGKEL.
    Lah wong barang ndak dapat, disuruh bayar dan maksa pula. Apalagi kalau bukan PREMAN namanya.
    Harusnya pihak-pihak Indomart/Alfamart concern masalah ini. Kalau bicara service keseluruhan harus dilihat dari hal-hal seperti ini. kenyamanan layanan pelanggan dalam prosess yaitu Initiate process of delivery service sampai end proses (end to end process). bisa dibayangkan, kalau ada 10 toko alfarmart/indomaret yang harus saya kunjungi dan barang yang saya cari tidak ada, maka my cost is Rp 10.000 untuk 10 kali parkir RP 1.000,-.Sementara barang yang saya cari hanya Rp 3.000,-.
    Saya senang ada toko/bank/pasar yang bertuliskan besar PAKIR GRATIS dan memang GRATIS. Ga mikir 2x, langsung berhenti dan belanja. Kebetulan di deket rumah ada alfamart dan Indomaret bersebalahan. saya selalu ke tempat yang parkinya gratis.
    Sorry, bukan pelit. Soalnya uangnya saya lihat buat mereka ngerokok atau ga jelas peruntukannya. rasanya ga rela dan terus terang bikin ga nyaman.
    Kalau kendaran/barang kita hilang..tetep aja mereka pura2 ga tau alias pasang tampang bloon.

    Peace..
    “saatnya berfikir cerdas dengan memperhatikan hal kecil tapi berimbas besar”

  36. nays berkata:

    bener2 menakjubkan ternyata alfamart byk dibicarakan orang,
    sya termasuk karyawati alfamart,seorang kasir d toko kota besar tgrg.
    ini pertama kalinya sya buka tentang alfamart,ternyata memang byk beragam komentar tentang 2 ritel ini.
    kalo menurut saya kedua ritel ini cukup inovatif dengan beragam good idea.
    terutama alfamart selalu berusaha untuk mencari perhatian customer ex;dengan adanya kartu Aku(kartu alfamartku)untuk menjadikan customer menjadi pelanggan setia alfamart……
    sekarang………. bandingkan””””
    jumlah toko alfamart sama indomart banyakan mana?????????
    terbukti kan??????
    indomart punya member buat customer ga????????

  37. Jono berkata:

    Indomaret secara usia memang tak terbantahkan ( pelopor minimarket ), tapi secara kualitas tersalib oleh alfamart. Hal ini karena indomaret merasa sudah berada di confort zone, sehingga lupa berbenah. Sedangkan Alfamart mampu membaca keadaan pasar ( change management ), sehingga sewaktu – waktu bisa saja melibas indomaret.

    Jadi hukum alam berlaku, yang kuat yang menang sesuai prinsip ” the survival one ”

    Salam pertempuran retail

  38. joko berkata:

    Setelah saya baca dan melihat Indomrt dan alfamart sukses,saya berminat untuk membuka usaha tsbt.
    Bagaimana caranya?Syrat2 apa saja yg harus dipenuhi.
    FYI saya punya 2 ruko bergandengan
    terimakasih kerja samanya
    salam
    joko

  39. swew berkata:

    saya adalah prlanggan setia indomaret.
    saya takjub dengan pelayanan indomaret,waktu itu ban mobil saya kempes,dan ada dua karyawan indomaret yang datang untuk menolong saya tanpa pamrih,padahal alfamart juga dekat dengan lokasi.
    ketika saya masuk ke indomaret,saya langsung disambut dengan ramah dan dibukakan pintu.tapi kalo dialfamart,saya tidak dianggab ada,cma ditinggal ngobrol sendiri ama pegawainya.
    ayo retail indonesia mulai berbenah.krisis global mulai mendekati negara kita.
    indomaret jaya selamanya .

  40. achonk berkata:

    ane mau nbemontari soal ksr yang pke jilbab .menurut ane itu wajib bg muslimah.lagin klo pke jilbab lbh angun and tak undang tuh syahwat kaum adam.aplagi ksrnya imut & cantiq wah mak nyos dah sjuk &merenah di hate aranjena……..salam sayang wat ksr alfa yang cantiq2…….mmmmmmm….uaaaaaaaaaaaaaah……

  41. Sito berkata:

    To nays,U dari toko pa”n ?sonas kmaren kna NBH brpa?oya lo da barang lebih dr DC,tlg di balikin ( return Bos ).kpn nch alfa buka Dc baru lg?boleh dong mnta mutasi k jawa.majuterus indonesiaku,sya salut ma pak joko yg membantu membuka lapangan krja bwt kami.thnx

  42. ayim berkata:

    salam kenal wat kasr alfa & indomaret
    sya disini bkn tuk ngemontari tpi numpang nulis ….

    qu teringqAt wkt mAsA qt ktmu…

    qm brada dsudt jln n tersipu malu…….

    wjah berseri denagAN penuh segan………

    kau ulurkan tanganmu tanpa ragu………

    seraya kau bisikan padaku…………….

    “NYUHUNKEN SIDEKAHNA…………”

  43. yulia berkata:

    alfamart mahal,walau pelayana bagus tapi mahal.
    bales ke email ku(yulia_gusti@yahoo.com)
    kartu aku fungsinya apa??? sama aja gak dapat potongsn harga
    komentarnya jangan dari pelayanan aja tapi segi harga jual produk juga perlu di perhatikan.

  44. Try_x berkata:

    Dear all.
    Gw adalah salah satu kryawan alfamart kalo mnrut gw pelayanan A ato I sama aja plg bagusan A dikit. Tp kalo di alfamart yg gw sebel nbhnya gede bgt jdnya gaji gw dipotong melulu.Coz manajemen kurang mempeqhatikan karyawan dari datang baran malem,longsiet wajib ngnep dah kayak security dan sering lemburan gak di acc yang jdnnya cuma loyalitas alias sambatan gmmana ini pak direksi pujianto alfamart yg sdah dapet Iso kok krng memperhatikan karyawanya sendiri. Gw MD di alfamart tp gw plg sbl kalo jam buka toko mol6r ampe malem taun baru semalem gw gak jalan jadinya bini gw ngambek ama gw .Ini adl realita di alfamart sudah pantastaskah alfamart mendapatkakan Iso 9001-2000 kalo kurang memperhatikan karzawannya itu terserah anda Bozz,

      • sunandar berkata:

        bener bgt…gsesuaiii dgn kinerjanya……karyawan sendiri kaya jd penjajahhhh…….seharusnya lebih retail………..jgn mementingkan diri sendiri……

      • asmuni berkata:

        oalah mas brow, klow mang dah gk kwat ya klwar az.
        Buat ap di jelek2 kan, tp ya tetap ae brthan, atw intinya msih btuh.

  45. Ahmad Roin berkata:

    Ass..
    “alfa mart belanja puas harga pas”
    Untuk semua customer alfa mart yang terhormat, saya sebagai bagian dari keluarga besar PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA sangat mengharapkan masukan yang positif agar kami bisa lebih meningkatkan pelayanan.
    tanpa anda kami bukan apa-apa.
    Silahkan kirimkan e-mail anda, atau bisa sms di 0818812250
    a/n
    Ahmad Roin
    nik:08120806
    jabatan: Pramuniaga, Franchise Alfa Mart Cimanggu City, Bogor
    wass..

  46. Ratna Aryana berkata:

    gue mantan karyawan indomart dan karna gue cinta indomart buat gue indomart tetep the best, kalo alfa ngeluarin kartu aku jgn salah indomart punya yg namanya indomaret card yg fungsinya tuh lebih banyak dari pada kartu aku. soal nbh ma loyalitas kerja mah sama aja kalee jadi gak usah ngeluh…itu resiko kerja di dunia retail man. buat indomaret sukses selalu

  47. budi berkata:

    saya dulu pernah kerja di indomaret cabang surabaya
    begitu banyak kenangan yang tak terlupakan kerja disana..
    dari sesama karyawan sampai dari pekerjaannya..
    emang sech kerjanya kadang membosankan,tapi kadang juga menyenangkan..
    apalagi waktu tanggal 25 pasti menyenangkan,ya iyalah kan gajiah.heehe…
    saya dulu terakhir menjabat sebagai cheker kiriman,kalau kasarnya sech kernet exspedisi yang kerjanya setiap hari ngantarin barang dari gudang ke toko2 indomaret..
    tapi seru kok tambah pengalaman sekaligus bisa tahu daerah2 di jawatimur..
    moga indomaret jaya selalu..
    gundulz

  48. ibank berkata:

    Iklan Alfamart yg ditempel didepan tokonya beli F****tea 2 botol cuma Rp 5000,- ternyata cuma trick saja kalau tidak mau dikatakan sebagai penipuan.
    Beberapa kali saya sengaja mendatangi beberapa toko Alfamart untuk mendapatkan produk tersebut tetapi selalu saja produk tersebut tidak ada. Kalau ditanya selalu dijawab habis. Karena penasaran pernah saya datang ketika toko baru dibuka. Produk itu memang ada tapi hanya sedikit itupun langsung diamankan (dibeli) oleh karyawan alfamart sendiri sehingga saya tetap tidak kebagian.
    Sepertinya trick ini sudah biasa dipakai Alfamart untuk menarik konsumen datang ke tokonya. Saya katakan sudah biasa karena sebelumnya saya juga sudah pernah mengalami hal seperti ini. Barang yg diiklankan dijual murah ternyata stocknya tidak ada kalaupun ada jumlahnya sangat sedikit.
    Alfamart seharusnya jujur dgn mengatakan bahwa barang yg diiklankan sangat terbatas. Atau lebih baik lagi tidak usah bikin iklan seperti itu karena pada akhirnya cuma akan mengecewakan konsumen.
    satu lagi
    di alfamart
    uang kembalian
    tidak pernah
    dikembalikan
    walaupun jumlahnya kecil yaitu
    50,-perak
    tapi
    bila
    datang 100
    orang dalam perhari yang harus
    ada kembalian min.50,perak berarti sudah
    5.000
    kali 30 hari
    kali 12
    kali beberapa tahun
    sudah berapa HAHAHAHAHA……….
    alfamart
    pelaku usaha curang!!!!!!!!!!!!!!

    • imam... berkata:

      uang kembalian 50/25 perak……tdk dikembalikan kenapa????

      ya karna cuma orang super medit aja yg mengharapkan kembalian seperti itu,

      hei ibank, brapa banyak nenek” tua yang datang meminta-minta, berapa banyak aki” buta yang datang dengan belas kasihan, berapa banyak anak” jalanan yg menyodongkan tangan,, dan brapa banyak bencong” bertitit nyanyi dgn seronoknya…… pikiran atau otak anada kemana?????

      di bawah sepatuu???

      siapa yg kasih mereka????

      otomatis Kasir dan karyawan alfamart…..

      mbok kalau ngomong ya dipikir pikir dulu toh! mbok ya asal jgn nyelutuk semau mulutmu aj…… tak jejelin bangku sekolahan baru tahu rasa kamu…

      teliti dulu secara detail sebelum mulutmu itu berbicara,,,,

      uenak nda didengarnya….. udah betul atao blum yang kamu ucapkan…..ya to….. Lanjutkan!

      • pembela kebenaran berkata:

        kalau menurut saya idm dan alfa itu sama saja:
        1.bayar nbh
        2.loyalitas banayk
        3.sama sama mengunggulkan diri

        tapi kalau menurut saya,saya lebih suka indomaret.karena gak terlalu belebihan pelayanannya,gak seperti alfa selalu berlebihan,sehingga kedengarannya risih sekali.

        buat imam dan icank,kalau kamu memang karyawan alfa,yang seportif dong.jangan hanya alfa aja yang di bagus bagusin,itukan dalam segi besar coba kalau kalian instropeksi diri,kata kata kalian itu terlalu sok kebagusan aja.ingat retail yang baik pujian adalah sandungan dan kirtikan adalah sarana untuk maju.
        dan di atas langit pasti ada langit.

        aku salut dengan indomaret,banyak kritikan yang tercurahkan,tetapi di tidak gentar,dan pantang untuk mundur.
        maju terus indomaret.maju terus riteil indonesia,dan mundurlah wahai kesombongan.

        sebelumya mohon maaf kepada imam dan icank.

