Review Buku Kisah Suskes Google

Apa webite yang biasa pertama anda buka saat berselancar di internet? Kemana anda pergi pertama kali unutk mulai mencari sesuatu di internet? Mungkin jawabannya akan bervariasi. Tapi dari beberapa variasi itu, saya yakin dominasi akan merujuk google sebagai jawaban.

Siapa peselancar internet yang tidak tahu google. Google adalah mesin pencari internet yang paling populer saat ini. Popularitas tersebut tentunya dicapai dengan kualitas dan layanan yang baik. Dalam usia yang masih sangat muda, perusahaan ini menjadi sihir yang sangat mengesankan. Berawal dari inovasi dalam pikiran kemudian diimplementasikan dengan melalaui banyak hambatan dan tantangan, akhirnya google menjadi besar.

Buku Kisah Sukses Google menceritakan bagaimana google mulai lahir, tumbuh, belajar dan akhirnya besar seperti sekarang. Buku ini ditulis dengan sangat baik dan mengesankan. Akan kentara penulis mana yang bisa menulis dengan baik dengan penulis yang kurang baik. Vise dan Malseed merepresentasikan bagaiman penulis yang menulis dengan baik. Sejak pertama membaca pendahuluan, pembaca akan segan untuk berhenti membaca. Tak heran karena Vise adalah penulis yang pernah mendapat Pulitzer award.

Google adalah sebuah kisah yang akan menjadi legenda. Google berdiri dari dua anak muda, Larry Page dan Sergey Brin dengan kombinasi karakter unik yang mereka miliki. Muda, jenius, kreatif , inovatif, eksentrik dan ambisius (tapi yang konstruktif). Google lahir kekecewaan Sergey dan Page pada sulitnya mencari informasi di internet di masa sebelum ada google. Internet adalah rimba informasi yang luar biasa. Namun, tanpa adanya sebuah mesin pencari yang baik, orang tidak akan pernah dapat menenmukan informasi yang diperlukan dalam rimba tersebut. Internet tidak akan berguna bila tidak ada informasi yang bisa dicari dan dimanfaatkan. Inilah kenyataan yang harus dihadapi orang-orang di masa sebelum google lahir.

Dari kekecewaan tersebut, Brin dan Page mulai mengembangkan suatu algoritma pencarian yang lebih baik. Melalui proses waktu akhirnya algoritma tersebut berhasil dikembangkan dan diimplementasikan secara perlahan. Pada awalnya Brin dan Page tidak pernah memiliki pikiran untuk mengembangkan perusahaan sendiri. Karena itu, pada awalnya, algoritma pencarian yang mereka kembangkan tersebut justru ditawarkan pada perusahaan-perusahaan lain. Pada waktu itu mereka mencoba memberikan tawaran pada Yahoo dan Altavista. Tentu saja, penolakan yang mereka dapatkan. Tapi justru inilah yang menjadi berkah. Dari penolakan-penolakan tersebut, akhirnya dua sahabat ini memutuskan untuk menggunakan algoritma mereka di perusahaan yang mereka bangun sendiri. Dari sinilah google lahir.

Google pada awalnya hidup dengan kondisi terseok-seok. Google pun sebetulnya lahir dari suntikan dana yang hanya berbasis kepercayaan. Keadaan mulai berubah drastis saat google mulai menggunakan iklan sebagai lahan pemasukan uang. Google pun akhirnya berkembang dengan sangat pesat. Pemasukan yang terus bertambah juga diiringi dengan inovasi-inovasi yang tidak pernah berhenti membuat Google menajdi perusahaan yang sangat cepat berkembang.

Demikianlah dengan niat dan diikuti aksi nyata segala sesuatunya pasti mungkin. Jika Page dan Brin bisa, mengapa kita tidak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s