Last Note for PPL

Wah sudah cukup lama juga tidak bertemu yah. Bukan lupa loh, tapi ada cukup banyak hal yang benar-benar harus dikerjakan pada bulan-bulan lalu. Ini mungkin semacam catatan akhir dari PPL yang saya jalani hampir selam 4 bulan di SMKN 26.  Ini saya dedikasikan khususnya untuk kelas 2 TKJ (dulu kelas 1 TKJ, pada naik kelas semua kan?).

Hal terakhir yang menjadi bahan evaluasi setelah kegiatan training how to teach (PPL) kemarin adalah angket yang sempat saya sebar. Terima kasih sekali sangat membangun semua kritik dan masukannya, walaupun agak tajam juga. Semoga bisa membuat saya lebih baik dari sebelumnya. Sebab kritik dan masukan yang tepatlah yang bisa mengembangkan kita.

Oh ya, setelah PPL kemarin saya sempat mengikuti beberapa kegiatan. Pertama, sekitar akhir juli saya ke Bandar Lampung untuk mengikuti Lomba Aplied Programming Contest for Problem Solving di Universitas Lampung, Bandar Lampung, mewakili UNJ. Sayang sekali, mungkin karena persiapan yang kurang mantap saya masih juga belum bisa menang. Padahal peluangnya cukup besar. Mengobati rasa kekalahan tersebut, saya mengikuti acara dadakan (tidak saya rencanakan sebelumnya) lomba hacking di Bandar Lampung juga. Strorynya di sini. Keren loh pengalamannya meskipun lagi, kalah.

Setelah kalah di lomba hacking Bandar Lampung, saya langsung bertekad untuk ikut yang di Jakarta. Storynya di sini. Peluangnya padahal jauh lebih besar. Namun belum diijinkan juga untuk menang. Terakhir sih tadi baru saja membuka pengumuman untuk kontes terakhir yang saya sudah kirimi proposal. Cuma sayang hanya masuk 10 besar. Padahal jika lolos 5 besar saya bisa masuk final. Storynya di sini.

Bosen yah, gak papa kan lagi pengen curhat aja ke my brother and sister di sana. Kalau sekarang sih sedang mempersiapkan proposal untuk research program ke luar negeri gitu. Minta doanya aja. Oh ya, saya gak jadi lulus semester 8 ini ternyata (wisuda bulan september) tapi saya tunda hingga Maret 2008. Ada beberapa hal yang masih harus saya kerjakan di kampus.

Oke, itu sedikit curhat. Berikut ini mungkin ada sedikit wejangan, alah, yah masukan gitu kalau nggak mau dibilang sebagai nasehat. Sekarang kalian sudah kelas 2 kan ya? Tentunya tantangan belajarnya juga agak sedikit lebih berat. Meskipun tidak selalu sempurna, saya harap kalian bisa tetap menghormati guru-guru di sekolah bagaimana adanya. Selain itu harus proaktif juga mencari sumber-sumber belajar lain. Diskusi dengan teman, beli buku atau yang paling gampang cari bahan di Internet.

Kelas 2 ini kan sudah belajar jaringan ya? Topik yang agak berat memang, tapi sangat mungkin untuk dikuasai. Saran saya, pertama pahami betul konsep dasar jaringan secara umum, pahami konsep IP address, sebab ini sangat mendasar, kalau perlu belajar juga ipv6 addressing, meski belum terlalu meluas dipakai, ini akan menjadi standar di masa depan. Nah untuk masalah sistem operasi, saya sangat menganjurkan pelajarilah secara mendalam salah satu varian Unix (linux). Kuasai dengan semaksimal mungkin, jika ini sudah dicapai langkah akan menjadi lebih mudah nantinya. Bicara jaringan sangat erat dengan dunia Linux. Sebagian besar infrastruktur internet dibangun oleh si Pinguin ini. Bukan berarti windows jelek, tapi ada banyak kemudahan yang ditawarkan linux, meski untuk ke sana kita harus mau bersusah-susah dulu. Kalau kesulitan memperoleh distro Linux, kalian mendapat dengan mudah, salah satunya dari majalah infolinux yang terbit setiap bulan. Harganya memang 30.000 tapi sesuai dengan isinya. Lalu topik yang sekarang hangat mungkin seputar wireless networking. Jadi sebelum diajarkan akan lebih baik bisa mencari-cari bahan duluan.

Nah nanti kalau punya cukup uang, syukur-syukur bisa ikutan sertifikasi di Cisco. Ilmunya dan bekalnya sangat bermanfaat meski harus dibayar dengan harga yang agak mahal. Dan yang tidak terlupa juga, untuk yang masih belum punya komputer di rumah, mulai nabung lah. Agak sulit berkembang jika tidak punya perangkat tersebut secara pribadi. Sekarang harganya semakin turun kok. Syukur-syukur bisa langsung beli laptop.

Pokoknya manfaatkan betul masa-masa belajar di sekolah. Jangan menyia-nyiakan waktu. Kalau bisa aktif di organisasi. Ikut olahraga, jangan stagnan lah. Proaktif. Hal utama lain yang mungkin jadi saran terakhir kali ini, jadilah manusia yang punya cita-cita. Mumpung kalian masih cukup muda, deskripsikanlah  segala keinginan kalian untuk masa depan. Tuliskanlah, tempel di kamar, dan tuliskan juga langkah-langkah untuk merealisasikannya. Jangan menjadi orang yang terombang-ambing tidak punya tujuan. Hidup terlalu berharga untuk disia-siakan seperti itu.

Mungkin hanya itu untuk kali ini. Saya yakin masih ada banyak kesempatan untuk kita bisa bertemu. Kontak aja kalau ada hal yang ingin didiskusikan atau dishare. Yang di atas Cuma curahan pemikiran saya saja. Boleh diterima, boleh tidak.

 

3 respons untuk ‘Last Note for PPL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s