Share: Panhac National Hacking Competition 2007 Bandar Lampung

Sebenarnya keikutsertaan saya pada panhac di bandar lampung tidak terjadwalkan sebelunya. Hanya saja karena saya menjadi peserta lomba aplied programming yang menjadi bagian kegiatna PIMNAS, saya mendapat kesempatan untuk join Panhac dengan free tiket. Lumayanlah kalau beli kan 50.000. Trus ini juga b isa menjadi ancang-ancang untuk membaca medan dan mengetahui seperti apa sih hacking kompetition itu. Dengan bekal tersebut, siapa tahu saya bisa menggondol laptop untuk kontes di Jakarta yang akan dilaksanakan tanggal 1 Agustus 2007. Oke berikut ini adalah strory lengkap pelaksanaan Panhac di Lampung. Semoga saja bisa menjadi masukan untuk temen-temen di makasar atau jakarta yang pengen join juga.

Di Bandar Lampung Panhac dilaksanakan di Perpusatakaan Unila. Seperti di kota-kota sebelumnya, panitia menyediakan tempat untuk 110 peserta. Namun entah mengapa untuk di lampung, hingga kontes dimulai hanya ada sekitar 70 peserta. Sama seperti di kota-kota sebelumnya juga, seluruh kontestan akan memperebutkan posisi juara untuk memperoleh hadiah utama laptop acer aspire 5010 (kalo gak salah).

Sebelum lanjut, saya pengen sharing background keahlian saya dulu berkaitan dengan dunia hacking-hackingan. Saya buta total dengan hal-hal tersebut. Saya user windowz sejati yang sudah sangat sulit dberisah dengannya. Kenal sih sedikit dengan Linux. Di Laptop juga terinstal fedora kok, Cuma jarang dijamah (kasian). Buta tentang networking juga. Tau dikit sih kalau ip address itu ada kelas-kelasnya, tapi nggak ngerti detailnya. Bisa dikit-dikit sok-sok ngeping dan baru kenalan dengan yang namanya nmap 2 hari sebelum panhac. Intinya saya ini orang bloon dan katrok serta kacrut yang join panhac demi motivasi makan siang dan kaos ijo yang lumayan keren J. Nggak deh, yah seperti yang udah disebutin di atas buat persiapan join kontes yang di jakarta ajah.

Oke balik lagi ke penyelenggaraan kontes. Menurut jadwal, kegiatan dimulai pukul 12.00. Namun menunggu registrasi dan para peserta yang sholat, acara baru mulai sekitar jam 12.30. Lumayan ngeri juga sih melihat tampang peserta-peserta lain yang udah mirip pinguin semua (linux geek). Ah still yakin ajah sambil nginget-nginget langkah-langkah ngehack yang gue baca dari ebook-ebook semalam sebelumnya.

Tugas yang harus dilakukan peserta adalah merebut 5 file gambar pada server yang ada di ruangan lomba. Buat hacker kelas atas tentunya ini sangat mudah. Buat newbie kampungan bisa bikin kepala pusing. Sebelum lomba dimulai ada beberapa basa-basi pembukaan dari panitia dan sponsor. Bertindak sebagai pengarah acara adalah Michael Sugiardi (sory mas kalo spellnya salah). Kalau sering baca InfoLinux pasti gak bakal asing. Jurinya ada tiga orang tapi yang gue inget Dani Firmansyah doang. Konsultan sekuriti sama si eks penjebol web KPU sewaktu pemilu lalu. Ketiga juri inilah yang akan memantau semua kativitas peserta dalam memenuhi tugas yang diberikan untuk kemudian ditentukan pemenangnya.

