Review Nokia 5800 XM – Haruskah anda membelinya?

nokia5800xpressmusic_1Oke mau numpang review gadget terbaru gue nih. Nokia 5800 XM. XM untuk eXpress Music. Pertengahan Desember 2008 kemarin akhirnya maksain beli handphone juga. Beberapa pertimbangannya adalah, pertama, gw memang lagi gak punya henpon. Kedua lagi ada uang sedikit. Ketiga ingin mencicipi salah satu gadget revolusioner tahun ini dari Nokia. Awalnya agak ragu juga sih, apakah harus mengeluarkan uang cukup besar (untuk ukuran gw loh) hanya untuk membeli perangkat yang fungsi utamanya menelpon dan sms? Setelah dipikirkan masak-masak akhirnya gua tebus juga si Nokia 5800. Dan toh ternyata setelah menggunakan beberapa waktu ada banyak pengalaman yang didapat dan lebih dari sekedar fungsionalitas telpon dan sms. Post ini juga akan mencoba memberikan masukan pada visitor sekalian, apakah Nokia 5800 layak anda beli.

Pertama kita akan membahas ukuran. Dimensinya adalah 111 * 51.7 * 15.5 mm. Untuk anda yang mencari HP super kecil super tipis, Nokia 5800 tidak bisa masuk daftar. Namun dengan fungsionalitas yang Nokia 5800, ukuran tadi masih cukup masuk akal dan dirancang untuk dapat digunakan menggunakan 1 tangan saja (tidak seperti PDA).

Kedua adalah metode input. Meski Nokia 5800 bukan HP touchscreen pertama dari Nokia (ada beberapa seri lain yang pernah diluncurkan tapi tidak terlalu banyak terlihat di pasaran Indonesia), Nokia 5800 disiapkan untuk menggebrak pasar dengan keunikan-keunikan yang dimiliki. Walaupun banyak orang berseloroh kehadiran Nokia 5800 adalah menjiplak iphone dan mencoba secara langsung bersaing dengan iphone, ternyata ada poin-poin unik yang cukup kuat bersaing dan bahkan melebihi fungsionalitas iphone yang juga dianggap cukup revolusioner. Berkaitan dengan user interaction, serupa dengan iphone, Nokia 5800 menyiapkan akses kontrol utama dari sensor touchscreen dan disiapkan bisa dikendalikan dengan jari saja. Di panel utama Nokia 5800 tidak ada panel alpanumerik atau keybord qwerty. Space terbesar diokupasi oleh display sekaligus touchscreen berukuran 3,2 inchi. Hanya ada 3 buah tombol di bagian bawah display, tombol angkat telepon hijau, tombol tutup telepon merah dan tombol akses menu. Serta sebuah tombol sentuh akses media bar di bagian atas dekat speaker. Selain menggunakan jari, interaksi ke touchscreen juga dapat menggunakan stylus dan sebuah kontrol serupa pick gitar yang bernama plektrum.

Berikutnya adalah display. Seperti telah disebut di atas, salah satu poin unggul dari Nokia 5800 XM sebagai gadget multimedia adalah display yang sangat besar. Ukurannya 3,2 inchi dengan resolusi 640 * 360 widescreen, dan kedalaman warna hingga 16 juta warna. Cukup lapang untuk menonton video dan atau bermain game.

Selanjutnya adalah storage. Nokia 5800 XM memiliki storage internal sekitar 100 MB dan storage eksternal berupa micro SD card yang bisa ditambah hingga 16 GB (paket penjualan menyertakan micro SD 8 GB). Dengan ukuran sedemikian Nokia 5800 dapat kita jejali dengan file-file yang cukup banyak.

Kekuatan baterai adalah salah satu kekurangan yang mungkin dimiliki 5800. Hal ini tentunya dengan beragam fitur kaya yang dimilikinya. Dengan penggunaan intensif, baterai Nokia 5800 hanya bisa bertahan seharian.

Fitur multimedia tentunya tidak boleh terlewatkan. Nokia 5800 XM memiliki hampir semua fitur multimedia mulai dari music player, radio fm, video player (mendukung sebagian besar file video), flash lite, podcast dan sebagainya. Salah satu hal yang cukup saya tanggapi dengan positif di music player adalah waktu refresh library yang cepat, berbeda dengan handphone saya sebelumnya. Video player yang disertakan di handset ini adalah real player. Untuk anda yang senang mendownload video dari you tube, real player dapat langsung memainkan video berformat flv tanpa perlu konversi. Untuk kualitas suara speaker cukup baik, suara headset bawaan pun cukup layak. Bila ingin suara yang lebih nendang tentunya bisa membeli headset tersendiri dengan kualitas yang lebih baik.

Berikutnya adalah konektivitas. Nokia menyediakan koneksi hsdpa dan wireless LAN untuk konektivitas internet. Bluetooth pun tersedia untuk tranfer data. Dengan display yang cukup besar, pengalaman browsing internet terasa cukup menyenangkan. Di browser bawaan nokia pun telah tersedia rss reader dan flash lite. Jadi bisa streaming video. Aplikasi Internet Messenger pun sudah tersedia, meski hingga saat ini saya belum sempat mencoba menggunakannya. Bila tidak puas dengan browser bawaan nokia, alternatif lain yang sangat bagus adalah opera mini. Untuk messaging, Nokia 5800 memiliki sms, mms dan email client built in.

Selanjutnya adalah navigasi. Navigasi nampaknya akan menjadi fitur standar untuk handset masa depan. Ingat saja masa-masa pertama ada handphone berkamera. Mungkin kelak semua henpon akan dibekali GPS. Nokia 5800 XM dibekali A-GPS built in dengan software Nokia Map 2.0. Peta dapat digunakan secara gratis. Namun bila ingin memakai fitur navigasi, kita diharuskan membayar lisensi. GPS pun cukup cepat menangkap sinyal. Akurasinya juga cukup baik. Yang sangat disayangkan, andai saja lisensi navigasi bisa digratiskan. Sempat mencoba menginstal Garmin XT 5.0 juga. Harapannya bisa bernavigasi secara gratis tadi. Tapi nampaknya versi tersebut belum kompatibel dengan Nokia 5800 XM.