  49. ganjapar berkata:

    wah,pengalaman belanja enaknya d alfamart apalag d toko Alfamart SPBU PETA Bandung…tempatnya nyaman,sambil belanja bisa isi bensin.trus kasirnya cantik. Pelayanannya no 1. Kunjungi Alfamart SPBU Peta Bandung…buat ce tlp k 081320612323

  50. cethoe berkata:

    hello all….

    wah dunia kerja sekarag makin gak nyaman. bukan karena faktor phk tapi juga karena faktor internal perusahaan juga. kaya yang saya alamin sekarang ini. numpang curhat ya. karena saya yakin hal ini juga dikeluhkan oleh teman2 saya yang juga bekerja di alfamart. tapi apa daya mereka cuma bisa pasrah dan mengeluh dibelakang menghadapi kebijakan yang tidak bijak.

    saya adalah karyawan alfamart yang ada di area utara tepatnya tepatnya di area bpk AM yang berinisial bpk. Z.H.

    kenapa kami mengeluh dan apa yang kami keluhkan?????

    ahir tahun 2008 banyak rekan2 kerja diarea saya ke mengundurkan diri dari pekerjaan mereka. padahal mereka baru bekerja 2-3 bulan bahkan ada yang baru 1 minggu. kenapa mereka keluar ????
    setelah saya tanya mereka menjawab
    “bekerja di sini kaya bukan pekerjaan buat manusia, mana ada kerja dari buka toko jam 6 pagi tutup jam 12 malem,ga ada lemburan lagee,gila ga tuh”.
    okelah emang dibagi jadi 2 shift tapi apakah benar waktu bekerja selama itu. coba untuk pejabat toko yang lagi long shift. parah tuh kerja dari jam 6 pagi ampe 12 malem. kapan bisa ketemu anak bini. tolong di logika dunk pa !!!!!!

    saya juga kurang bisa maklum dengan kebijakan yang satu ini.apakah ini benar2 pure kebijakan dari perusahaan atau kebijakan dari satu pihak saja yang cuma ingin cari muka dan jabatan dengan cara kejar sales dengan mengorbankan bawahan dan teman2nya.
    sebab pada saat saya masuk kerja pertama kali dulu jelas2 di kontrak kerja tertulis waktu kerja dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam. tapi dalam kenyataanya ada peraturan di lapangan buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam tanpa ada gaji tambahan ( lemburan). saya tidak menyalahkan perusahaan. karena perusahaan mungkin malah tidak tahu kebijakan ini.
    kenapa saya berkata begitu???
    sebab saat AM dan korwil yang dulu mereka tidak pernah menerapkan kebijakan yang tak bijakseperti ini. berapapun pencapaian kami. tapi setelah ada AM dan korwil baru ini semua berubah. kebijakan2 yang makin menyengsarakan kami terus bertambah. salah satu contohnya ya itu tadi. buka jam 6 pagi tutup jam 12 malem tiap hari TANPA ADA TAMBAHAN UANG LEMBURRR !!!!!!
    okelah AM / korwil kami bisa bilang peraturan ini fleksibel,cuma setiap kami protes dengan kebijakan ini mereka selalu marah dan mengancam akan ngasi sp1 untuk toko yang tak tutup jam 12 malem. mereka juga selalu ngirim email untuk toko harus tutup jam 12 malem dengan alesan agar kami bisa dapat stm dan sales naik. kami tak butuh itu pak,meski kami juga tak munafik senang kalau bisa dapat. yang kami butuh itu kesejahteraan dan waktu yang luang untuk keluarga kami.

    semisal sales naik bukan kami yang menjaga dan merawat toko yang dapat nama. tapi kalian pak AM dan Pa Korwil. kami pramu, kasir dan pejabat toko hanya jadi tumbal untuk manaikan nama kalian.

    tolong pak bayangkan jika anda jadi kami. anda ada di posisi kami. posisi bawah yang selalu ditindas. kami berusaha bertahan di sini dan jalanin semua ini walau terpaksa hanya demi kelurga kami. bukan karena kami tak mau berkorban demi keluarga. cuma tolong pahami kami juga. tolong kembalikan peraturan seperti adanya dan sewajarya bekerja. dengan begini kami juga akan nyaman bekerja dan jangan ada satu pihak yang merasa dirugikan seperti sekarang ini.

    untuk bapak AM dan korwil area jakarta utara terutama bpk Z.H tolong hapus aturan bapak untuk buka toko jam 6 dan tutup toko jam 12 malam. dan jangan pernah teror2 kami lagi dengan SP kalau kami tidak buka jam 6 tutup jam 12. karena kami akan enak bekerja kalau jam kerja juga sewajarnya dan kami diberi kebebasan untuk menuangkan inspirasi kami.

    bagi yang udah baca ni email… saya mo nanya… apa wajar menurut anda kerja dari jam 6 pagi ampe jam 12 malem????????

    • imam... berkata:

      standing applus……

      hal yg sam yg gw alami saat ini….

      hidup pa syatiri…… korwil is the best……..

      • asmuni berkata:

        sbnarny yg slah tu korwile yg terlalu takut ma am nya. .
        Dn trgngantung kpla tkonya ngatur shift biar gk loyalitas.
        D mlang 24 jam mlah. . .
        Tp ya nyaman2 az.
        No nbh, ikt yes. .

  51. oePHYks berkata:

    Wuich……….
    10 jempol bwat alfa….
    Bayangkan cuma dengan 9 tahun perkembangannya bisa melebihi retail lain ????
    Cma cayang kurang peduli ma karyawannya ?????
    Gw pnya cw kasir alpa!!!! Tiap bulan harus di potong NBH !!!!
    Retail yg lain gmn ????

  52. tiwi berkata:

    saya karyawan alfamart,memang sih alfamart makin maju,tapi karyawannya pada ngejerit .gaji kurang memadai,kesehatan kurang terjamin,loyalitas tinggi banget,lembur kaga di acc,ijasah di tahan jadi jaminan di alfa,kalo mw keluar dari alfa harus bayar ijasah kita.tolong dong di perhatikan nasib kami,alfamart jangan cuma mau untungnya doang,tapi karyawan di peras abiz.kancrutttttttttttttttt pkoknya alfamart blanja puas karyawan pada tewas mati lemas karena gaji kaga pas.bayangkan kerja lebih dari 8 jam tiap hari,per hari cuma +- 27500 per hari,mohon orang kantor alfamart,perhatikan keluhan kami.thank

  53. sardo berkata:

    sy udah punya toko, berminat membuka A tau I. mohon info…….lokasi toko sy sangat strategis akses satu-satunya ke komlpleks perumahan karyawan perusahan besar LNG

    • bimo adiwibowo berkata:

      pak sardo salam kenal
      saya lagi punya peluang usaha yang mirip2 alfa dan indomaret
      blh saya minta nmr handphone dan e-mail bapak?
      thx
      bimo

  54. Icisen berkata:

    Gw dl pernah kerja di indomaret dr 2003- 2007,toko pertama di daerah keamanan gajah mada ( sekarang tokonya dah tutup )
    Banyak banget kenangannya dr pramuniaga sampai terahir ass. kepala toko.
    Emang sih dr soal waktu kita bnyak dituntut untuk loyalitas,gak di A at di I sama aja.Tp kayanya sih lebih parah di A,dr harus nginep di toko,tutup ampe jam 12 malem ( di I gw blm pernah tutup ampe jam 12 malem,emangnya kuntilanak yang mo beli!!! ),nungguin barang dateng,malah lg itu gw prnh liat jam 6 pg toko belom buka barang dah dateng.
    Yang paling eneg nya lg kalo harus bayar NBH barang ilang toko males banget dah,gw dl pernah bayar ampe 400rb padahal gaji pramu gw masih 800rb.Tp di samping itu semua gw ambil baiknya aj,dapet ilmu,kenangannya tur bareng ke puncak & lg gw dapet bini deh lg masih di indomaret.
    Salam ya buat kl ad yg baca untuk anak2 Genk IDM Team CampVret Budi,Irwan,Ixan Kapan kt ngumpul ke puncak lagi???
    email gw ya kl pada baca di ich_sehne@yahoo.co.id

  55. Icisen berkata:

    Kl dari umur emang si I lebih tua dari si A. I lahir th 1989 sedangkan A br th 1999 kemaren tp si A udah bisa nyamain si I atau mungkin lebih ( maybe karena banyak kali ya pegawai yg hijrah dari si si I ke A contohnya Pujianto yang ilmunya di dapet dari si I ) dari segi banyaknya gerai,harga,pelayanan,mungkin karena umur yg udah lama ya karena itu bangunan toko2 si I lebih dekil di lihatnya dari si A.
    Untuk personilnya tokonya si I udah gak kolot lg kaya dulu yg mesti pake celana item,rok untuk kasir yang udah diganti pake celana jeans untuk semuanya ( jadi keren neh ).Untuk semua AM & BM jagan suka pada ” NINDES ” banget deh ke bawahan ( termasuk gw dulu korbannya ) dengan peraturan2 yang jelas merugikan ” RAKYAT KECIL ” kaya malem minggu wajib tutup ampe jam 12 malem ( emang nya mereka pada gak pengen nikmatin malem minggu apa,rata2 kan orang toko masih anak2 muda semua ),nah situ enak jam 5 dah pada di rumah malah sabtu minngu libur,NBH gede Orang toko di omelin ( namanya maling mah pinter bos,biar dah diawasin jg tetep aja pinteran maling nya ).Personil rata2 per toko 7 s/d 9 orang tergantung sales,coba kalo libur 2,otomatiskan pg 2 orang tus siang 3,susah bos mesti ngawasin toko ,ngisi barang,benerin display,stock opname,bersihin rak,lap kaca,nyapu,ngepel,cek barang dateng,komplit kan gaweannya apalagi kalo masuk pagi berdua doang mantep banget.Itulah mengapa kalo ada konsumen nanya barang kadang pelayanannya kurang memuaskan dikarenakan pekerjaan ” SERABUTUAN ” mereka yang banyak banget apalagi ada kunjungan AM,BM at KORWIL yg cuma marah2 doang,komplit dah penderitaanya.
    Itulah ” SEDIKIT ” dari segitu banyaknya unek2 & penderitaan gw dulu kerja di Indomaret,walau bagaimanapun di Indomaret gw pernah menimba ilmu,Thanks to you & jaya terus Indomaret ( Mudah & Hemat ). ich_sehne@yahoo.co.id

  56. Chuz berkata:

    Pak Jhoko. bu Fanny. Pak Fuji. hikkkzz… BONUSnya jangan di CUT doongg… nanti saya ga punya baju baru, mana motor ngadat mulu lagi…. kan uang THRnya buat kluarga… duh ngenez bngt jadi karyawan Alfamart…. petingi-petingginya pada sikut-sikutan jabatan… bawahannya pada mangaabbb….!!@## wakkkkk ngabb…ngaabbb… !@@

    uang 100an susah banget dah ah, dah kaya nyari emass… costumernya kaga ngerti lagi kalo di kembaliin permen…!! ama atasan diteken ama costumer diteken, mejret2 dah tu orang toko, makanya karyawan Alfa pada begeng-begeng… kwekwek…!!!

    Alfamart-vs-Indomart..
    Bravoo tyuuzzz ayo kita bersaing….

  57. agus berkata:

    Selamat sore,
    Saya mau menanyakan barangkali ada yg tau caranya untuk membuka usaha ALFA MART ( WARALABA ) Sedangkan modalnya terbatas.
    Barangkali teman2 ada yg tau boleh searing dgn saya.

  58. Chibi berkata:

    Wah-wah sungguh persaingan yang sengit, penuh dengan pro-kontra!!!!

    Gw sedikit banyak tau lah gimana nya karyawan alfamart, coz laki gw kerja disitu.. walaupun dia dah jadi kepala toko, at least megang toko, tetep ajah keringetnya diperes abis… yah emang sih masalah gaji emang cukup gag cukup, rada gag pas dengan apa yg dah dikerjain, tapi lebih dari cukup kalo dibandingin dengan pramu&kasir2nya yg kerja fisiknya lebih kenceng tapi gajinya kurang lebih cuma setengah dari gaji cowok gw ituh….malang banged dah!!!

    Gw pelanggan alfamart banged, selain karna alasan di atas, gw juga pernah kecewa banged ma pelayanan di indomaret. Gw gag pernah kesana, sekalinya kesana gw kapok, gag lagi-lagi…. jadi waktu itu, gw berdua temen gw beli barang yang gag ada label harganya, karna kita tau rata2 harga tu barang, jadi kita ambil ajah, trus dimasukin deh ke komp tu kasir, eh pas diliat ternyata harga barangnya 3 sampe 4 kali lipat dari harga biasanya (emang sih rada bermerk), yg kita seselin kenapa label harganya gag dicantumin di tuh barang, ato setidaknya ditempel dideket barang ituh…. udah gitu embak2 kasirnya pake nyolot lagi gag bisa dicancel pembelian barangnya, ugh kesel banged,, kayaknya kalo di alfamart gag gitu2 amat deh, bisa kok dicancel, yah walaupun agak rumit sih….. pokoknya biz tu kapok gag pernah lagi kesana!!!!

    Klo tentang kasir alfamart yg berjilbab sih menurut gw tu bukan masalah…. kasian dunk kalo cewek2 berjilbab harus buka jilbabnya waktu kerja,, tu justru sangat gag berperikemanusiaan, melanggar ham…

    Itu sih pendapat gw pribadi….
    pokoknya thanks to alfamart, we love you!!!

  59. roman berkata:

    hallow buat semua karyawan indomaret jaya terus ……..terutama buat teman-teman ku di indomart pangalengan 1..maju terus choy……ooops mendengar coment diindomart katanya susah untuk sembahyang,buat cewek pakai jilbab sulit…itu coment gak bener nyata nya aku selama magang,dan sampai sekarang nggak deh kayaknya …………..tali persaudarahaan antar kani sangat erat….soal sembahyang kami mendahulukan sembahyang dari pada kerja….end banyak kok teman ku kAsir yang pakai jilbab……………………maju terus indomart……….
    INDOMART MUDAH DAN HEMAT…………………

  60. mumun berkata:

    Alfa dan Indo????
    dari awal aku udah jatuh cintrong ma si Alfa……he
    apalagi setelah kejadian tadi malem…’

    gini ceritanya…..
    semalem aku belanja di Alfa sama temenku, kami gak tau kalo lagi ada promo PPA dan ada barang yang beli satu dapet dua(tanpa ada tambahan biaya apapun), deuh mbak kasirnya ceritain ke kami dengan ramahnya, yasud dapet deyh mie gepeng….he
    Tapi, inti ceritanya bukan ini loh……

    Di jalan mau pulang, aku cek dulu struk belanja (biasa buat pertanggungjawaban ma nyokap….. hohoho)
    eh, taunya struknya rusak gag kebaca sama sekali……
    Trus, mau gag mau, takut gag takut, malu gag malu kami balik lagi ke Alfa…. dengan perasaan yang gimanaaaa gituh, akhirnya
    kami bilang ke mbak kasir,”Mbak, boleh minta struk lagi ga???”
    dengan sabar dan senyum yang lebar mbak kasir menjawab dengan ramah,”oh iya, Mbak!boleh….tunggu sebentar ya, Mbak….!!”

