Fenomena Seminar Gratis

Sesuatu disebut fenomena saat kemunculannya tidak berlangsung secara biasa dan cenderung bersifat masal diikuti oleh orang-orang lain. Seperti free seminar ini. Ia tidak berlangsung csecara biasa karena sifatnya yang free. Kemunculannya pun ternyata tidak satu dua saja, tetapi berturut-turut beberapa penyelenggara mengadakan seminar tersebut. Belum lagi lokasi pelaksanaannya yang rata-rata dilakukan di hotel berbintang. Kesamaan lainnya, tema seminar biasanya seputar pendidikan finansial dan investasi. Tidak percaya? Buka saja kompas bulan-bulan berjalan dan lihatlah iklan-iklan free seminar di beberapa pojokan koran.

Masalah finansial dan investasi nampak menjadi tren yang mulai menarik perhatian masyarakat. Tren ini ternyata tidak disia-siakan yang oleh pelaku kursus atau lembaga pendidikan finansial atau investasi. Ramainya tren tadi merupakan momen yang tepat bagi pemasaran produk pendidikan finansial yang mereka bawa.

Ciri-ciri pelaksanaan seminar cukup seragam. Diawali dengan pengetahuan umum seputar tema seminar. Diantaranya ada yang mengangkat seputar perdagangan forex, trading di pasar saham, masalah adsense di google dan produk-produk investasi serta finansial lainnya. Tapi di bagian penghujung seminar barulah dipromosikan produk yang ditawarkan penyelenggara yang biasanya berupa paket kursus atau pelatihan. Salah satu seminbar yang pernah saya ikuti dapat dilihat disini.

Kehadiran free seminar tadi tidak hal yang buruk. Bahkan merupakan kesempatan belajar yang baik bagi masyarakat. Hanya saja, pelaksanaan seminar yang beriringan dengan promosi produk pelatihan terkadang membuat objektivitas materi perlu benar-benar dikritisi. Tidak sepenuhnya metri-materi yang dibawakan salah, tetapi peserta harus benar-benar mempu kritis menghadapi promosi yang ditawarkan penyelenggara agar kelak tidak menyesal setelah membayar biaya kursus yang rata-rata tidaklah terlalu murah.

Satu respons untuk “Fenomena Seminar Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s