Terakhir adalah aplikasi dan platform. Nokia 5800 XM adalah handset pertama yang berjalan di atas platform S60 5th edition dan sistem operasi Sysmbian 9.4. Jadi pengalaman kurang menyenangkan yang harus dihadapi pengguna handset ini adalah aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia jumlahnya sangat minim. Tentunya ini akan berubah dengan semakin banyaknya handset lain yang diturunkan dan pengguna yang memakai. Untuk aplikasi symbian, aplikasi Nokia 5800 XM tidak kompatibel dengan aplikasi symbian terdahulu. Beberapa aplikasi mungkin berhasil diinstal, namun ada kekurangan ketika dijalankan. Untuk aplikasi Java Nokia 5800 XM dapat menjalankan semua aplikasi Java (backward compatible).

Dari uraian-uraian dangkal di atas berikut akan coba ditarik kesimpulan apakah Nokia 5800 XM cukup layak dibeli.

Kelebihan-kelebihan:

  • Harga cukup murah untuk fitur yang cukup kaya
  • Gadget revolusioner, just touch the screen with your thumb
  • Layar ekstra lebar
  • Fitur multimedia yang cukup memuaskan
  • Fitur navigasi yang juga cukup bagus
  • Storage besar

Kekurangan-kekurangan

  • Casing plastik, kesan murahan (tapi kalau dibuat stainlis, pasti bobotnya berat banget)
  • Butuh adaptasi interaksi touchscreen dengan jari.
  • Ga ada aplikasi office, pdf reader (ini penting banget buat gue), ga ada zip ekstraktor default
  • Henpon terkadang agak lemot, mungkin seharusnya dikasih prosesor yang lebih ngebut sedikit
  • Baterai agak kurang kuat

Kesimpulannya, dengan segala kekurangan yang dimiliki dan beberapa kelebihan yang ada, menurut gue dengan harga sekitar 4 jutaan (saat post ini dibuat), kalau anda sedang kelebihan duit, Nokia 5800 XM cukup layak untuk dibeli. Kalo ga punya duit, minjem aja dulu sama orang. He.. he.. Semoga post ini bisa memberi masukan yang berharga.

,

  1. #1 by puk on Januari 7, 2009 - 7:28 pm

    blog yg cukup membantu gw buat semakin berpikir untuk membeli, hahaha…

  2. #2 by Tommy on Januari 9, 2009 - 4:54 pm

    jadi ragu2 pak buat beli sayang uangnya

    • #3 by AfdoL on Agustus 5, 2009 - 7:25 pm

      ni hp dibikin buat org2 tajir.. yg miskin mah ga ush ikt2an, ntar tambah miskin lo pada..
      hauhauahuahau….

      long live da_blaze

  3. #4 by nick on Januari 10, 2009 - 5:42 am

    paket penjualannya dapet apa aja? trus aplikasi2 bawaannya ga ada office?dicdnya ga ad?g jg sir nih sm nih hp tp mau tgg jadi kisaran 3jt-an baru beli hehehehe….

  4. #5 by Oseng on Januari 11, 2009 - 11:36 am

    Makasih atas infonya, ini yang selama ini Aku cari, sebab sudah waktunya punya GSM (sebelumnya CDMA)

  5. #6 by Septa on Januari 12, 2009 - 2:14 am

    paket penjualan:
    handset 5800, handsfree, batere, 2 stylus, 1 plectrum ( mirip stik gitar u/ pengganti stylush ), dudukan handphone buat nonton video, memori card 8 giga. iya sayang ga ada aplikasi office, kalau mau aplikasinya sudah lumayan banyak bisa di dapet di blog gw. thanks

  6. #7 by mimi on Januari 12, 2009 - 10:58 am

    ga ada aplikasi office maksutnya office viewer apa office editor? soalny kmaren2 saya baca ada office viewernyah.. huhu.. trus ga ada pdf reader yah? huks.. sayang banget.. mudah2an seiring makin banyak yg beli, bermunculan banyak aplikasi2 yg membantu.. amin.. saya sama kayak nick deh, nunggu turun 3jeti-an dulu baru beli..kapan ya?hehehehe

  7. #8 by wahyudin on Januari 13, 2009 - 10:24 am

    udah ada tuh, aplikasi officex n 5800xm, aku udah downlod, menurut saya sih hanphone ini udah bagus tuh buat multimedia, apalagi gamex sudah banyak tuh

    • #9 by yunus on Agustus 8, 2009 - 2:57 am

      mang alamat untuk donlowd di mana?

  8. #10 by cristover on Januari 15, 2009 - 7:33 am

    kekurangan yang paling ngejengkelin dari nih hape apa ya?? gw jug amau beli nih minggu besok..

    • #11 by dede on Juli 14, 2009 - 6:55 am

      maaf mas cristover.. saya baru beli nokia 5800 XM,,
      bisa taw ga dimana situs yang ngdonload aplikasi Quickoffice nokia 5800 scara gratis..
      hehehe… trim’s sbelumnya..

  9. #12 by rerere on Januari 17, 2009 - 5:52 pm

    menurut gw rada lemot, trus kalo browsing (pake opera mini) kadang ngerepotin karena kadang2 tiap ngeklik buka halaman baru, ditanyain lagi mau pake koneksi yang mana

    punya gw kalo mau reply sms, pas ngetik dalam mode full screen querty, sering nyasar ke viewfinder kamera…

    trus udah berapa hari ini kalo mainin mp3 di suka tiba2 suaranya nggak keluar, baru keluar stelah diteken tombol volume…

    tapi punya temen gw bagus2 aja tuh
    hihihi, emang kecanggihan buat gw kali yak… makanya pengen jual aja

  10. #13 by irene on Januari 18, 2009 - 8:20 am

    Thanks ya.jadi tambah bingung nih mau beli apa gak.kmren da yakin,tpi stelah tau lemot jadi males juga yah.hehe

  11. #14 by andi on Januari 18, 2009 - 2:19 pm

    thanx infonya…. , berguna banget.