    Deuh….perasaan jadi tuambah cuwinta dweh ma Alfa…..hehehe
    Alfa memang Belanja Puas Harga Pas…..!!!!
    Semangaaaaaaaaaat…. Peace yah!!!!

  61. ADI berkata:

    Jaya Alfamart

    kenapa insentif tahunan bakal di hilangkan
    Padahal cuma 1 thn sekali keluar eh!!! palah di hilangkan
    Dengan alasan biar adillah itu ma cuma akal2an menejemen
    Biar ngak rugi doank

    • imam... berkata:

      bener banget knapa musti dihilangkan…..

      gw kerja di alfa satu tahun tp kurang 7 hari eh tetep ga dapet tuh bonus bulanan,,,,, kesian deh lo???

  62. Ami berkata:

    Gw hny berkomentar aja gw pny tmn nmnya erni dia itu pelanggan setia alfamart dia itu pernah pny tmn sm kepala tk dl sblm cow ini jd korwil,dia crt klu kepala tk ini pny hub special ama kasirnya wkt dia tgs di juru mudi tanggerang tp terakhir di daerah palem ckrg,pernah ktnya tdr ber 3,ksr kepl tk ama st lg,tp itu udh lama sich kt tmn gw,tp apakah pantas yah?

  63. Adi berkata:

    Seperti kata pepatah TAK ADA GADING YANG TAK RETAK
    Ya seperti itulah kondisi Alfamart semakin banyak peraturan tetapi merugikan banyak karyawan hanya konsumen dan konsumen yang di pentingkan sementara kita karyawan-karyawan yang banyak memberi kontribusi ke alfamart palah seperti di nomor sekiankan hanya bos dan bos saja yang menikmati hasil-hasil jerih payah kita,loyallitas tinggi tanpa uang lembur Nbh besar tanpa ada solusi yang bijak,sementara bos-bos kita duduk di ruangan ber ac tanpa ada rasa kepanasan duduk di mobil mewah dengan musik dan ac yang Wah, luar biasa sekali alfamart,insentif tahunan dihilangkan dengan dalih demi keadilan ngak tau tuh keadilan seperti apa, dan di ganti dengan stm yang menurut banyak karyawan malah menyusahkan dan bikin susah,
    Mohon kepada bapak-bapak direksi kuhsusnya pak.pudjianto selaku owner alfamart tolong perhatikan jeritan karyawan-karywan anda yang di level bawah,
    besar harapan kami karyawan, adanya perubahan yang membawa kesejahteraan seluruh karyawan kuhsusnya di operational,
    Sekian curhatan hati-hati karyawan semoga bapak-bapak di atas bisa menerima aspirasi seluruh karyawanya.

  64. Iman Sugirman berkata:

    Alfamart is the Best

    Gw pramuniaga di alfamart karawang. Alfamart PASTI lebih unggul dari Indomart. Apalagi sekarang ini ada event Senyum Keluarga Indonesia “PENCET-PENCET KASIR” eh sory salah “PENCET-PENCET ASIK” maksudnya…program yang berjalan sejak 1 maret sampai dengan 15 April ini sungguh mengasyikan dimana customer bisa memilih hadiah langsung hanya dengan belanja Rp. 50.000 dan erdapat produk sponsornya sebesar Rp 10.000 maka akan dapat kesempatan “PENCET-PENCET ASIK”. Memang bangga saya kerja di Alfamart tapi setelah saya baca comment di blog ini memang banyak yang pro dan kontra, nggak apalah namanya jga saingan…..wkwkw….tapi saya hanya ingin membahas tentang kasir, meskipun kasir Alfamart nggak begitu cantik tapi nggak kampungan toh di Alfamart kasirnya nggak dijual kok….Terus yang kedua tentang pramuniaga yang kadang jutek atau sering ngecewain customer. Menurut saya itu sih normal soalnya tergantung moodnya..atau mungkin gajinya kali yaaaa…..soalnya kan yang Definisi “NEGARA YANG SEJAHTERA ITU KAN YANG RAKYATNYA SEJAHTERA BUKAN PEMIMPINNYA”. MAKA PERUSAHAAN YANG SEJAHTERA ITU YANG KARYAWANNYA SEJAHTERA. Bukan hanya pemimpinnya..APA MAU DIGANTI TULISAN DIBELAKANG SERAGAM YANG TADINYA “BELANJA PUAS HARGA PAS” menjadi ‘BELANJA PUAS GAJI PAS” hehe maaf ya Pak Korwil ini hanya jeritan rakyat kecil….

    Pokonamah Alfamart mah Pang Alus na…..

    Dh,

    C583 KRW

    (Iman)

  65. Adria berkata:

    Wew Iman C583 toko mana??

    angkatan brp lo??

    gw jg pramu alfamart ni…..tpi sayang kesejahtrhannya kurang…..

    tpi kyaknyasi kedepan lebih Maju ni Alfmart…..
    buat indomaret trus kejar…..don’t give up….

    Masih bnyak waktu kok……

    Buat Anak” operasional Alfamart Lebih semangat lagi…..

    ayo” incer STM….kan lumayan buat nambah” uang jajan…

    wkakakak

    Hs..

    C133

  66. ReX berkata:

    Senyum Keluarga Indonesia..!!!

    Pencet-Pencet Asik……

    Dapatkan Hadiah Langsungnya…!!

    jargonnya kedengarannya GOKIL………

    hwhwhwh

  67. donita berkata:

    Sebelum saya comment ttg alfamart vs indomaret, mohon maaf mungkin sedikit saya beri masukan, menurut saya media ini seharusnya diisi dengan komentar yg mengulas topik yg dilempar Mr John Lamida (Alfamart vs Indomaret), sehingga seharusnya tidak dijadikan ajang untuk masing2 karyawan curhat apalagi menjelekkan perusahaan masing2 (sekali lagi maaf), saya yakin kalau utk hal itu pasti ada media lain baik internal maupun eksternal yg bisa digunakan.
    Lagipula mubazir , karena mgmt alfamart/indomaret juga profesional dalam membaca informasi.

    Sebagai pengamat industri retail, saya melihat untuk kedua perusahaan pengembang retail di bawah ini keduanya bersaing sangat ketat.

    Tentu keunggulan di beberapa point bisa saja diclaim milik si A atau si I.

    Jika dilihat dalam suatu lingkaran persaingan, sebagai pendatang baru alfamart tidak diragukan lebih cepat meraih simpati konsumen dengan penampilan toko yg lebih terang dan atmosfer yg lebih fresh, promosinya jelas lebih inovatif. Inilah ciri sebagai follower (tetapi follower yg cerdas).. Ingat inilah strategi purple ocean yg sering dibicarakan. Mudahnya alfamart menggunakan motto : amati, tiru, modifikasi,implementasi

    Indomaret sendiri pada awalnya sangatlah merasa berada pada “comfort zone”sehingga seperti juga pada manusia, yang merasa sudah nyaman, tidak pernah exercise, maka tiba2 mendapat serangan, bagaikan otot ditarik keras2 dalam keadaan tidak pemanasan.
    Hal ini menyebabkan tahun2 awal keberadaan alfamart , membuat indomaret ketinggalan.

    Tapi ingat, indomaret adalah perusahaan yg sudah besar sebelumnya yg notabene memiliki kedewasaan, inilah yg membuat mereka segera sadar dan berusaha mengejar ketinggalan (walaupun saya yakin itu dilakukan dengan perjuangan).
    Untung saja, Andai Indomaret terlambat sepersekian detik mengejar ketinggalnya saya yakin 2 tahun berikutnya akan kalah napas. Sekali lagi untung indomaret cepat sadar dan punya pelari2 yg walaupun sudah berumur (maaf) tetapi punya jam terbang yg lebih banyak.

    Dengan kelebihan masing2 di atas, saya yakin kita akan melihat persaingan yang seru, kompetisi yang ketat. dan ini jelas menguntungkan buat konsumen. Kita lihat kiprah kedua raksasa ritel ini ke depannya.

    Salam Pelanggan

  68. gantenk berkata:

    Salam kenal semua

    Saya seorang distributor yang sekarang sedang mengembangkan usaha yang bergerak dibidang retail. Konsep seperti alfamart atau indomaret. Namun biaya gak sampai 50 juta dan BEP cuma tiga atau empat bulan. keuntungan per bulan bisa mencapai 16 juta rupiah (asumsi pesimis).

    Harga barang dijamin lebih murah dibandingkan ritel yang lain ataupun harga pasaran DIJAMIN

    kalau ada yang tertarik mau bekerja sama atau ingin tau informasinya hub saya di 081363344816 (aan)

    sukses

  69. MDz berkata:

    Met Siang,

    Saya pernah mengunjungi kedua mini market tsb “A” & “I”.Ini menurut pengalaman pribadi saya lho……”A” lebih lengkap barangnya walaupun tidak beda jauh dgn “I” dan maaf kalau bisa “I” juga mengizinkan karyawatinya memakai jilbab ,bgm pun dan terlepas dari kepribadian org nya,buat saya pemandangan yg menyejukkan hati melihat para karyawatinya memakai jilbab terutama didaerah saya jakarta pusat menteng yg dikelilingi mesjid dan majelis2 talim.Dan memang dari segi warna logo memang “A” lebih menarik.Usulan saya “I” buat warna baru yg lebih kontras dan menarik,Ok.Buat keduanya saya berharap terus sukses dalam berkibar didunia retail dgn persaingan yg sehat dan bersahabat krn sdh bukan jamannya lagi bersaing saling menjatuhkan krn masyarakat kita skrg semakin cerdas menggunakan hatinya dalam memilah.Terima Kasih.MDz

  70. Sisi berkata:

    Lam kenal
    Dimana indomart ada pst alramart ada,kt g persaingan mrk sich diblg baik,tp apa kah diantara pegawainya ada menjd tmn bk?ok gitu aja komentar g salam utk korwil alfa daerah kota Bpk Adi lhaksono,ama ass kepl tk bambu larangan ckrg Bpk Dadang sulaiman,sukses yah

  71. Caca berkata:

    Lam kenal
    Gw disini hny utk semangatin pagawai2 baik alfamart maupun indomart,ayo semangat bekerja br cape tetap senyum ama pelanggan,oh ya gw mau cr no tlp pak dadang sulaiman ditgs sbg ass kepala tk alfamart didaerah bambu larangan cengkareng jakbar gw tunggu informasinya

  72. dita berkata:

    hi..

    awalnya gw seneng baca komentar2 diatas karena menurut gw ini tempatnya komunitas pelanggan kedua minimarket..

    Tapi semakin kebawah kok jadi ajang curhat karyawan masing2 perusahaan yah.. Apakah ini bentuk kekesalan karyawan2 yg sudah keluar atau apapun.. yang jelas di dua perusahaan ini harus ada situs utk wadah aspirasi bawahan kali yah..

    met bersaing..

  73. yoko berkata:

    saya ada lokasi di dupak bangunsari luas 12X40 meter,deket lokasi ada indomart,depan lokasi ada sekolahan sd,sltp.padat penduduk,rencana saya ajukan alfa mart,ada saran dan petunjuk call/sms di 08174144481,081234111108 yoko

  74. adi berkata:

    good job bung..
    cman ngin nambahin ni..
    bwat smwa ritel c mang ada keunggulan dan kekurangannya, masing2 dari ritel tersebut juga mengejar yang namanya popularitas.!
    emang kerja semua karyawan market ni saling bersaing u/ menjadi yang terbaik,,
    tapi apakah semua itu sudah didukung dengan usaha dari perusahaan itu sendiri untuk mensejahterakan karyawannya.
    yang saya rasa selama ni karyawan di alfamart itu kok sering ganti2 terus ya…?
    apakah mereka di rolling atau di keluarkan karena peraturan kerja yang sudah tidak seimbang antara hak dan kewajiban..

  75. Agus Rdp.. berkata:

    Salam Damai…..For All….