Setelah segala basa-basi tadi, tepat pukul 14.00 kontes dimulai. Dengan diiringi jedag jedug lagunya safri duo semua peserta dengan kaos ijo-ijo bonus dari panitia langsung menunjukan kebolehannya masing-masing dengan fasilitas laptop yang disediakan panitia. Demikian pula dengan gue Langsung saja gue buka direktori windowz untuk melihat tool-tool apa saja yangsudah disediakan panitia. Ada metasploit, ada ini ada itu, gak ada satu pun yang gue tahu fungsinya yah iya lah, newbie kacrut gituh). Kemudian gue colokin aja flashdisk dengan tool-tool yang udeh gue download sebelumnya. Langsung gue install nmap, wireshark, putty sama apa lagi gue lupa. Setelah semua terinstal dengan membaca bismillah langsung saja gue jalannin nmap untuk memulai proses scanning ip yang idup. Jreeng ….bla…bla… cannot find eth0… dari commnad prompt kelurlah kira-kira pesan tadi. Artinya nmapnya gak bisa dipake. Nah loh. Gimana caranya gue bisa ngscan ip yang aktif. Beberapa kali gue coba-coba terus tapi gak berhasil juga. Wah kacau juga. Pelan-pelan gue intip aja peserta sebelah gue. Dia pake superscan. Entah fungsinya apa tanpa ba bi bu, langsung gue download aja software tsb dari internet. Setelah dapet langsung instal. Setelah diinstal tiba-tiba gue bingung makenya. Yaw dah gak terasa jam pun bergerak cepat menuju pukul 15.00. Di tengah-tengah perjalanan lomba panitia pun sedikit memberikan clue-clue mengkin agar peserta dapat lebih cepat menemukan target.

Tepat pukul 15.00 kontes di stop. Akhirnya panitia mengumumkan jalannya kontes tadi. Jadi hanya dua peserta yang berhasil masuk ke server yang seharusnya. Ada satu peserta yang sempat masuk namun keluar lagi. Dan dari dua peserta tadi hanya diambil yang berhasil masuk dengan waktu paling cepat. Namanya adalah Sampurna bla..bla.. (gue lupa) yang satu lagi bernama Dwi Saketi (ini juri gue sewaktu lomba aplied programming hari sebelumnya, jelas aja menang). Jadi dua orang ini akan masuk ke final di jakarta untuk memperebutkan acer ferari 1005. Wuih keren! Yaw dah sih sampurna bla..bla langsung dibungkusin laptop oleh panitia, sementara peserta lain Cuma ngebungkus ilernya masing-masing. Oke lah paling nggak gue udah tau suasana kontesnya, jadi mudah-mudahan bisa lebih prepare saat di jakarta.

 

6 respons untuk ‘Share: Panhac National Hacking Competition 2007 Bandar Lampung

  1. Djaya berkata:

    Mas Lamida, Dwi Sakethi itu Dosen FMIPA UNILA dan dia skrg menjabat sebagai Direkturnya Linux Lampung, Beliau emang suka oprek Linux. Waktu Lomba di UNILA awalnya saya sudah hopeless, karena mas YUDIS yg duduk di sebelah gue cerita kalo yg duduk di baris depan adalah peserta dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja dll. Termasuk temen gue Boerz (si juara 1 panhac online 2007), dia duduk baris paling depan di ujung sebelah kiri…he..he..
    Gue banyak belajar hacking online sama dia ..

    Salam
    Djaya

  2. lamida berkata:

    To Tamax:

    Boleh, kita saling belajar aja. dendam gue masak dua kali ikut, di lampung dan Jakarta masih gak menang juga.
    Tahin depan harus mendang!

  3. Djaya berkata:

    To Lamida:
    Tamax itu adik sepupu gue..he..he..

    To Tamax:
    Intinya banyak latihan, jgn mudah nyerah..itu aja. plus harus kreatif. coba dan coba lagi..jgn mudah nyerah.

    To Daniel:
    1) NMAP
    2) Metsploit Framework (Pake di Panhac)
    3) IPScan (Pake di Panhac)
    4) Sisanya tools2 bawain windows lah…
    5) Semuanya krn google dan banyak baca, banyak praktek, makanya bs menang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s