  12. #15 by daf on Januari 19, 2009 - 6:33 am

    jd ragu…bgusan mna y antara zinc II dgn 5800

  13. #16 by ocasper on Januari 21, 2009 - 6:28 pm

    wah ulasannya rinci banget…
    tp buat tmn2 yg lg mikir2 bisa liat video’na di http://www.youtube.com
    bisa buat pertimbangan lho…

    soalnya qw jg akhirnya jd beli ni hp gara2 nonton videonya..
    hehehehe…

    eh ternyata bagus kok.. cukup puas..
    cuma kudu sabar kalo masalah aplikasi2’na..
    maklum kan symbian versi baru..

    oh ya buat yg dah punya, ni ada app yg bagus n gw dah coba…
    download aja… free kok…

    1. app kalkulator maknyooossss…….

    http://www.tube5800.com/nokia-handwriting-calculator-application-for-nokia-5800/

    2. app paint keyeeennnn…..

    http://symbianworld.org/1143-mobile-paint-for-the-nokia-5800-xpressmusic/

    moga membantu….

  14. #17 by seal555 on Januari 21, 2009 - 9:32 pm

    Gw dah beli ni hp, sekilas sih ada sesuatu yg sangat menarik di ni hp. Jadi merangsang ide gw membuat aplikasi tuk hp ini. He he he

  15. #18 by yanto on Januari 22, 2009 - 3:39 am

    Untuk baterai yg katanya power kurang kuat, ada baiknya untuk mengakali itu bisa di setting GSM saja. kalau disetting GSM & UMTS (3G) biasanya HP selalu mencari sinyal untuk 3G nya sehingga baterai cepat loyo…

  16. #19 by Emanuel Setio Dewo on Januari 23, 2009 - 5:53 pm

    Lho kok ga ada gambarnya?

  17. #20 by Arie on Januari 24, 2009 - 4:43 am

    Gw udah pake 1 bulan, yg nyebelin dari hp yg satu ini, kalo lagi browsing suka restart sendiri….udah pernah nginap jg satu malam di NCC krn ga bisa startup…so, hari ini bener2 pengen gw jual deh…bye my 5800, thanks for a bad experience !

    • #21 by sendy on Juli 28, 2009 - 12:51 am

      oh gtu,..ia gw jg mo beli 5800xm tp kt tmn gw yg ud pake suka restart sendiri,..ya mikir2 dulu aj,..thanks y infonya,.

  18. #22 by septian on Januari 25, 2009 - 12:02 am

    hai john… inget gw ga???
    taruna paling junior yg ikut PK V…
    kerja di mn skrg??
    kayaknya makin sukses aja?? hehe…
    keep contact yah!!

  19. #23 by three on Januari 25, 2009 - 4:33 pm

    Klo mending pilih mana antara Zinc II dg 5800 yah tergantung kebutuhan lo. Cuma klo budged nya mencukupi mending ambil Zinc nya lah, processor-nya nya khusus buat PPC yg jelas jauh lebih hebat dari 5800. OS Windows Mobile yg dimana banyak aplikasi-aplikasi tambahan yg bisa buat Zinc lo jadi more interactive gadget. Tinggal install core player, Zinc lo bisa hampir memainkan semua codec-codec milik PC dalam 1 player. Install Opera, Zinc lo bisa browsing menyetarai PC. Butuh PDF? install aja PDF reader buat PPC dan kebanyakan merk PPC udah menyertakan produk tsb kedalam paket penjualan mereka.
    Yah pokoknya bener2 Pocket PC, bukan sekedar PDA. Tapi balik ke lo, kira2 lo butuh benda seperti itu ngk?
    Gw juga pengguna PPC dari tahun 2002, yah waktu masih jamanya ipaq 1945 masih hot-hot nya, sampe sekarang, setidaknya PCC itu bisa bertahan setidaknya 4 th menurut gw. Cuma yah gtu2 ajah, Windows Mobile ngk banyak variasinya klo standard (ngk lo tambahin apa2), lagipula klo lo emang pengguna jujur susah dapetin aplikasi WM yg free, ada cm yah gtu deh. So think again before buying.
    But nice info buat 5800 yg sempet membuat gw berpikir 2x bahkan 3x untuk beli PPC lg bahkan gw mau beli 5800 jg. lol .
    Cm baca review dari Arie, jd loyo girah gw untuk membeli, yah gw tunggu aja review2 dari pengguna 5800 buat 1 bulan kedepan.

  20. #24 by galih on Februari 1, 2009 - 7:54 am

    jadi ragu bwt beli ni hape…kata abang gw mendingan beli iphone 3G aja…emang bagusan mana siy iphone 3G ma 5800?
    temen gw mau ngejual 5800 katanya lemot kalo udah nyetel musik kelamaan…
    bener ga siy???

  21. #25 by raka on Februari 5, 2009 - 11:27 am

    mo ikutan review, gw baru pake sekitar 1 mingguan.
    kekurangan yg paling gw perhatiin adalah camera bawaan si 5800. 3.2 MP dengan lensa carl zeissnya kurang maksimal klo menurut gw. apalagi kalo ngambil gambar dengan keadaan yg low light. hasilnya jelek bgt klo mnrt gw, grainy abis. gw bandingin ama yg soner t700 yg sm2 3.2 MP hasilnya beningan gambar yg dari soner.
    kelebihannya: bentar lagi bakalan banyak app2 yg bakalan nongol buat si 5800, jadi udah mirip smartphone lah ni si tube.

  22. #26 by judexkerenz on Februari 6, 2009 - 10:06 am

    udah beli 1 Rp. 3,9jt kayaknya kualitasnya sebanding dengan harganya, bahkan harganya kelewat murah u/ fitur2 yang tersedia.