    Ok.!smua data di atas…itu adalah opini dari skin bnyk orang pasti akan membrikan opini yang berbeda2,

    gw jg slah stu krywn di A.tlg bgi smua krywan perusahaan manapun bukan hanya A & I .gk usah buka KARTU perusahan keluar…mukin ya tau sendiri kesan di mata masyrkat.u/ krywn A apakah anda sudah ngasih lebih keperusahan sngga and jg mau d kash lbh ma prusahhan….

    ok u/ smua jika mau kritik dan saran ke Alfamart ke sini za. http://WWW.ALFAMARTKU.COM ,/ delta.pangabean20@gmail.com

    u/ smua salam sukses ……

  76. robin berkata:

    “lam kenal juga ney”
    oh ya buat semua karywan/i yang bekerja dibidang retail pasti menginginkan kesejahteraan antar sesama di perusahaan masing-”
    maka dari itu kita semua ga sah saling merendahkan antar sesama yang terpenting buat pribadi adalah selalu bersyukur akan atas nikmat yang telah diberikan,lagi pula mungkin semua permasalahan kalian adalah jalan menuju kesuksesan tanpa disadari,

  77. robin berkata:

    “lam kenal juga ney”
    oh ya buat semua karywan/i yang bekerja dibidang retail pasti menginginkan kesejahteraan antar sesama di perusahaan masing-”
    maka dari itu kita semua ga sah saling merendahkan antar sesama yang terpenting buat pribadi adalah selalu bersyukur akan atas nikmat yang telah diberikan,lagi pula mungkin semua permasalahan kalian adalah jalan menuju kesuksesan tanpa disadari,
    dah yach sekian&thanxs semangat ya bu.pa

    • Edo berkata:

      robin :
      “lam kenal juga ney”
      oh ya buat semua karywan/i yang bekerja dibidang retail pasti menginginkan kesejahteraan antar sesama di perusahaan masing-”
      maka dari itu kita semua ga sah saling merendahkan antar sesama yang terpenting buat pribadi adalah selalu bersyukur akan atas nikmat yang telah diberikan,lagi pula mungkin semua permasalahan kalian adalah jalan menuju kesuksesan tanpa disadari,
      dah yach sekian&thanxs semangat ya bu.pa

  78. Anis berkata:

    AlfaMart=AlfaMaruk?
    Bener nggak sih?
    Yg saya tahu sih begitu… bagi-bagi dong kuenya!
    Dengan adanya alfamaruk sampai di pinggir sawah kasihan kan bagi yg punya modal pas-pasan. Di satu sisi memang konsumen yg dimanjakan, tapi dari segi “ekonomi ?#$5^@” kan hal itu sangat merugikan. Sebenarnya disinilah HARUSNYA fungsi pemerintah mengatur distribusi dan kenyamanan berusaha. Tapi selama negara kita masih menganut faham KAPITALIS jangan harap pemerintah mau NGURUS RAKYATNYA sampai hal2 yg seperti ini. Sekarang yg berkuasa hanya KAPITALIS=PEMODAL BESAR, siapa yg punya duit banyak secara tak langsung ya.. mrekalah yg berkuasa… bahkan agar supaya jiwa rakus kapitalisnya terpenuhi mereka tidak segan2 membeli pejabat, membayar wakil rakyat yg ‘o o n’ supaya menelorkan UU yg bisa melancarkan usaha maruknya…

    Sabaar… sabaar…

  79. faizal berkata:

    @ pramuniaga / manajemen minimarket/supermarket manapun…alasan pemberian permen karena susahnya nyari uang receh hanyalah alasan yang KUNO!
    klo emang susah nyari uang receh…ya udah pasang harga yang pas sesuai dengan nominal yang berlaku dan tidak susah mencari-nya misalkan Rp 9.100, Rp 10.400 ….. HAK KAMI SEBAGAI KONSUMEN TELAH DIABAIKAN BAHKAN TIDAK DIAKUI…..

      • juli berkata:

        Saya setuju dgn Pak Faizal. HAK KAMI SEBAGAI KONSUMEN TELAH DIABAIKAN BAHKAN TIDAK DIAKUI
        4 tahun saya hidup di Amerika… kembalian 1 sen (setara dgn 100 rupiah) pun akan dikembalikan…. Kalaupun kita malas mengambilnya, kasir akan menaruhnya di kotak (semacam kotak amal).

  80. imam... berkata:

    Selamat siang…. Alfamart selalu memberikan kepuasan berbelanja dengan harga pas ada yg bisa kami bantu……disini Alfamart Ciracas……

    kemaren Alfamart ciracas baru aj kedatangan mistery guest dari P&G,,,,, Dengan komunikatifnya kasir Alfamart Ciracas lsg menawarkan produk” promo yg terpajang di area kasir…..intinya kasir A. Ciracas mendapatkan uang cuma” senilai Rp 100.000 karna bisa membujuk mistery guest P&G untuk membeli Sampo Panten yg berhadiah sikat gigi oral B clssic Soft?medium…..

    Bravo A. Ciracas
    Salam Dahsyat…… salam juga bwt ibu Novi…

    NB: Terus terang saya tidak suka dengan kinerja sales canvas (MRO) yg selalu saja menimbulkan banyak masalah,,,, bagi toko kami…..

    semoga saja Toko A, ciracas salesnya meroket…. agar tidak butuh bantuan lagi MRO…

    ngaku bukan anak toko,,, tp seharian tinggal di toko…..

    kalo dateng barang gada loyalitasnya pizan,,,,,

    seharusnya kalo sama” cari makan di Alfa ga usah lah jdi pagar yg makan tanaman……

  81. Danu berkata:

    menurut saya baik A or I adalah sebuah perusahaan yang besar cuma ada beberapa hal yang harus dibenahi oleh A menurut yang pernah saya alami ketika berbelanja di daerah indramayu kota tahun 2008, yaitu:
    apabila ada konsumen belanja borongan selalu harga yang di tawarkan ke saya lebih rendah padahal di tokonya harganya lebih tinggi dan barang hadiahnya tidak pernah dikasuhkan beda dengan I yang selalu sama dengan harga tokonya hadiahnya pun diberikan
    setahu saya barang hadiahkan hak konsumen seperti yang tercantum di brosur karena selalu ada yang memberikan brosur ke rumah walaupun dengan cara di lempar padahal mereka tahu ada orang di rumah.

  82. Yoyok berkata:

    Menurut pengalaman saya di jawa timur paling timur yaitu disitubondo,
    pernah ada promosi waktu pembukaaan toko alfamart di Panarukan. promosinya waktu itu klo ga salah fanta grape 1.5 liter. memang sih harganya sangat murah akan tetapi semua barang yang dipromosikan expirednya dekat (1 bulan), tau sendirikan klo barang kayak itu sudah mendekati expired rasanya sudah tidak ada sodanya. jadi ga enak sama sekali.
    Jadi tolonglah untuk meningkatkan brand perusahaan barang yang dipromosikan jangan yang mendekati expired dan harganya murah…….

    itu cuma masukan dari saya.
    terima kasih

    yoyok

  83. cytozZ berkata:

    waaaaaaahhhh aq ceeee g bisa comment banyak tentang prbandingan alfa n indom. klomslah ksir indom lbh ungggul tp emng ceeeee low pelayanan n penampiln alfa lih ungggulll cz muach tu tedidik slma 7 hari 7 malm n mandi 7 rupa bunga kamboja🙂 yo wezzzzZZZ lawong aq tu lo jg gawe krja di alfa…. mohon kebijakan nya bozzzzZZZz biar muaaach personil toko tu beta n g da yang nama nbh mmbengkak

  84. dam_Crot berkata:

    aduh… banyak yang komen yah/ artinya banyak orang indonesia yang perhatian… thanks atas perhatianna.
    saya cuma ingin menjelaskan sedikit saja…. sedikit saja… mau belanja dimanapun sama saja yang penting kitanya asik…. he…
    pelayanan asik karena kita asik, he… gak nyambung yah…?
    Yang jelas alfa lebih care terhadap pelanggan kalo saya perhatiin di bandingkan pesaingnya, saya nggak mau nyebut nama pesaing ah, semua udah tahu toh???

  85. banoxz berkata:

    bwt para bp korwil sat

    knp sech jd anx toko tuch sllu di slh kan..
    pkrjaan kami tu segudang gudang….

    saat AC kunjungan ke toko:::
    ada aja kritikan pedas,tanpa memikirkan prsaan…apa AC lupa saat AC dulu juga prnh ada di posisi kami…bnyk bgt pkrjaan kaaan..jd mhon maklum jk km blm smpt mngrjkan nya

    oooooo jgn2 AC uda lupa daratan yaaawwww…

    skr bwt dewa2 sat::

    kpn sech mnsejahterakan krywn2 toko nya…
    jngan cm krywan2 di office ja yang sllu dbwt snang..
    ingat kami adalah ujung tombak SAT.jd km juga menginginkan surga serupa yang kalian berikan ke mereka…

    gimana ujung tombak nya mau tmbah runcing smntara kalian tdk prnah mmberikan sesajen2 yang enak2..,malah yang kalian berikan hanyalah desakan yang terus menerus mnyiksa kami…

  86. arief berkata:

    hanya masukan ja..
    kalo ngasih opini jangan membanggakan satu pihak saja…
    mungkin anda salah satu personil toko tersebut atau anda telah keluar dari perusahan tersebut,jadi anda menjeleek-jelakan satu pihak saja..
    menurut saya itu bukan suatu masukan untuk orang lai memolih mini market tersaabut…

  87. hokki berkata:

    saya mengharapkan agar gaji karyawan di alfamart dinaiikan sesuai standard hidup yang layak,, jangan gaji pas-pas an.. enak bosnya aja.. hargai juga kesejahteraan karyawan apalgi yang sudah kawin.. karyawan sejahtera perusahaan juga sejahtera…

    hidup alfamart…

  88. david berkata:

    jika ada yang tertarik untuk membuka franchise market..tentunya dengan modal awal lebih kecil di bandingkan dengan mart2 yang mungkin sedang diperdebatkan..

    bisa coba kirim sms/hub no telp :08886720962

    nanti mungkin kita bisa sharing dan saling tukar informasi…

    dan tanpa ada komitmen apapun…

  89. riki berkata:

    alfa n indo thu masing2 punya kelemahan n kelebihan
    kelebihan n kekurangan nya
    alfa
    pelanan nya termsuk bgus, waktu buka 24 jam,tpi kurang senyum, dri 1 tko ke tko lain sangat berjauhan
    indo
    pelayana sedikit kurang memuaskan,tpi buat snyum lebh baik di banding alfa,waktu bka jarng yg 24 jam keculi di kota2 bsar.

    so untuk pelayanan best deh buat alfa n untuk indo lbih ramah lg y

  90. avie berkata:

    sepertinya saya cenderung setuju dengan apa yang dipaparkan oleh penulis……dimana alfamart mungkin sedikit lebih bagus dibandingkan dengan indomaret. Sedikit kelebihannya hanya ada di dalam hal pelayanannya (servis for customer), misalnya seperti salah satu cabang alfamart yang berada di kota bogor yakni alfamart cabang semplak.

    Dalam hal pelayanan terhadap pelanggan biasanya di cabang yang satu ini selalu setelah kita berbelanja selalu memberikaan sapaan untuk datang berkunjung kembali ke tempat tersebut dan tak lupa memberikan senyuman yang manis disertai kedua tangan yang memberi salam ala salam nya orang Thailand.

    Kadangkala klo kita mencari suatu barang yang tidak ketemu langsung dicarikan oleh pegawainya n satu lagi biasanya klo pagi ampe tengah hari ada yang membukakan pintu masuk seperti di hotel berbintang.

    Pokoknya klo belanja di mini market yg satu ini ada rasa kepuasaan dalam hati yang tiada taranya

  91. gundul berkata:

    saya harap pihak alfamart kalau mendapat keluhan sms dari konsumen diselidiki dulu jangan asal marah marah dan kasih karyawan SP. entah itu keluhan di karyawan toko ataupun di jalan ( driver ).

  92. !chank berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Di bulan puasa ini, ALFAmart buka lebih lama…. yaitu tutup sekitar jam 23.30.

    Cek aja di ALFAmart Galuh Mas Karawang..

    C467

    • pembela kebenaran berkata:

      kalau menurut saya idm dan alfa itu sama saja:
      1.bayar nbh
      2.loyalitas banayk
      3.sama sama mengunggulkan diri

      tapi kalau menurut saya,saya lebih suka indomaret.karena gak terlalu belebihan pelayanannya,gak seperti alfa selalu berlebihan,sehingga kedengarannya risih sekali.

      buat imam dan icank,kalau kamu memang karyawan alfa,yang seportif dong.jangan hanya alfa aja yang di bagus bagusin,itukan dalam segi besar coba kalau kalian instropeksi diri,kata kata kalian itu terlalu sok kebagusan aja.ingat retail yang baik pujian adalah sandungan dan kirtikan adalah sarana untuk maju.
      dan di atas langit pasti ada langit.

      aku salut dengan indomaret,banyak kritikan yang tercurahkan,tetapi di tidak gentar,dan pantang untuk mundur.
      maju terus indomaret.maju terus riteil indonesia,dan mundurlah wahai keombongan.

      sebelumya mohon maaf kepada imam dan icank.

      salam pembela kebenaran.

  93. devi berkata:

    waktu saya belanja di alfamart tangerang dekat bandara soekarno hatta. waktu saya belaja pada malam hari sekitar jam 02 malam.
    saya sebagai konsumen di perlakukan tidak sopan dengan karyawannya.
    kalau tidak salah, namanya Abas.
    sebelumnya dia telp2n trus. entah dengan kekasihnya atau sapalah.
    sehingga saya di cuekin begitu saja.
    mohan pihak alfamart,menindaki lebih lanjut.
    terima kasih.

  94. karyawan alfamart berkata:

    saya karyawan alfamart dengan jabatan MD
    SAYA MERASA SEKARANG INI ALFAMART PERATURANYA RIBET DWEH….SALAH SEDIKIT HUKUMANYA BERAT KALEEE….KERJA 8 JAM KAYAK MANGGULIN GABAH 1 TON…BERAAT BGT….GMANA MO PELAYANAN KECUSTOMER….ORANG MUKA KARYAWANYA KUSUT KARNA DIBEBANI SEABREK KERJAAN YG DITUNTUT KELAR SECEPAT MUNGKIN…..BT BGT DWEH……GA TAU DWEH KALO PERATURAN DI IDM,KYAKNYA SANTAI BGT….

