How to be a rich man

Setelah hidup selama 21 tahun, nonton tv, baca koran, menjelajah internet, dengar radio dan beriteraksi dengan orang lain, saya pun mencatat beberapa cara untuk menjadi orang kaya. Ternyata, kaya itu mudah, asalkan kuat kemauannya. Inilah daftar beberapa cara untuk menjadi orang kaya.

Jadi penulis buku. Semua tahu kan JK Rowling. Ia adalah salah satu contohnya.

 Jadi bintang film. Agak sulit. Sebab kita harus mau berbuat norak, karena film Indonesia semuanya norak dan harus memiliki standar muka superganteng atau superjelek sekalian. Untuk people who stand between, agak sulit. Kecuali punya koneksi produser film atau punya talenta khusus, seperti makan beling.

 Jadi olahragawan. Tapi di Indonesia tetap aja susah. Main bola gak berhenti-berhenti bikin rusuh. Bukan Cuma penonton, terkadang pemainnya juga sama noraknya. Jadi pembalap? Balap karung sih iya.

 Jadi bintang rock atau pop. Bikin musik bagus dan harus NORAK. Sebab justru kalau musik yang benar-benar bagus yang dibuat malah nggak akan laku di Indonesia. Kalau mengejarnya idealisme, bikinlah yang sebagus mungkin, namun jangan sedih jika kasetnya kurang laku.

 Jadi ilmuan jenius. Tapi mengabdinya jangan dengan bangsa sendiri. Susah majunya. Mengabdilah pada bangsa lain yang lebih menghargai peran ilmuan. Itu jika mengejar kekayaan. Jika ingin mengejar idealisme dengan rasa nasionalisme yang super tinggi, siap-siap aja jadi miskin.

 Jadi pengusaha. Ini adalah salah satu jalan terefektif menjadi kaya. Just the question is, How to begin?

 

To be continued…

5 respons untuk ‘How to be a rich man

  1. farid rachman berkata:

    Haloo… pa kabar
    Pak Jon kapan dong main-main ke SMKN26 lagi tolong ajarin kita semua dong termasuk saya mengenai pembuatan software atau yang lainnya deh ????!!!!???!?!?
    (n.n)
    ( v ) Thanks ya??!!!

  2. baladewa berkata:

    kalo menurutt gw sih mendingan jadi pengusaha, lalu nanam modal di banyak perusahaan, dan kita tinggal uncang-uncang kaki deh nunggu duit hasil untung dari perusahaan tersebut malah2 bisa pensi umur muda kalo gitu , ia gak om john kaya BILL GATES ANG SEKARANG DAN ROBERT KIYOSAKI

  3. lamida berkata:

    To Farid:
    Segera Insya Allah kalo sempet.
    Jelajahi aja internet terus latihan coding terus-terusan, pasti nanti bakal mahir dengan sendirinya.

    To Baladewa:
    Ok juga.

  4. muhammad arif zainahar berkata:

    jadi orang kaya ya usaha lah………………………………. tidak ada orang kaya yang barasal dari bermimpi dan menajdi pengumbar kata2 manis di tempat2 yang ga tepat sep. (warung, kedai nasi, dan pangkalan ojeg)

  5. URIF HIDAYAT berkata:

    kalao menrt gw sih…..
    pengen kaya cukup jadi penulis. penulis kaya seperti JK Rowling. atau, Andrea Hirata, etc. tapi, jadi penulis yang profesional. jangan asal tulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s