  23. #27 by mr.zaki on Februari 9, 2009 - 3:12 am

    ngak salah nie…..

  24. #28 by Jerry on Februari 10, 2009 - 1:26 am

    Gua sampe sekarang masih pake nokia 5800 berdasarkan review yang temen2 buat nurut gua sih ini hp masih ok secara overall walaupun sengsara karena aplikasi yang ada sangat minim sedangkan gua cuman sanggup beli handsetnya aja. :)
    Sedangkan masalah hp lemot bagi yang berencana lego ato masih punya nokia akan release firmware versi 11 untuk indonesia.

  25. #29 by fuad on Februari 10, 2009 - 10:40 am

    Thanks review-nya…
    Jadi bahan perbandingan dengan ipod 3G

  26. #30 by nicholaschristian on Februari 12, 2009 - 2:21 pm

    jangan ragu beli tube…

    lemot? tinggal update jadi FW20…:Peace:

    maen2 ksini biar nambah pengetahuan tentang tubenya…

    (http://www.kaskus.us/showthread.php?p=66219754)

    gw jamin pada pengen beli TUBE…

    http://nicholaschristian.wordpress.com/

  27. #31 by ano on Februari 17, 2009 - 5:39 am

    wah, ga jadi beli HP yang ini deh..
    ga bisa Office…
    Kyakny E71 ja…

  28. #32 by candra on Maret 1, 2009 - 4:21 pm

    N95 sama 5800XM, mending mana ya?
    buat overall.

  29. #33 by Chris on Maret 1, 2009 - 7:04 pm

    Wah jd bingung nih. Mau beli atau gak sih. Hiks. Maunya adakan poling nich tuk yg layak dan tidak layak utk dibeli dgn kondisi harta g hanya ada 4jt. Whaha

  30. #34 by Chris on Maret 1, 2009 - 7:06 pm

    Harga terakir brp?
    Skrg lg pakai 6120c. Pengen ganti.

    • #35 by Chris on Desember 11, 2009 - 1:22 am

      Hi, sama2 chris, sama2 pakai 6120c, sama2 tertarik ma5800

  31. #36 by docter asmara on Maret 4, 2009 - 3:24 am

    Gua sih udah beli dari kemaren waktu pertama kali di kenal kan di indonesia
    Cuman yang masih buat aku bingung adalah
    Applikasi na mau cari di mn?
    and ngak isa di buat main game tibiame yang lagi ngetren di mari?
    Tolong donk bro yang ngarty soal ini bantuin gua ya
    gua kan sangat berterimakasih sekali tuk itu
    thank’s dari gua

  32. #37 by lamida on Maret 9, 2009 - 9:39 am

    Hello all, baru sempat respon lagi nih. Setelah sekitar 3 bulan make, ada beberapa update yang cukup menggembirakan bagi para user Nokia 5800XM.

    Pertama sekarang sudah cukup banyak aplikasi yang tersedia. Rajin2 cari aja di internet. Kalau untuk saya, tempat yang paling sering saya kunjungi di ipmart. Coba2 saja ke sana.

    Untuk penggemar ebook, Adobe pdf reader sudah bisa diinstall, tapi harus sedikit usaha, karena harus berurusan dengan yang namanya signing aplikasi. Untuk yang mau baca file CHM, ada aplikasi mobile chm yang bisa digunakan. Cukup compatible kok.

    Office sejauh ini hanya bisa untuk baca saja. Jadi tidak bisa untuk nulis. Lagi pula, repot amat kayaknya untuk mengedit file office di ponsel. Kalau untuk sekedar mengetik, bila kurang puas dengan editor catatan built in nokia, kita bisa menggunakan notepad plus (kalau tidak salah). Bisa save di directory manapun di ponsel. Lebih fleksibel dari pada aplikasi catatan default.

    Untuk masalah browsing, saya lebih nyaman menggunakan opera mini dari pada browser nokia. Kecanggihan utama dari opera mini adalah kemampuan untuk merender text dari suatu website hingga wrappingnya sesuai dengan lebar layar. Sehingga ketika kita membaca text tidak perlu menggeser ke kiri dan ke kanan. Kelemahannya, nampaknya opera belum mengeluarkan versi yang kompatibel dengan Nokia 5800. Versi yang ada sekarang sangat sering crash. @Rerere, Mengenai masalah opera yang sering meminta konfirmasi koneksi itu bisa diatur di menu option.

    Untuk masalah navigasi, Garmin XT dapat diinstall di Nokia 5800. Untuk orang-orang yang merasa terganggu dengan sistem lisensi nokia map, Garmin XT bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Masalah hot key bisa ditanggulangi menggunakan software virtual key. Namun sekali lagi karena tidak sepenuhnya kompatibel ada kalanya ketika digunakan Garmin XT akan hang.

    Kedua, mengenai os yang agak lemot. Harus diakui untuk orang yang baru menggunakan Nokia 5800, handphone ini terasa agak lambat. Namun hal ini nampaknya sudah terpecahkan di firmware terbaru. Dengan mengupgrade firmware, masalah ini sepertinya bisa hilang. Kemudian solusi lain, adalah jangan terlalu menjejali hp dengan aplikasi dan file terlalu banyak. Performansi akan turun dengan aplikasi dan file yang terlalu penuh.

    Ketiga mengenai link-link aplikasi sangat banyak sekali ada di internet. Mohon maaf tidak bisa memberikan direct link, karena saya pun lupa di mana saja saya mendapat aplikasi.

    Keempat, tidak ada produk yang sempurna. Jadi merupakan hal yang wajar bila Nokia 5800 memiliki kelebihan dan kekurangan.