  95. Agus Rdp.. berkata:

    jangan banyak omong kerja aja yang bener…………….pasti ada hasilnya.apa yang anda dapatkn hari ini adalah apa yang anda tanamkan kemari,mingu lalu,bulan lalu,tahun lalu….dan tahun 2 yang terdahulu.kerja tidak ada yang ngak cepek,,,

  96. aksan berkata:

    saya ingin tahu tentang perasaan dan harapan para karyawan Alfamart dan Indomart sehubungan dengan peraturan2 yang memberatkan karyawan dalam hal kerugian toko, baik yang disebabkan oleh kelalaian salah satu pejabat toko ataupun karena musibah.

  97. parto berkata:

    pelayanan di alfa emang hebat patut di acungin jempol cos sering ku belanja di alfa pi kalau boleh saran tampak depannya dong di bagusin biar keliatan bagus

  98. toky berkata:

    sudah tidak bisa dipungkiri lagi alfamart memang lebih unggul dari indomart..baru 9 thun saja sudah mendapatkan penghargaan ISO dan MURI..selain itu alfamart lebih memilih pramuniaga dan kasir baru dengan usia muda..sehingga lebih fresh dan semangat..pelyanannya juga memuaskan.serta membantu masyarakat berwirausaha dengan membuka alfamart franchise..harga kebutuhan pun lebih murah..setiap 2 miggu dan sebulan sekali ada promo..serta konsumen akan mendapatkan potongan harga pada produk tertentu,poin untuk mendapatkan hadiah,diskon,dan harga normal pada minuman dingin jika menggunakan kartu AKU.. buat karyawan alfa menurut saya adanya NBH memang alfa tidak mau mengalami kerugian..tidak ada orang yang mau rugi pastinya..itu justru memotivasi kalian untuk teliti dalam bekerja..dan saya sangat kagum terhadap alfamart yang menunjukkan appresiasinya terhadap batik dengan menyuruh karyawan tokonya untuk memakai batik serta memberikan hadiah coca cola 330ml pada konsumen jika berbelanja 10.000 rupiah..sukses deh buat alfamart..buat bu marta Cileungsi 1(i love you…….)

  99. kadri rauf berkata:

    sekitar 4 blan yg lalu sya adalah pegawai di alfamart n menurut saya apa yg dikatakan diatas tentang keramahan pegawai alfamart memang benar, karena pada saat kami ditraining para trainer kami sangat menitik beratkan kepada pelayanan n keramah tamahan terhadap konsumen…
    dan masalah kasir di alfamart yg lbh muda n cantik memang benar sebab saya jga telah mensurvei kebeberapa toko alfa n indomart perbedaan tersebut sgt signifikan, kasir indomart cenderung tua n judes serta tidak murah senyum terhadap konsumen….
    ini hanyalah tanggapan n bkan mendiskripsikan satu merk saja….
    salam alfamart maju kita maju bersama tp tolong NBH dihapus pak…🙂

  100. parto berkata:

    pengalaman kemarin lebaran sya pulang kampung sambil iseng mampir setiap2 jam sekali dan di situ saya mampir di dua mini market alfa & Indomaret untuk melepas lelah dan ternyata pelayanan di indomaret sangat memuaskan orangnya ramah ramah dan terutama tokonya kayaknya lebih terang dan sangat fres semoga sukses selalu indomaret…yau is the best

  101. rina berkata:

    kamis malam 16 oktober 2009 ,kira kira jam 21:30,sepulang kerja saya bergegas ke indomart cukir(jombang),(karna dari kemarin teh di rak dapur saya habis) saya masuk ke indomart dan langsung menuju rak tempat dimana biasa saya memperoleh teh,malam itu saya cuma mengambil satu bungkus teh seperan saya sebagai konsumen di lenyapkan..atau keramahan itu sengaja di bikin bikin.dan semua karyawan sebenarnya muak dengan kegiatan yang harus di jalaninya

  102. Iwan Setiawan berkata:

    Tawaran kerja sama untuk pendirian ALFAMART di daerah BATURAJA,

    Saya mempunyai lahan untuk mendirikan Alfamart yang lokasinya di jl terusan kabupaten BAturaja propinsi Sumatera Selatan.apabila Bapak/Ibu berminat tuk kerja sama,tolong konfirmasi ke E-mail saya.Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

  103. maulana berkata:

    ow.ow..pastinya masing-masing orang pasti punya penilaian..tapi penilaian itu tdk bisa menjadi tolak ukur secara general..apa sebabnya, toko-toko alfa maupun idm di regionnya punya karakter masing2..menurut gw pelu adanya semacam riset siapa yang paling unggul diantara 2 raksasa ritel ini,tentunya dgn kategori yg tlh ditentukan,misalnya mslh service,price,quality of product dll.dan riset/survei ini dilakukan di berbagai tempat..ramdom sampling aja, ada yg minat

    • tina berkata:

      kalau menurut q,Alfamart lebih bgus ketimbang Indomart??
      tau g knp??????
      suatu hari wktu saya blanja di indomart, saya bwa belanja”an banyak.
      saya kerepotan bwa belanja”an.Aneh melihat saya kerepotan bwa belanja”an
      pegawai indomart mlh asyik ngobrol dgn tmnnya.
      waktu transaksi pembayaran pun kasirnya asyik ngobrol,saya dicuekin gt aja.
      Akhirnya saya belanja di Alfamart,saya hoby belanja jadi toko/mini market sering ganti2.Sebelum saya bwa belanja”an banyak,salah satu karyawan tersebut menyodorkan keranjang .Dalam hati saya berkata,mgkin ini adalah perbedaan Alfamart dan Indomrt..
      saya akui kedua toko tsb memang saling bersaing.
      jdi kita sebagai konsumen harus jely memilih.
      dalam hal harga,pelayanan,kebersihan dll
      SO….,,jangan slh pilih?????

  104. lukman berkata:

    dari sekian artikel saya dpt mngmbil kalo pnlis artikel2 ini kebnykan karyawan / karyawan non aktif salah 1 minimrket tersbut, dari komntar2 tersbut banyak yang saling menjathkan, sehingga sangat tidak obyektif dengan real di lapngan, untuk masalh plyanan baik memuaskan ataupun tidak itu tergntung individu msing2, tapi yg jelas baik plyanan, harga, promosi baik a / i tdak jauh beda keduanya saling bersaing karena setiap minggu/ bahakan hari kedua ini saling cek untuk evaluasi masing2 tokonya. bagi yang sdah jelek2in salah satunya SEGERA LAH BERTOBAT KARENA PUNYAMU JUGA BELUM TENTU BAEK 100 % masih banyak yang perlu di evaluasi

  105. rakyat jelata berkata:

    hola….
    saya hanya rakyat jelata yang ingin berbagi keluhan.
    saya kurang setuju kepada penjaganya,semenjak saya perhatikan kayanya selalu sama.
    kepada alfamart&indomart saya harap tlg dikembangkan lagi karyawannya,tolong karyawannya agar lebih ramah,sopan.
    contohnya diAlfamart daerah kedaung-sepatan.
    stiap mlm para penjaganya slalu mnum2an kras shbis toko tu2p.
    TERIMA KASIH

  106. ANDY_AKT_SATGRAHAPRIMA_BEKASI berkata:

    Aku salah satu karyawan Alfamart yang berada dinaungan Branch Bekasi Jababeka,aku senang sekali,ternyata banyak sekali yang memperbincangkan perusahaan ditempat aku bekerja sekarang,baik itu
    tanggapan positif maupun negatif,kami selaku karyawan Alfamart yang berada dilapangan langsung yaitu operasional toko dituntut untuk selalu memberikan pelayanan
    yang terbaik kepada konsumen,nama kami besar (ALFAMART) memang tumbuh karena anda
    konsumen kami,dan kami akan tetap selalu berusaha melakukan yang terbaik termasuk kepuasan berbelanja dengan pelayanan terbaik kami,maka dari itu bila Anda ingin menyampaikan ide-ide,saran/kritik,keluhan,kirimkan ke alamat email pribadi saya andykampray@yahoo.co.id,atau telp. 021 93763545,nanti akan kami follow up ke Customer service kami.Terima kasih.

    Thx,
    Andy
    Alfamart Graha Prima
    Jln.Perum Graha Prima No.09
    Mangun Jaya Tambun-Bekasi

  107. Andy_anak_parung berkata:

    Aku adalah salah satu karyawan Alfamart yang berada dinaungan Branch Jababeka Bekasi.
    Aku senang sekali banyak orang yang memperbincangkan tentang perusahaan ditempat aku bekerja sekarang baik itu komentar positif maupun negatif.
    Kami selaku karyawan yang bergerak langsung dilapangan khususnya operasional team toko
    dituntut untuk selalu memberikan kepuasan berbelanja kepada konsumen dengan pelayanan terbaik yang kami berikan kepada Anda,nama kami besar, tumbuh dan
    berkembang itu karena Anda yang selalu setia kepada kami,dan kami akan selalu berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik kepada Anda berupa pelayanan untuk mewujudkan kepuasan berbelanja Anda kepada kami,dan jika Anda mempunyai saran,ide dan kritik bisa mengirimkan email ke alamat pribadi saya,andykampray@yahoo.co.id,atau telp.ke no.(021) 93763545,dan akan kami teruskan ke Customer Service kami.
    Terima kasih atas kepercayaan Anda selama ini kepada kami dan kami akan terus
    berusaha untuk selalu memberikan kepuasan berbelanja kepada Anda karena kami:
    ALFAMART “Belanja Puas,Harga Pas”.

    Thanx’s

    Andy
    Ass.KT
    Alfamart Graha Prima
    Jln.Perum Graha Prima Blok CA no.09
    Mangun Jaya Tambun Selatan – Bekasi

  108. Abdi berkata:

    Dikit Info nih…
    Perkembangan Usaha Retail Di Indonesia Sungguh sangat Pesat,Contohnya dengan ada alfa dan indomaret ini.
    tetapi di daerah saya ( kuningan ) yang mencakup wilayah tiga(cirebon,indramayu,kiningan,majalengka) alfamart masih no 1, dalam hal semuanya, Contohya : pengunjung,pelayanan dsb,
    banyak sih kary indomaret yang pindah kerja ke alfamat, tapi ga tahu apa alasnya, mungkin kerja di alfa lebih happy kali. tapi yang pasti alfamart tetap nomer hiji(no 1) dari sekian banyak ritail di indonesi.
    Hidup ALFAMART….

  109. DWI WAHYU NUR A. berkata:

    saya alfa dan indo akan membesar untuk abad ini apalagi kalau karyawan dari pribumi maka kontroversi akan terhindar

  110. URANG BOGOR berkata:

    WAAAHH…..!!!
    BANYAK YANG KOMENTAR NIH YA…
    AKU RASA SIH ALFAMART MEMANG SUDAH JADI NO.1 YA!!
    WALAUPUN SEKARANG MINIMARKET SUDAH BERKEMBANG DIMANA2 DENGAN BRAND YANG BERBEDA2,
    NAMUN TETAP ALFAMART SELALU MENJADI YG TERBAIK,CONTOH:
    1. TOKO DEKAT RUMAH
    2. PELAYANAN YANG RAMAH DAN MEMUASKAN
    3. KASIR YANG SUKA SENYUM
    4. TOKONYA BERSIH
    5. HARGANYA MURAH
    6. KADANG2 KALAU SAYA DTG KE TOKO KARYAWANNYA BURU2 KASIH TAS KERANJANG KUNING
    KE SAYA.
    YANG JELAS KALAU MAU BERBELANJA YANG AMAN,NYAMAN,MURAH,RAMAH PELAYANANNYA
    SAYA MENYARANKAN BERBELANJA AJA KE ALFAMART.

    TERIMA KASIH.

    URANG BOGOR

  111. Agus berkata:

    Gak sukanya alfa mart dan indo mart: semua orang dipanggil pak/bu kecuali anak kecil hehehe. Udah gw bilang panggil mas/kak aja, suka gak denger hehe. Jd males berasa cepet tua klo belanja di indomart/alfamart padahal penghasilan sendiri aja blm punya hehe sory to say.

  112. aQhew*storeboy berkata:

    madness blog…what is this??????
    pro kontra dimana2 dah deh yang penting dua retail tersebut sama2 dagang khan ga ngerugiin????
    anda butuh barang nah pedagang itu butuh sales penjualan…
    saia juga gawe di “A” tapi ga gitu2 banget sama aja saia kerja buat cari nafkah…
    soo please skarang sihh blanja2 aj di dua retail tsb…naekin sales toko saia nih!!!!
    buat ngejar stm ma target…whehehehehehe
    thanx before!!!!

    aQhew store*boy
    N112

  113. cewex cute dari pringsewu berkata:

    gw mo kasi suport bwt ALFAMART BANBUNG BARU (LAMPUNG)yang lagi kena fitnah dari toko laen ….., ga usah dihiraukan fitnah itu karna itu ga penting bgt.itu nunjukin kalo toko yang fitnah, ALFAMAT adalah toko yang ga punya potensi,n ga nunjukin sportifitas sama sekali.
    WE LOVE ALFAMART

  114. Edo berkata:

    Salam Sahabat…!!