    • #38 by iwan on Juni 24, 2009 - 4:09 am

      bagi gw….5800 oke bget
      gw uh download banyak aplikasinya tpi ga lemot,,,bagus ajah

      truz gw donlod app multimedia di :www.mobile9.com
      di situs ini bnyak yg bemanfaat untk 5800 XM

  33. #39 by Joekikaze on Maret 21, 2009 - 2:54 pm

    Sipp…
    Info nya sangat2 membantu…
    Thanx all…!

  34. #40 by reds on April 1, 2009 - 8:17 am

    pengen seh, tapi kok masi lebi pengen xperia ya? tapi harganya bikin mabok

  35. #41 by NARUTO on April 19, 2009 - 5:20 am

    wuih…tambah bingung,…jadi beli nggak ya ???
    kalau 5800 vs n95 gmn?

  36. #42 by indra on April 27, 2009 - 3:50 pm

    5800 baterai nya kurang kuatt .. apalagi agak sering pake buat gps nya.. mgkn ada yang merasa begitu jg??

    • #43 by albert sasongko on Juni 26, 2009 - 4:52 pm

      iya btrena agak lemah emank…huhuhuhu

  37. #44 by retha on Mei 10, 2009 - 5:15 pm

    kasi masukkn buat gw , 5800 XM apa E71? bingung mau ganti yg mana antra 2 itu .

  38. #45 by albert sasongko on Juni 12, 2009 - 7:06 pm

    teman2, game2nya bisa didapet dmana y?ada yg tau?apa lagi app gratisan..hehehe…thx

  39. #47 by oesman suryata on Juni 21, 2009 - 1:21 pm

    Barusan gue liat di ovi store, sudah ada aplikasi facebook gratisan buat 5800, ada yang udah pernah pake? apakah push juga kayak BB?

    Gimana yang udah pake/upgrade software ke v20, apakah masalah sering hang sama suara lawan bicara yang bergelombang masih ditemui?

    Please share…

  40. #48 by isa on Juni 22, 2009 - 7:42 am

    assalamualaikum,
    hohoho…terima kasih banyak informasinya,
    mudah2an amal baik temen2 sekalian dibalas oleh Allah..
    jadi karena ga bisa buat nulis office utk data harian gw,,jadinya e 63 aje..
    wassalam

  41. #49 by anisa on Juni 23, 2009 - 4:02 pm

    baru liat harganya udh 3,4.. kira2 enakan ini apa e71 ya?
    utk kebutuhan browsing layar lebar tp ga lemot..?

  42. #50 by One on Juni 27, 2009 - 7:54 pm

    Game nya Oke Pnya Ga Sprti Halnya N-Gage soalnya gw baca 5800 XM ini Bisa Buat main Game N-Gage Bener Apa Nga Sih Soalnya Gue Mau Beli nih…..

  43. #51 by Bad boy on Juni 28, 2009 - 7:29 pm

    5800 mantep euy…! baru beli ni. hehee
    cuma kalo buat smsan kalo ga biasa ma touchscreennya aga repot. hehe

    but overall, OK la… ^^

  44. #52 by KEONKZ on Juli 12, 2009 - 1:05 am

    Beli bekasnya dulu aja, biar ga banyak ruginya…
    karena setelah beli HP ini pasti menyesal… he2
    kelemahan tabahan:
    1. OS sering HANG
    2. Bila terima telpon terlalu lama OS HANG
    3. Setelah Hang sulit untuk di-On kan, harus lepas Bateray
    4. GPS pada awalnya baik, lama-lama lemot alias ga dapat sinyal
    5. Menu sulit alias terlalu rumit membuat lama untuk segalanya
    6. Kamera 3.15Mp tapi kualitasnya seperti kamera VGA

    Keonkz :(
    Kecewa dengan HP ini

    • #53 by andra on Juli 24, 2009 - 4:58 pm

      1. selama pake 5800 XM sampe sekarang gak ada kendala sama
      OS’nya tuh, lancar2 aja
      2. Terima telpon gak pernah Hang
      3. GPS lancar2 aja, pake Google maps, or Garmin, sip deh
      4. Nokia terkenal dengan User Interface’nya yang friendly
      5. Kamera relatif bagus, pa lagi di OUT door, nice deh hasilnya
      6. Fitur semuanya lengkap (kalo kurang download aja seperti aplikasi office dll, banyak forum yang tersedia)

      Soal error dan sebagainya gak usah pusing deh, tinggal upgrade aja Firmwarenya ke Nokia Center, beres deh… ;)

      • #54 by sendy on Juli 28, 2009 - 1:01 am

        ikut nimbrung,.. yg gw denger sih ktnya yg sering hang itu keluaran AS tp klo yg keluaran eropa ngga,…thanks,..

    • #55 by albert sasongko on Agustus 4, 2009 - 3:50 pm

      wah kok 5800 aye gak mengalami yg seperti itu y?
      protes ke nokia tuh…punya gw bagus2 aja…puas bgt malah…keren…

    • #56 by AfdoL on Agustus 5, 2009 - 7:18 pm

      lapor hansip nokia mas.. mnurut gw hp ini gagal di kamera doank.. coz gw blm coba fitur2 lainnya sih.. takut mahal..

  45. #57 by zeha on Juli 15, 2009 - 7:04 pm

    batreny g awet, paketnya mmc 8gb, stylus, kabel2 bt connect ke pc n tv. garga 3,2 jt, d nokianya 3,7 (roxy mas 11 juli 09)

  46. #58 by asto on Juli 28, 2009 - 10:45 am

    keren bgt neh hp,aku dah beli.perlengkapan bonus banyak.selama ini g ada masalah.harganya dah turun 3 juta/3 juta 100.kameranya maknyus ,nonton film okeeee.kereeeen.gak nyesel beli.