    Sy mantan spv idm, yg sy rasakan selama 10th byk hal yg sy dpt dimana team & terutama pimpinan2 sy sgt care shg pd saat sy keluar dg profesionalnya mereka mengantarkan sy ke gerbang selanjutnya,tidak dipungkiri dunia kerja itu keras tp tetap puncak kejayaan pasti ada masanya…Buat pimpinan saya :
    “Bekerjalah dg cinta bila kau tidak bekerja dg cinta lebih baik kau berdiri di depan gapura sambil memint-minta p orang yg bekerja dg suka cita (By Kahlil Gibran)

    Go Competition team,

    Edo Arema

  115. vitri berkata:

    tpi knp yah skrang bnyak dmn2 alfamart taw indomaret bka dmn2 yg pdhal dah da alfamart yg lm.ntu kn wat sales jd trun,knp g ditempat yg jls2 dstu lum da minimarket,,,,,,

  116. nandra berkata:

    bagggusss APA’yyyy?????????
    SUNGGUH2 MNGECEWAKANNN…aku benci ALFAMART…
    masa beli aqua galon..d alfamart malah suruh ambil sendiri..sedangkn d indomaret aku dbawain..terutama alfa TAMAN HARAPAN BARU 2 YG 24 jam

  117. Bambang berkata:

    saya rasa tidak semua kasir indomart seperti yang anda ceritakan, dan begitu juga dengan alfamart yang anda ceritakan..mungkin itu yang anda temukan saya rasa itu tentang perorangan bukan suatu perusahaan jadi tergantung siapa yang melayani meskipun dia dialfa atau indo jika pelayannya itu orangnya kasar atau agak kurang baik ya sama saja…mau di indo atau alfa juga kecuali sebelum kerja di indo atau alfa itu harus di seleksi secra detail kesopannya dari bicaranya orang cuma di tes gitu doang teman gua juga yang di sekolahnya badung gak pernah masuk sekarang kerja di indo dan satu lagi alfa mart…

  118. Ian berkata:

    apapun yang terjadi di Alfamart….gw tetep cool ja…
    mo gimana lagi…mang disitu tempat gw nyari dolang…
    hahahah…..JAya terus Alfamart

  119. Pro-Rakyat berkata:

    Saya mengamati perkembangan keduanya, dan ada beberapa poin yang dari komentar2nya perlu digaris bawahi :
    1. I sdh 20 thn an dan A skitar 10 thn, menyebabkan jmlh toko I yang lebih banyak (sktr 300-400 toko) dri A.
    2. I memang menetapkan trend setter yang diikuti oleh A ( dgn modifikasi yang lbh baik ) – spt koment di ats “A adl follower yang cerdik”
    3. I memiliki lbh byk investor ( setahu saya skitar 1700an lebih ) dibanding A. Ini berdampak pos dan neg. (+) krn kepercayaan tinggi dr investor, tp beban yang lbh tinggi krn hrs mem”profit”kan mereka. A lbh sdkt, jd nya tanggungannya hya diri sendiri.
    4. A tampil lbh baik, krn memperbaiki kondisi yng sblmnya ada di I. Ini yg perlu dipertahankan, tp jgn lupa dri statement di atas juga terlihat I mulai “gerah” dan mulai “unjuk gigi” ke arah yang lebih dari A. Anyway, selama dalam koridor “menguntungkan konsumen”…. who cares!!
    5. Dari koment di atas, kok kelihatan internal A lebih “gak nyaman” ya? sedang I, komennya “masih baik” walau orgnya sudah keluar dr I.. Ini yang mnurut saya, bisa berdampak ke kinerja baik I atau A.. Mohon maaf, terlihat yang “membela A” lebih ke fanatisme tapi tdk mau dikritik (sayang sih!!). Hati-hati dengan gelar yang diraih, karena itu mudah hilang, aus dimakan jaman, tp kondisi internal itu langgeng dalam perusahaan..
    6. Overall, A siap berkompetisi dengan I, dan I juga sudah menggeliat mempertahankan posisinya agar tidak direbut.. mengenai lokasi, plus minus hampir sama, tergantung kedekatan dengan konsumen.. harga/pelayanan, plus minus dilihat dari komentar di atas, tergantung human recruitment nya.. franchise, I menang dari A.. Brand, A menang dari I..
    7. Kesimpulan : selama konsumen ( dan investor perlu ditambahkan juga ) bisa dibuat happy, maju terus minimarket Indonesia.. bawa kita ke tingkat persaingan global.. kalau bisa bergabung, masih ada 7-11 yg bisa membawa duit Indonesia keluar dari negeri ini..

    Salam Pro-Rakyat

  120. agung s berkata:

    menurutku sekarang indomaret lebih bagus daripada alfamart, dari pengalaman saya untuk display barang lebih banyak indomaret daripada alafamart…..karena dengan banyaknya display produk yang banyak bisa mejadikan banyak pilihan bagi konsumen….untuk pramuniaga sekarang indomaret lebih jauh dan bagus daripada alfamart….dengan pelayanannya..dimana kita waktu masuk pertama saja kita sudah di sapa..”selamat pagi pak….selamat berbelanja”…beda dengan yang ada di alfamart…konsumen datang pramuniaga cuma diem…ngomong cuma waktu pembayaran…itu saja yang melakukan cuma kasir….

  121. dolphin berkata:

    HUAAA JADI BINGUUUNG MAU KERJASAMA DGN YG MANA NEEH??????
    – COBA DPERHATIKA YA…..katanya SEMPIT TEMPATNYA…lha klo ownerny cm punya dana gk bnyk yg cukupnya untuk tempat hanya seluas itu gmn???gk bs d salahkan donk….masa gr2 ownerny gk punya modal gede nama BESAR jd kbawa jelek…sedangkan mereka merangkul sp sj yg mau bermitra dgn merk….(ya walaupun ad bts minml tuk depositnya lah)
    – PELAYANAN,ramah gak ramah sebenarnya gk bs gt ajja d salahin ke pelayananya,bs jd ownernya nyarinya buru2 jd krg mmprhatikan so seadanya aja.klo aq biasanya setiap kar baru rada pilih2 otomatis cr yg clink2 dunk,yg clink taruh d depan yg biasa2 taruh d bag blakang aja ato d prsediian barang slain tu pasti dmn aja d traning dl kan,stlh kerja pantau trus bs melalui kary lain atau mnggunakan camera cctv,atau bgmana lah bnyk ajja cara yg bs d lakukan so klo ada sesuatu pelayanan yg kurang meng-enakkan bs langsung d atasi,slain itu prlu tuh d tulis gede2,BILA PELAYAN KAMI DALAM MELAYANI ANDA TIDAK SENYUM,TIDAK RAMAH MAKA ADUKAN LNGSUNG KEKAMI DAN KAMI GRATISKAN BLANJAAN ANDA HARI INI.asal dberitahu saja yg dianggap tidak ramah dn tdk senyum terhadap pelanggan dpotong gajihnya untuk menutupi blanjaan pelanggan tersebut!d jamin dah manjur begitu,slain itunpun pelanggan jg gak bs brbohong telah dlayani dgn tidak nyaman,kan ad cctv..ato ker lain..
    -MURAH…biasa ibu2 kadang cm selisih 500perak jg d kejar…so relatif sj…hanya klo ingin lbh murah tanpa rugi mnyuplai brng jg harus tepat dn lngsg pd tempanya..ntar malah ma calo belinya kan mahaaal hehehehe lagian klo murah barang kan cepat habis dan berputar lg…drpd mahal lambat perputaranya….
    – aq jg gak suka kembalian yg tak utuh lagi,recehan bukan hal sulit jgn d jadikan alasan,krna tdk semua org setuju d kembaliin permen.aq sk nyobain blanjaa sengaja ganjil masa limaratus d kasih permen smua??kn bnyk recehan klo 25 rupiah wajar dah jarang.kbanyakan tu hanya akal2an saja tp ttp saja itu pemandagn yg buruk.aq saja kalau mmg benar2 terpaksa khabisan stok uang receh d ajarin tuh kasirnya tuk nanya ke pelangganya apa mau d ganti dgn permen atau barang lain yg seharga itu.sekecil apapun nominalnya itu tetap saja milik orang lain,klo qt memberi itu langsung tanpa memberi tahu dn ijin sm pemiliknya sama saja kita mncuri dr pellanggan.

  122. ciplak cipluk berkata:

    kkkkkkkkkkkkkkkeeeeeeeeeeeeeeeeccccccccccccccceeeeeeeeeeeeeeeeewwwwwwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaaaaa…..
    gua kecewa berat ma indomaret wilayah timur……….
    tepatnya WILAYAH JEMBER……. DEKAT RRI…
    gak tau apa nama jalannya….
    hari itu tgl 10 juni 2010, malam hari…. sekitar jam 11 malam….
    gue belanja barang uangnya kurang 1000 rupiah,, trus tak ambilin di tas,,, dan terpaksa belanjaan gua dipending, trus diserobot orang lain.. orang itu pake debit.. lama banget… kayaknya kasir masih training… sementara itu karyawan lain enak ngobrol di luar… gak merhatiin kondisi di dalam toko…
    apa ini yang namanya pelayanan…. sudah masuk gak ada tegur sapanya… pulang gak ada permohonan maaf…
    kayaknya semua team toko harus di training ulang nich… kalo perlu diganti semua….
    KALAU DI AREA PROBOLINGGO UTARA SAYA ACUNGI JEMPOL…
    semoga ini jadi bahan masukan,

  123. gelok berkata:

    Bagi yang mau Franchise … Wah mending buka toko sendiri aja lah. Rugi kalo anda memiliki waralaba keduanya. Paling2 dapet cuman 2-3% dari total penjualan bersih. Kalo anda buka sendiri anda bisa memperoleh sampai 7-10% (sudah dikurangi biaya-biaya). Perhitungan bisnis yang dibuat Indomaret dan Alfamart hanya akan menguntungkan mereka saja.
    Logika orang2 berbelanja di Indonesia memang cukup aneh menurut saya. Sering bela2in belanja hanya untuk “membeli” kenyamanan, keramahan, kemurahan, dan ke ke yang lain. Seringkali belanja itu seperti berwisata. Belanja ya belanja aja sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Mau di pasar kek, toko kecil kek, tidak perlu terkungkung dengan keindahan2 yg diperlihatkan. Jadilah pembeli yang praktis, dan kepraktisan itu bukan milik minimarket seperti Alfamart dan Indomaret saja.

    • pembela kebenaran berkata:

      indomaret di mana mana
      selalu number oneeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

      alfa mart libas abisssssssssssssss

      yes!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      kapok koen

  124. cholim uttami berkata:

    Kalau melihat antara Indomaret dan Alfamart di daerah Rembang Jateng, saya kira ada nilai lebihnya yang di Indomaret, hal sepele saja apabila dibiarkan akan berpengaruh SANGAT BESAR bagi perkembangannya, misalnya TUKANG PARKIR yang di alfamart, walaupun Rp.500/sepeda motor, si calon konsumen akan mikir dua kali untuk berbelanja di alfamart (Jl.Pemuda). mbok yao…jangan diperbolehkanlah, kalau kepengen rame customers seperti rivalnya ( Idomaret-red )

  125. pembela kebenaran berkata:

    kalau menurut saya idm dan alfa itu sama saja:
    1.bayar nbh
    2.loyalitas banayk
    3.sama sama mengunggulkan diri

    tapi kalau menurut saya,saya lebih suka indomaret.karena gak terlalu belebihan pelayanannya,gak seperti alfa selalu berlebihan,sehingga kedengarannya risih sekali.

    buat imam dan icank,kalau kamu memang karyawan alfa,yang seportif dong.jangan hanya alfa aja yang di bagus bagusin,itukan dalam segi besar coba kalau kalian instropeksi diri,kata kata kalian itu terlalu sok kebagusan aja.ingat retail yang baik pujian adalah sandungan dan kirtikan adalah sarana untuk maju.
    dan di atas langit pasti ada langit.

    aku salut dengan indomaret,banyak kritikan yang tercurahkan,tetapi di tidak gentar,dan pantang untuk mundur.
    maju terus indomaret.maju terus riteil indonesia,dan mundurlah wahai keombongan.

    sebelumya mohon maaf kepada imam dan icank.

    salam pembela kebenaran.

  126. ina harnis berkata:

    assalamualikum wr wb,,

    denger info begini jadi pengen curhat juga dan mengkritik juga tapi ngk untuk menjatuhkan kok, tenang aja,,,,,

    ngomong ngomong tentang dunia retail, jangan lupa juga ada buanyak perusahaan retail di indonesia , salah satu-nya YOMART,,,,,,

    Yang saya kenal, yomart juga perusahaan retail yang mulai berkembang, didirikan tahun 2003 dan mencoba peruntungan di dunia industri retail,,,,,,dan sampai sekarang sudah ada ratusan minimarket yang berlogo YOMART…..ya ngk terlalu banyak dibandingkan dengan indomaret dan alfamart yang sudah berdiri sejak lama,,,,,tetapi sikap profesional dan konsisten terhadap pelayanan kepada masyrakat itulah yang membuat saya mencoba peruntungan juga,,,,sikap ramah kepda costumer, komplit nya barang yang di jual dan harga yang hemat serta letak yang strategis juga menjadi pendongkrak utama sang calon RAJA,,,,,

    inti dari semuanya, jangan pernah menilai dari luarnya saja maksudnya kita juga harus mencoba dan menilai sendiri apakah benar ato tidak nya suatu perusahaan tersebut,,,,,,

    pasti seru kok, dan buanyak sekali pengalaman yang di dapat,,,,,,

    sekian saran dan info nya,,,,,

  127. Yanto berkata:

    Indomaret selalu ditempel Alfamart, begitu sebaliknya.
    Harusnya team Survey Location dari Idm n Alfa bareng2 aja nyari lokasi disatu tempat.
    Misalnya, surveyor idm dapat titik lokasi dan surveyor alfa nempelin disebelah/didepannya.
    Begitu sebaliknya.
    :-):-):-):-)
    Tp tdk mungkin lah….
    Setahu gua, team survey idm yg biasanya sudah terlebih dulu dapat titik lokasi akan menghasut warga sktr (terutama pedagan/warung rumahan) agar menolak keberadaan alfa disktrnya.
    Contoh satu dari banyak kasus serupa nih: didaerah Kec.Sobang Kab.Pandeglang, disana Idm lbh dulu ada dan setahun kemudian ditempel alfa.
    Eh… Ada penolakan dari pedagang n lsm setempat yg dimotori oleh orang2nya idm.
    Ini fakta loh.
    Ada saksi Pak Camat, Pak Lurah dan tokoh masyarakat stmpt yg akhirnya tidak mau diadu domba krn mereka diminta oleh pihak idm dgn bayaran utk menolak Alfa yg hadir belakangan.
    Mereka akhrnya mendukung pembangunan Alfamart diwil. Mrka krn akan menambah ramai kota kec.Sobang dgn adanya investor yg datang dan mrka tdk mau mengikuti kemauan pihak Idm yg mengajak/menghasut pedagang agar menolak alfa.
    Kalau anda2 semua penasaran bisa langsung tanya ke Kantor kecamatan/Desa dan semua warga di Kec.Sobang Kab.Pandeglang dan bisa juga tanya kronologisnya ke team survey/team location Alfamart.
    Nah, belum lg kasus2 serupa didaerah Banten khususnya.
    Kasus spt ini tidak terjadi jika Alfamart yg ada duluan disuatu tempat.
    Orang2 Alfamart cuek aja dgn kehadiran Indomaret yg menempel/hadir belakangan..

  128.   berkata:


    Emang bener begitu kejadiannya ya?
    Emang pihak Indomaret kaya kebakaran jenggot kalo ditempel Alfamart, malah kadang menghasut warga sktr utk menolak Alfamart yg datang belakangan.
    Di Serang – Banten emang ada yg seperti itu mas.
    Kalau pihak Alfamart yg lebih dulu dan ditempel Indomaret, pihak Alfamart biasa saja.
    Saya dari LSM diSerang – Banten banyak mengetahui team pencari lokasi dari pihak Indomaret dan Alfamart.

  129. Cemen berkata:

    Mas, ini fakta yg aku lihat di Desa Sobang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
    Saksi hidup Pak Camat dan Pak Kades yg skrg ini msh menjabat. Juga saksi dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pedagang dan LSM yg diminta pihak Indomaret untuk menolak Alfamart yg hadir belakangan.
    Pihak Indomaret yg lbh dulu ada merasa tersaingi dgn kehadiran Alfamart.
    Pihak Indomaret menjanjingan sejumlah uang bagi mereka yg sy sebutkan diatas agar menolak Alfamart.
    Tapi kenyataan dilapangan, justru para warga yg Pro dan Kontra yaitu tokoh masyarakat, pemuda dan sebagian besar warga merasa diadu domba/dihasut oleh pihak Indomaret.
    Akhirnya meraka berkumpul diaula kecamatan dan mendukung rencana pembangunan Alfamart diwilayah tsb krn mrka sepakat, urusan rezeki Allah SWT yg mengatur dan dgn adanya investor baru akan menambah ramai Kota Kecamatan tsb sangat wajar dipasar bebas dan persaingan bisnis.
    Jadi pedagang kecil, pasar tradisional, warung rumahan dan LSM yg selalu mengatas namakan/membela pedagang kecil tidak perlu khawatir dengan hadirnya Minimarket/pasar modern ditengah mereka.
    Pasar modern tidak akan pernah mematikan pasar tradisional.
    Urusan rezeki Allah yang mengatur.

  130. Cemen berkata:

    Ini fakta yg aku lihat di Desa Sobang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
    Saksi hidup Pak Camat dan Pak Kades yg skrg ini msh menjabat. Juga saksi dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pedagang dan LSM yg diminta pihak Indomaret untuk menolak Alfamart yg hadir belakangan.
    Pihak Indomaret yg lbh dulu ada merasa tersaingi dgn kehadiran Alfamart.
    Pihak Indomaret menjanjingan sejumlah uang bagi mereka yg sy sebutkan diatas agar menolak Alfamart.
    Tapi kenyataan dilapangan, justru para warga yg Pro dan Kontra yaitu tokoh masyarakat, pemuda dan sebagian besar warga merasa diadu domba/dihasut oleh pihak Indomaret.
    Akhirnya meraka berkumpul diaula kecamatan dan mendukung rencana pembangunan Alfamart diwilayah tsb krn mrka sepakat, urusan rezeki Allah SWT yg mengatur dan dgn adanya investor baru akan menambah ramai Kota Kecamatan tsb sangat wajar dipasar bebas dan persaingan bisnis.
    Jadi pedagang kecil, pasar tradisional, warung rumahan dan LSM yg selalu mengatas namakan/membela pedagang kecil tidak perlu khawatir dengan hadirnya Minimarket/pasar modern ditengah mereka.
    Pasar modern tidak akan pernah mematikan pasar tradisional.
    Urusan rezeki Allah yang mengatur!

  131. Boy berkata:


    Emang bener begitu kejadiannya ya?
    Emang pihak Indomaret kaya kebakaran jenggot kalo ditempel Alfamart, malah kadang menghasut warga sktr utk menolak Alfamart yg datang belakangan.
    Di Serang – Banten emang ada yg seperti itu mas.
    Kalau pihak Alfamart yg lebih dulu dan ditempel Indomaret, pihak Alfamart biasa saja.
    Saya dari LSM diSerang – Banten banyak mengetahui team pencari lokasi dari pihak Indomaret dan Alfamart!

  132. Boy berkata:


    Emang bener begitu kejadiannya ya?
    Emang pihak Indomaret kaya kebakaran jenggot kalo ditempel Alfamart, malah kadang menghasut warga sktr utk menolak Alfamart yg datang belakangan.
    Di Serang – Banten emang ada yg seperti itu mas.
    Kalau pihak Alfamart yg lebih dulu dan ditempel Indomaret, pihak Alfamart biasa saja.
    Saya dari LSM diSerang – Banten banyak mengetahui team pencari lokasi dari pihak Indomaret & Alfamart!

  133. Cemen berkata:

    indomaret emang kelakuannya begitu, kasak kusuk kebakaran jenggot n ngehasut warga sktr agar menolak alfamart kalau ditempel alfamart yg datang belakangan.
    pengamatan saya dibeberapa daerah, pihak alfamart cuek2 saja kalau ada indomaret yg menempel belakangan.

  134. @ji berkata:

    @all:
    To komentator yg comment’ disini agar tidak menunjukkan alamat email anda.
    Krn alamat email anda atau alamat email asal2an bisa saja dipakai utk comment diartikel/blog orang lain.
    saya pun bisa saja comment dgn mengkloneng nama anda walaupun pakai email asal.
    Alamat email kita yg mengetahui cuma pemilik artikel ini/blogger yg kita kunjungi dan kita komentari.
    Jadi, jangan menulis dan menampilkan alamat email anda dikomentar2 anda sndiri.
    Yg saya maksud disini, alamat email anda tidak dihack orang tapi hanya dipinjam/dipakai orang utk komentar2 diartikel/blog orang.

  135. cah bagus berkata:

    Sebenarnya ALFAMART sm INDOMART itu gak bersaing tp lebih membangun IMAGE sehingga semua orang akan hafal apabila ada ALFAMART pasti ada INDOMART atau sebaliknya. PESAING UTAMA mereka adalah TOKO KELONTONG & PASAR TRADISIONAL. Setelah IMAGE melekat di masyarakat dan TOKO KELONTONG serta PASAR TRADISIONAL SEPI krn org2 sdh pindah ke RITEL, maka baru di mulailah persaingan sesungguhnya. Coba kita lihat PEPSI dan COCA COLA yang menurut pandangan orang2 persaingannya lebih vulgar bahkan saling mengejek di IKLAN masing2. Sebenarnya merekapun tidak bersaing tapi membangun IMAGE juga. Pesaing utama mereka adalah produk AIR PUTIH, SUSU, KOPI, dan MINUMAN ENERGI. Contoh lagi INDOSAT sama TELKOMSEL seolah2 bersaing tapi yang punya sebagian saham sama yaitu TEMASEK. Krn TEMASEK mempunyai saham TELKOMSEL maupun INDOSAT sehingga dia dituduh mau melakukan MONOPOLI.

  136. Ahli Grounding Listrik berkata:

    Kalo saya lihat dari tadi kok pda ribut melulu ya… yang akur dong. Indomaret dan Alfamart sama-sama OK kok… Nikmati aja fasilitas yang ada. Jangan diambil pusing bro…
    Perkenalkan nama saya Arie Wisnu Wibowo.Di kesempatan ini kalo diizinkan saya hanya ingin menawarkan Kerjasama mengenai “Pemasangan & Perbaikan Grounding listrik untuk Mesin ATM” yang biasanya ada di Alfamart dan Indomaret. Saya tawarkan harga yang sangat murah dan garansi selama 1 tahun. Untuk informasi selengkapnya silakan hubungi saya di no: 021-71564437 atau 021-99635335. Saya tunggu atensinya. Terima kasih…>>>
    http://t.co/8BC284S

  137. aja berkata:

    meskipun d alfamart hargax mahal-mahal coba rasakan promo-promonya pasti hargax 50% dari harga aslix,coba aj,.sekali murah sangat murah bgt,.

  138. arif berkata:

    wah wah…! Sengsara juga ya kayaknya kalo jadi pegawai alfamart dan indomaret..??
    mendingan wirausaha sendiri aja bro lebih bebas trus hasil untungnya buat kita sendiri…

  139. affa berkata:

    gw pernah jadi karyawan alfamart tapi gw dah keluar cz ga tahan dengan kebusukan alfamart, karyawan baru hanya jadi sasaran nombok dari ulah pejabat toko,

  140. Washuri berkata:

    Saya punya lokasi bugus untuk usaha waralaba di Jl Raya Karanganyar Tegal jawa Tengah. Minta dikonrak tahunan. lebar kurang lebih 13m panjang antara 25m sangat strategis bila ada yang mau mengontrak hub hp 083867353192. Untuk mini market juga bagus. Karena penduduknya padat.

  141. dasuki berkata:

    Bersainglah secara sehat…..puaskan pelanggan , ciptakan terus lapangan kerja .
    Buat pemerintah yang menghambat perizinan penambahan toko baru berarti menghambat terciptanya lapangan kerja…..

  142. sinta berkata:

    i really love alfamart….tapi kasian juga kalo ada karyawan alfamart yg di daerah cirebon sampai kepincut sama pelanggan yg ternyata kelakuannya kayak kucing garong….hehehehe

  143. Aray berkata:

    Klo menurut w, alfa ama indo siih sama z, sama” nyiksa karyawan, gaji kecil, penuh loyalitas…
    NBH, jadi makanan tiap bulan.
    Pelayanan,harga,kasir,display barang, smwa’y sama +/-.
    Masih mao ngebanggain Perusahaan’y masing” ???

  144. nurohman rahim berkata:

    saya ga mihak siapapun yg penting baik alfamart atau indomart bisa ngangkat pengangguran di negeri tercinta kita ini

  145. Md_sawahlio2 berkata:

    Salam kenal semua ny..

    ane karyawan idmrt, alhamdulillah md

    menurut ane, A dan I itu perbedaan ny ga terlalu mencolok, baik harga maupun pelayanan.

    kalo pelayanan menurut ane mah itu dari diri dan sifat pribadi orang ny tsb, sedangkan masalah harga, kalo d indomaret setiap hari ada prodmast update harga, mungkin karna tugas lain yg menumpuk jadi belum sempat mengupdate harga baru ny, jadi terkadang terjadi perbedaan antara price tag d rak pajang dg d komputer..

    alfa punya aKU Card, indomaret juga punya indomaret card yg memiliki segudang manfaat, salah satu ny yg terbaru bisa buat bayar tol

    ane krja d toko 24jam, tapi alhamdulillah nbh kecil, cuma antara 3-20rb doang prbulan
    biar nbh kecil mah utamakan pengawasan dan sapa tiap konsumen di lorong..
    Bisa jadi dengan kita sapa, konsumen yg memiliki niat tidak baik jadi mengurungkan niat ny tsb..

    masalah gaji..
    Di indomaret alhamdulillah gaji ny cukup, walaupun kerjaan ny numpuk”
    pas ane jadi pramu, gaji ane 1,5-1,7 jt perbulan, skrg md, gaji ane 2-2,3 jt sebulan..
    Tapi ga tau dah kalo d alfamart..

    pokok ny buat indomaret n alfamart, bersainglah dengan sehat🙂

    salam fantastis !!
    Idm t981 sawah lio 2

  146. azhee berkata:

    to all;
    bagi yang suka belanja di Alfamart dan Indomaret !!
    tolong liat situasi DC tersebut saat packing barang !!
    bila anda tau psti anda berpikir lebih dalam tentang hal 2 riteil tersebut !!

    trimaksh

  147. imron berkata:

    ngapain debatin masalah yang ga da untungnya wat lo2 smua, mau bela taw ga bela tmpat kerja lo tetep aja gaji gak nambah potongan tiap bulan jalan iy kan ! keep kalem aja…

  148. henry berkata:

    dari tadi kok cuma ngongin alfa dan indo, gimana nih pemerintah bukanya ngedukung UKM , tp justru sebaliknya mematikan usaha-usaha rakyat dengan modal kecil. kalo perlu harusnya pemerintah memberikan pinjaman besar tanpa bunga supaya bisa bersaing dg alfamart dan indomaret, q yakin kalo UKM terbantu harga barang-barang yang dijual jauh lebih murah dari 2 kompetitor diatas. tapi sayangnya pemerintah tak melihat sampai situ, bahwa sebenarnya keberadaan minimarket hanya akan mematikan UKM milik rakyat. kasihan nasib rakyat yang hanya membuka usahanya dg modal kecil harus tersingkir.