  47. #59 by ifumi on Agustus 11, 2009 - 11:09 am

    ni HP Gue banget… terima email dlm hitungan detik trus di tampilin di Home Widgetnya, QuickOffice v6 read and write, facebook on the Go, unlock slide kaya iph*ne, Musik OK, Photo Lumayanlah…, GPS garmin XT, kurang apalagi coba… update firmware 30.0.11 with phoenix, lumayan nambah performance. it will be the nokia legend phone, like ngage…

  48. #60 by OrangBingung on Agustus 11, 2009 - 4:47 pm

    Gue ambil kesimpulan dr semua nya………
    soalnya gw jg mw beli 5800 jg………..
    jadi ada yg bilang HP nya bagus ada yg bilang jelek………
    mungkin itu faktor pabrik…….
    jadi kita beli faktor keberuntungan misal kita dpt nya kondisi nya bagus ya bagus…. misalnya jelek yah begitu dah……..
    ap lagi ktnya dengan FIRMWARE yg 2.0 masalah2 di atas bs di atasi……..
    So kyaknya gw jd beli nih HP soalnya hrgnya udah turun jadi 3,1 juta……..
    itu jg mungkin yg menjelaskan kelemahan2 adalah org yg ahli di bidang handphone… jadi smua dijelaskan scara detail dan serius….
    mungkin wat org awam masalah2 kyak gtu paling di anggap biasa aja……….

    GUA MW BELI AH NOKIA 5800 XM……….. TOCHSKRIN, LAYAR GEDE, BISA WAIFI, JIPIES, MEMORI 8GB, BS PASANG MACEM2 APLIKASI,DLL
    GW UDA GA SABAR BLI NIH HP…………..

  49. #61 by roys on Agustus 13, 2009 - 2:56 pm

    aq jg pgn beli
    tp kl soal ngehang2, itu mungkin yg cacat
    maksudna orang lahir jg g smua sempurna
    untung aja hape ada garansinya
    beli2 yu,,^^

  50. #62 by Iyan on Agustus 13, 2009 - 5:04 pm

    Hei guys sebenarnya yang salah n error siapa ???? Hpnya yang lemot apa orangnya ngak bisa make ( simbian os ) hp
    Begini ya guys symbian os punya ciri sendiri yaitu kalo keberatan data ( banyak applikasi yg ngak di tutup ) dia (hp) akan restart sendiri. Semua nokia symbian os terdahulu juga begitu khan ????? Ingat nokia 6600 ?, semua orang bilang lemot tapi kalo digunakan dengan “sewajarnya” n ngak kebesaran kamus ( MMC ( Maks 250mb )) ngak lemot tuh !!!. Begitu juga dengan sonyericcson yg ber-symbian OS, samsung dan lainya, jangan samakan dengan hp “java os” donk ! ( Curiga dulu hp loe pade hp cupu ).
    Salut buat nokia dengan symbian-nya !!!!!

  51. #63 by arti on Agustus 14, 2009 - 5:00 am

    gw bli hape 5800 skitar 4bln yang lalu, udah pernah nginep di center nokia selama 2 minggu dengan alsan uograde software,baru 2mnggu yang lalu gwa pake lagi tanpa alasan yang jelas sering restart lagi, gw mo jual ja n ganti…..

    kameranya juga kadang ngehang nich….bete bgt dech…..

  52. #64 by ivan on Agustus 19, 2009 - 4:25 pm

    sama gw jg lg bingung nih, beli E63 or N5800XM. klau baca yg diatas2 jd tambah kalut/bingung. mungkin ada yglebih expert or netral gitu?

  53. #65 by alldear on Agustus 22, 2009 - 10:35 pm

    Thankz postx.
    G perlu ragu bro!
    Utk mslh lemot; emg utk symbian, agak lemot kl lgsung klr applikasi!
    Tp kl ttup appx ssuai prosedur, g bkal nemuin hal tsb koq.

    Kl mslh srg restart, update aj firmware, ato minta update di nokia cnter aj.
    Mw dwnload bbagai app, cb ke http://www.mobile9.com

    Kl batre srg lemot, setting jaringanx yg gsm aj bro!

    Kl mslh operamini yg srg minta confirmasi, setting aj di option!

    Ni hp kren abs koq!

    Oy, office, pdf, calculator n paint udah tsdia!
    Dwnload aj!!

  54. #66 by David on September 1, 2009 - 4:56 am

    Mslah hang mah it wjar. Mngkn kbnykn aplikasi yg d bka x. Lpa ntupny. Gw jg pngn bngt bli 5800 xm. Ud lngkp amt th hp kyakny. Tngu hrgany trun lg ah.

  55. #67 by januar on September 11, 2009 - 8:33 am

    w juga 5800.. w malay makenya……. ga suka touch.. haha ribedddddd

    ett w fb w ya : shelvya_andry_yani@yahoo.co.id

  56. #68 by januar on September 11, 2009 - 8:34 am

    w seih mendingan E63.. ada yang mau beli hp 5800 w.. w lelang nihhh..

  57. #69 by kesa on September 11, 2009 - 8:35 am

    nama w kesa.. bukan januarrrrr.. haha

  58. #70 by TIO on September 17, 2009 - 6:17 am

    mending 5800 atw 5730 ya??

  59. #71 by aris on Oktober 4, 2009 - 1:02 am

    aku suka catat harga barang spare part. Yg mana cocok aku beli nokia 5800 atau e63…punya wifi gak e63 . I am waiting for your help.thank

  60. #72 by dian on Oktober 4, 2009 - 11:07 am

    bingung neh, 5800 am 5530 bgusan yang mana yach. . .
    trus klemahan keduanya jg apa??
    karna hargana g jauh beda. . .
    tlong bntuannya ya. . .

    • #73 by lamida on Oktober 5, 2009 - 12:27 am

      Menurut pendapat saya, harga itu jarang bohong. Meski tidak selalu demikian, sesuatu yang harganya lebih mahal apalagi bila selisihnya jauh biasanya akan lebih bagus.

  61. #74 by JOVITA on Oktober 7, 2009 - 2:25 pm

    Beberapa hari lalu saya membeli Nokia 5800XM, karena saya tertarik untuk memiliki HP Musik yang suaranya jernih, keras, stereo dan tidak cempreng. Apalagi menurut info yang saya baca, Nokia 5800XM menggunakan chip khusus untuk musik, sehingga musik yang ditampilkan akan sangat jernih bahkan katanya seperti kristal.