  149. panji berkata:

    hello gue gk salah baca ney??
    Pelayanan antara alfa vs idm..
    Lebih bagus idm lah,,
    alfa mah cuma ikut” d0ank,
    kasir’a jg jutex bgd,pernah suatu hari gue belanja d alfa dg uang 50rb beli minuman frestea..tau gk jwban see kasir apa “mba gk da uang kcl’a? Gk ada lg mba,trz gmana mba,sy haus bgd,
    kasir* gk jd jg gpp..
    Gila,customer lg k’hausan mlh nyruh gk ush beli..
    D tambah lg kalo gue belanja d alfa gk pernah dapet sapaan,
    beda bgd kalo belanja d idm..
    Kasir’a ramah”..

  150. Yoga Aji Kusuma berkata:

    Alfamart adalah Perusahaan semut gatel…latah & tidak punya jati diri.
    Indomaret tidak seperti yang ada di atas…
    Mari bersaing dengan sehat….,Penghargaan adalah bukti nyata dari kualitas.

  151. haiahai berkata:

    normatif aja lah.mungkin klo pelayananya indo ma alfa bermasalah lagi ada masalah tuh ma pacarnya
    mukanya bawaannya maram, surem , gak enak lah hehehehehe

  152. david berkata:

    Assalamualakum,
    Semua pada ngomongin I & A. kalian tidak kasihan pada pedagang kecil d sekitar Mart2 yg terus berdiri. kalo 1 I ato A berdiri d sekitar 100 pedagang kelontong, berapa rupiah tuh yg d grab ma I & A tiap hari. pedagang kelontong tidak mungkin bisa ngikuti “persaingan sehat I & A”. karena mereka mendapatkan kredit panjang, program2 selling dari pabrikan, sedangkan pedagang kelontong hanya bersaing ala kadarnya, tahun depan masih buka aja syukur. belum lagi kalo kalian semua tahu market, berapa banyak tuh harga barang2 pabrikan harganya d hancurkan oleh oknum2 alfamart yang mengatasnamakan target. so.. please.. bijak melihat market.

  153. Shofian Nova E berkata:

    Assalaimualaikum,
    Salam Damai…

    (A) dan (I) memang bisnis ritel yang sangat menjamur di Indonesia, Keberadaan lokasi dan tempatnya yang bersih menjadi preferensi masyarakat. Pelayanannya juga memuaskan. Dalam hal ini konsumen diuntungkan, tetapi dilain pihak banyak juga yang dirugikan terutama para pedagang kelontong di daerah yang disinggahi (A) dan (I) tersebut. Bagai mana bisa memajukan perkonomian di masing-masing daerah jika omset dari pendapatan (A) dan (I) justru keluar. Makanya alangkah lebih baik jika kita yang berperan sebagai konsumen ikut memajukan perekonomian daerah dengan membeli kebutuhan sehari-hari di Pedagang Kelontong.
    Bagaimana pedagang kelontong bisa mempertahankan eksistensinya jika tidak adanya dukungan kebijakan dari pemerintah daerah setempat….

  154. untung bs berkata:

    indomart & alfamart sama2 g jelas jam kerjanya
    yg betah lama di A/I bisa disurvey pasti punya hutang diluaran atw gak punya hutang di perusahaanx sendiri

    yang aman yang pemegang kemudi di kantornya…gak kena potongan gaji karna barang kadaluarsa dsbg..jam kerjax jelas…sesuai UU no 13/2003 pasal 77 ayat 1
    tpi yg ditokonya sendiri kerja gotong royong jam lembur gak jelas..backup jdi security lge…hahahaahaa kasihaann kasihhaann …toko dirampok kitanya yang suruh gantii haaa guoblok kerjo nag A/I

  155. mas bro berkata:

    alfamart…..bekerja keras harga pas…clotehan karyawanya

    denger denger gaji karywan indomart untuk pertama kali masuk kisaran 1.3 itu untuk ump daerah yang paling rendah, sedangkan di kota besar nyampe 2.2 belum termasuk lemburan,ada jamsostek,dplk,tunjangan kesehatan,anak,istri melahirkan dll

  156. syifa berkata:

    saya ingin memberikan satu koreksi bahwa banyak sekali kasus pencurian di minimarket yg sering terjadi didaerah saya(bandung),kurangnya pengamanan alias security saran saya setiap minimarket wajib mempunyai security min.1 orang demi menjaga keselamatan dan kenyamanan konsumen maupun pegawai/staff.

  157. ebh berkata:

    ass..

    saya salah satu karyawan di antara 2 mini market tsb. tp maaf tak bisa memberitaukan yg mana. dan saya punya byk tmn di 2 minimrket tsb. jd saya bisa memberi sedikit gambaran tntang kelebihan dan kekurangan di 2 minimarket tsb.

    indmaret :
    keuntungan :
    – jenjang karir pasti dan menguntungkan
    – gaji (diwilayah umr kecil) dpt mmberikan di atas umr dan insentif lumayan (cnth cab yogjakarta)
    – byk tunjangan
    – kontrak panjang (bagi yg niat kerja)
    – karyawan lebih berkualitas (karena tuntutan kerja yg tinggi hampir sempurna)

    kekurangan :
    – masih dengan sistem kontrak tahan ijazah
    – sistim kantor yang selalu baru dan membuat pusing karyawan toko ( karena ingin karyawan toko lebih berkualitas dan jujur)
    – 1 shift 3 karyawan toko max,min 2 karyawan ( dari sini trlihat ke unggulan karyawan )
    – kerja di hari raya/tgl merah

    Alfamart :
    keunggulan :
    – jenjang karir pasti
    – sistim toko yg mudah
    – 1 shift max 4 karyawan, min 3 karyawan (kerja lebih ringan)
    – tidak banyak tuntutan kerja yg tinggi
    – berani berada dekat di pesaing ( idm)
    – kontrak kerja tidak menahan ijazah

    kekurangan :
    – gaji pasti mengikuti umr yg rendah,insentif sedikit
    – kualitas karyawan mayoritas di bawah pesaing (idm)
    – kerja di hari raya/tgl merah

    itu sebagian penilaian dr pengamatan saya selama ini, saya tidak membela salah 1 minimarket tsb karena saya masuk di dunia ritel jg karena tuntutan hidup( bisa di bilang terpaksa) tp poin besar yg saya cari adalah jenjang karir di kedua minimarket ini pasti dan cerah. dan tidak mustahil dr awal karyawan toko bisa menjadi pimpinan cabang semua itu trgantung usaha kita,waktu dan doa.
    berbahagialah bagi karyawan di dunia ritel dengan niat,tekad dan semangat tinggi karena rejeki kalian sangatlah besar disini. jangan malu bekerja apapun yg terpenting hasil akhir dr usahamu. ingat pepatah : Berakit-rakit dahulu berenang-renang ketepian ,bersakit dahulu bersenang kemudian.

    Salam dunia ritel, Salam Sukses, dan Salam semangat !

    wass…..
    eb.

  158. ebh berkata:

    saya ingin menambahkan sedikit soal NBH ( nota barang hilang), NKL (nota kurang lebih)
    sebetulnya hal ini bisa di atasi semua tergantung sistim kantor dan cara kerja karyawan.
    jadi soal NBH dan NKL itu bisa di atasi di toko itu semua tergantung kepala toko,ass ka,Md,kasir dan pramuniaga. kalau semua karyawan toko serius dalam mengelola mulai dar pramu(PM) dgn display rapi,pas bersih dan pengawasan oke,kasir dgn kasiran sempurna tdk variance dan minus, Md,ass,k.a toko dgn kerja mereka mngatur segala keadaan toko mulai dr barang hingga kerja tiap personil dan yg penting SO yg tepat pasti NBH dan NKL dapat di atasi. karna hal itu terjadi karena kelalaian personil dlm pengawasa.,penjualan,dan perhitungan .
    karena hal” itu membuat karyawan kantor lebih teliti lagi sehingga membuat sistim baru untuk mengatasi itu tp sering sistim tak mendukung karyawan toko karna membuat pusing . karna antara toko dan kantor sama” gak mau rugi.

    barang toko adalah tanggung jawab toko jd toko gak mau rugi dan harus byk akalnya cth : jika brg minus ya di clop in aja sama barang lebih. sehingga dgn keadaan seperti ini membuat kantor atau persahaan rugi bahkan kehilangan suplier. makanya karyawan kantor membuat sistim yg lebih sempurna, tp tidak di pungkiri bisa jd karyawan kantor yg nakal atau bisa salah dlm pengadaan sistim itu.

    jadi menurut saya kekurangan di dunia ritel di indonesia hanya ini. tidak fleksibel sistimnya bagi karyawan toko dan kantor.
    yang k. toko pusing dlm pengurusan penjualan toko dgn menghadapi sejuta custemer dgn kriteria berbeda dan k. kantor yg tidak mau tau apa yg di hadapi di toko dan sering mamandang k.toko nakal.

    mungkin ada tanggapan saran atau kritik dr pendapat saya,silahkan karena saya menyadari cara pandang dan pikir setiap orang itu berbeda.

    maaf jika ada salah kata dan terima kasih.

  159. anggoroangg berkata:

    Retail Loyalitas tanpa batas…
    sama aja mau alfa atau indomaret… system kerjanya sama2 nekan karyawan, bukan dari perusahaannya tapi atasan2nya. atasan yg diluar system toko = korwil,area manager, deputi akan mendapatkan bonus jalan2 juara 1 ke jepang, juara 2 ke singapura, juara 3 ke bali plus bonus insentif uang. (hanya sebagian anak toko yg tau hal ini. krena emang of the record). nah demi mendapatkan sejumlah bonus itu. tanpa perasaan mereka menindas anak toko. tidak jarang demi target anak toko disuruh tutup lebih malem. di suruh longsift. barang rusak (padahal gak tau rusak dari gudang apa yh ngerusakin konsumen) anak toko yg disuruh bayarin. NBH (nota barang hilang) tidak boleh pake sistem potong gaji, tapi suruh di bayar di muka. ini semua demi ferformance atasan2 mereka yg di luar toko

  160. netral berkata:

    kabeh usahane dewe2 jenenge wong golek pangan leng halal upayane pie wes ben tekke wae.. yo nak ra butuh y jo tuku neng toko alfamart po indomaret.tukuo nang warung.gitu adj kok repot gan..

  161. aril berkata:

    kalau saya sebagai konsumen, saya lebih memilih A karena pelayanannya sangat menyenangkan di berbagai gerai malang daripada I, selain itu promo2nya selalu menarik dan berjalan cuma terkadang stock barang yg d promoin habis, kalo I beda lagi, sekarang ucapan ramah itu smakin pudar, konsumen datang sering didiemin ato jarang d sapa, dan ntah kenapa bbrapa gerai I banyak yg d tutup d daerahku ini.

  162. putri berkata:

    saya baru saja belanja di indomaret dekat rumah, dijogja, cuma beli alkohol sama spons cuci piring, setelah ke kasir dan bayar saya cek struk, harga alkohol yg tertera di rak 16.900 sedangkan di struk tertera 20.900. Saya pun protes, dan cuma ditanggapi dengan menambah uang kembalian 4000 rupiah, tidak ada kata maaf atau pun penjelasan. saya sudah 2 kali mengalami ini di indomaret yg sama dalam bulan yg sama. semoga konsumen dapat lebih jeli.

  163. kidiw berkata:

    indomart atau Alfa mart saya pernah bahkan sering belanja di dua toko tsb dab mereka punya kelebihan sama kekurangan di masing-masing di setiap toko
    kalo misalkan kasir sama pelayanan nya kurang baik judes lah kurang senyum lah atau apa,ingget!!Mereka manusia bukan robot yg bisa di atur semau kita sebagai konsumen mereka juga punya mood nya masing-masing,yang penting barang yang mau di beli ada.

  164. Fitri berkata:

    Kalau gue pernah dikecewakan sama keduanya
    cabang di kota kecil jawa timur
    1. Di “I” gue beli susu Low Fat , Ditulisan rak tertera Promo 18000. gue seneng dong lhawong biasanya 23000 , lumayan hemat 5000 . tapi waktu ke kasir kok notanya tetep 23000 ya.. yaudah gue protes dong, dengan wajah agak bete si kasir menuju rak trs kmbali dan blang “tanggalnya sdh habis mbak”.
    Sumpah kesel banget, kok jadi nyalahin gue.
    2. Di “A” Pelayanan ramah its Ok. Tapi waktu ke kasir, Mukanya judes, udah gitu barang yg gue pegang langsung diambil , dia juga gak merhatiin gue, dia malah ngobrol sama temennya, gimana sih, udah gitu parahnya gak di kasih kantong kresek.
    apa iya Cust harus minta kyk di toko kelontong?

  165. Isnen berkata:

    Sy pelanggan alfamart tetapi malam ini 10 Aug 2016 sy terus terang kecewa dengan alfamart karna kecurangan kasir yg sering dengar di (I) ternyata dialami sy di (A). Kasir tetsebut mngkin merasa sy tidak memperhatikan kecurangan yg dilakukannya sampai akhirnya sy komplain dan kasir mendelete kelebihan item dan hanya “minta maaf” suatu ucapan yg mujarab untuk mengkoreksi kesalahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s