    Tetapi setelah saya coba, ternyata menurut saya speakernya kurang nyaman, kalau volume dimaksimalkan atau ditempatkan 1 step dibawah maksimal, untuk lagu-lagu bernada tinggi (saya penggemar permainan orchestra lagu klasik/oldies), speaker kurang kuat, ada sedikit suara cempreng yang mengganggu suara musik. Dan walaupun volume sudah maksimal, suara juga tidak begitu keras. Menurut saya, yang kebetulan juga memakai N73-ME, N73-ME masih jauh lebih bagus dan lebih keras suara yang dihasilkan speakernya, cocok bila disebut sebagai HP Musik, walaupun volume di-maksimalkan, jadi enak didengarkan, suara tetap utuh, sangat keras, stereo dan tidak ada efek gangguan suara dari body HP. Mungkin karena speaker 5800XM sangat kecil untuk dipasang pada sebuah HP Musik.
    Kalau mengenai fitur-fitur lainnya, sejauh ini saya merasa nyaman, juga touch screen tidak terasa merepotkan, cuma kalau menyentuhnya meleset sedikit saja, maka tampilan akan muncul akan beda dengan yang kita maksudkan, tapi itu wajar aja.
    Tentang Bluetooth, menurut info yang saya baca, 5800XM bisa dipasangkan dengan Bluetooth BH-503 selain BH-504, tetapi waktu saya hubungkan ternyata keluar tampilan di layar yang menyatakan device tidak dikenal, saya ulang beberapa kali hasilnya tetap sama. Apakah memang tidak bisa dipasangkan dengan Bluetooth BH-503 dan hanya bisa dengan BH-504?
    Itu pendapat saya, semoga berguna bagi yang ingin membelinya.

  62. #75 by Japra on Oktober 9, 2009 - 5:10 pm

    jd pengen beli neh…
    untuk fasilitas email, klo ga salah bisa synchronize dengan MS Exchange yah?
    bisa dijelaskan untuk yg satu ini?

  63. #76 by Derysco on Oktober 10, 2009 - 8:06 am

    Coba jelasn Dunk bro paket penjualannya?Dah itu ini hp udah pake Tv Out ngk?.Krn sy ingn s x melihat hasil rekaman video bersama keluarga sy.Spt yang ada di seri N82 itu lah pingn gue.Jadi kalo seandainya untk ngenetan kan lebh leluasa lagi,pa lg untk mandangin cwx ckp wah seru tuh. Atw ada app tv out nya x ya.Saran gue bg yg ngk suka ini hp 58xx,mending elo pake hp 1100.Kelebihannya klw elo lg bete atw elo lg kesal loe bs jadkn ini buat lemparin anjing liwat.Ha Ha Ha Ha gtw aja ko REPOOOOAT.

  64. #77 by ten-ten on Oktober 12, 2009 - 3:58 am

    Nokia 5800 gw bgt..mang batrenya agak boros..tp overall,,ini hp yg keren koq :D

  65. #78 by suma on Oktober 12, 2009 - 12:45 pm

    gw juga rencana mw beli ni HP…
    tp klo dri sbagian besar yg gwa baca sie smua pada nyaman pake nie HP…
    ntar liat brgna dlo trus coba…
    klo emang bner” bagus sung gwa beli lah…

  66. #79 by wulan on Oktober 14, 2009 - 1:11 pm

    NOKIA 5800 jelekkkkkkkkkkkkkkkkkkkk……..
    baru 1 minggu FOTo hasiL KAmeranya HILANG semuAAAAAAAAAA………..
    BT BT BT BT BT BT……………………
    Nokia 5800 gw nginep di NCC UDah 2 HAri………………

    SIal tu hape..
    mending beli hape NOKIA 1202…
    dibanting pun ga rusak…

  67. #80 by wulan on Oktober 14, 2009 - 1:13 pm

    nokia 5800 jelekkkkkkkk,,,,,,,,,

  68. #81 by dean on Oktober 23, 2009 - 11:36 am

    hmm klo 5800 mank vitur’na gokil abis deh sob.. ud pernah ngrasain.. tapi tuk remaja sibuk sperty saya iank ingin serba cepet toh e63 ad gogle maps juga.. lagian klo buka n edit lampiran email mank lebih baek E63 iank blackberry wanna be.. bs upload vutu lbh mudah..

  69. #82 by hadydharma on Oktober 31, 2009 - 3:23 am

    gini bRo…5800 sebenernya Emang bagus banget…Tapi klo lo biasa megang CanGkol trus megang Hp neh ya pastilah banyak keluhan…….biasain pake Teknologi Baru …

  70. #83 by siska alatas on Oktober 31, 2009 - 3:42 pm

    E63 ada wi-fi n gps nya koq
    Ak udaa pake
    Cuma kurang puas ma fitur” yg ad .
    Masii lebii bnyak fitur yg ad di hpquu yg lamaa.

    Hmm ,masa’ siyh suara nyaa n73 masii lebii bgus dari 58 ?? N masa kameranya 58 kaya VGA ?

    Wahh kayanya cwo gw bsa ga jd belii neh 5800xm.alnaa diaa pake n73 .
    Fitur”naa memuaskan tp udaah bosenn ma modelnya.

    Hufffttt

  71. #84 by nimo on November 4, 2009 - 4:19 pm

    wah kliatannya keren abis ni tube….
    rencana dlm wktu dkt ni jg mo beli..
    dah g sabar nich pengen ngubek2 ni tube…

  72. #85 by siska alatas on November 9, 2009 - 7:05 am

    jelek kameranya 5800 !! ada warna ijo dbagian samping.a . . Huuuuuuu !!

  73. #86 by stegian on November 15, 2009 - 9:14 am

    5800 ok bro..baru beli, wlpn 2nd tp sampe saat ini tdk mengecewakan

  74. #87 by ayax jablay on November 21, 2009 - 1:10 am

    gw liat kemaren harganya 2,8 jt…
    gw mo beli ne hp, tp msh rada2 bingung + ragu…
    soalnya gw jg pengen beli soner satio u1i, tp nunggu harga turun dl dech…
    menurut temen2 selain kamera specnya 5800 vs satio u1i mantap yg mn??? (kalo kamera udh pasti satio yg jago, udh 12 mp…)
    thanx for all…

    • #88 by Lienad on Desember 15, 2009 - 8:48 am

      Mbandinginnya juaoh banget kayak mbandingin mobil honda civic ama ferari ya juaoh banget specnya harganya juga juaoh banget bedanya, satio harganya 7 jt kurang 25 rebu vs 5800 2,7 an jauuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.

  75. #89 by Rudy on November 27, 2009 - 2:38 pm

    e63 mempunyai processor, jd lmyan cepet dan jrang bgt hang. aku dah pake selama 5 bln. Dan dijejali bnyak aplikasi jg fine2 aja tuh. Tp pgn ganti 5800, pgn browsing layar lebar. Ga perlu mindahin kursor klo pgn buka halaman. Tinggal pencet aja he2
    sp yang mau e63 ku? Full aplication
    Pdf, quick office, advanced device lock, smart setting, cute keys, etc. And its 100% HACKED!!!!

  76. #90 by PUTRIE on November 28, 2009 - 6:26 am

    TETEUP MO BELI AH! ud anjlok harganya hehehehe…….

  77. #91 by ferdy cool on November 28, 2009 - 1:56 pm

    gue awal thn 2010 beli 5800 skrg dana belon cukop jd nabung bntr dolo hehe… gue dah coba punya tmn shari ja n coba2 isi dalemnya touchcreennya mantep di sentuh ky vibrator aj geter2 bikin geli hehe.., kamerax dengan lesa carl zeis jernih bgt, kalo masalah musik pake aj sound system sgt mengelegar kalo bandingan dgn n73 me, malah n73 tu yg cempreng kaya hp cina he.., 5800 suarax tdk trlalu nyaring tp enak di dngar, n yg seru tu n-gage tu bs mainkan di tv ky main plastation aja, aplg game race bikin tegang

  78. #92 by ivan on Desember 1, 2009 - 3:42 am

    ehm…selama pake nokia 5800 xpress music, saya ada keluhan di layarnya, waktu pake untuk multimedia kenapa tiba2 layar keluar blur atau garis garis dan tanpa gambar alias blank. saya restart dan kembali normal, yg saya mau tanyakan …. kenapa hal itu bisa terjadi padahal baru kali saya mengalami keluhan seperti ini. trima kasih

  79. #93 by tedy on Desember 3, 2009 - 1:06 pm

    wah nokia 58 XM keren banget aplikasinya, apalagi bentuknya imut . Selama aq pux aq selalu nyempetin waktu untuk ngenet . Tapi kalau lagi seru2 nya ngenet , hpx suka ngerestar sendiri↲
    Trims . . . .

  80. #94 by dany on Desember 4, 2009 - 12:12 pm

    neh dr segala multimedia cakep, mo nonton 1 dvd full pelm dan gbr gak bening, suara bening, terima email, ngirim email, antivirus blokir no yg ga mo kita terima, dan theme nya yg bagus2 kaya windows, baca, edit, tulis word excel bisa pokoke 100% full metal cing

  81. #95 by Konang on Desember 4, 2009 - 3:49 pm

    5800 Kurang bagus..
    Mending bli 5730xm.
    Gw udh coba 22x..
    Lbih unggul 5730xm
    Mslh harga ga jauh beda
    Yang pake 5800, beralihlah ke 5730

  82. #96 by nurjannah on Desember 4, 2009 - 5:00 pm

    pengen beli ni hp. tapi duit masih kurang. nabung2 dulu deh. setelah liat semua komen yg ada, jadi bingung ma ni hp. takut binggung ma toucscreennya.maklum yg skrg pake nokia 5310. tapi tetep pengen nyoba ni hape. moga gak ngecewain setelah dibeli. kayaknya sekarang turun jadi 2,5jt deh.

  83. #97 by IT SCRIPT on Desember 5, 2009 - 4:28 am

    Yang benar Nokia 5800 itu bagus ato tidak, apa sekarang kalo beli udah diupdate softwarenya, atau direvisi kecacatannya yang terjadi semula?

  84. #98 by fier on Desember 6, 2009 - 2:20 am

    wah kekx mantab gan. . . .
    oya skrg hrgx dh turun brp ya?? bgusan mn ma E63 sieh??

  85. #99 by agusta on Desember 11, 2009 - 1:47 am

    lihat komen temen2 masih pengin beli…. cuman pa bener kameranya gak bagus ya??? harga terakhir berapa? ada yang tahu?

  86. #100 by daniel on Desember 16, 2009 - 5:25 am

    menurut gw smua tergantung pemakain lo semua gmana??
    n cari toko yang terbaik buat beli dan kalo bisa n harus bisa cari yang bergaransi nokia langsung,,,biar aman…..klo gw seh niat mw bi hape ini bozzz

  87. #101 by Antoek praditya on Desember 17, 2009 - 3:52 pm

    Aq udah gak sabar lg nih pengen beli tuh hp (5800 XP), btw harganya skrng udah dikisaran berapa ya?????

  88. #102 by hadnemala on Desember 17, 2009 - 8:16 pm

    pokoknya n-97….

  89. #103 by Indiana Jones on Desember 19, 2009 - 8:08 am

    pusing!!!!!!!!!!! binggung gw…. mw beli ato g??????????
    tlg confirmasi y 085725863232

  90. #104 by nanda on Desember 19, 2009 - 3:47 pm

    gw baru pke hp 5800 ni slm5 bulan,,dan gw ngerasa gak nyaman bgt dgn softwarenya…udh sebanyak 2 x data gw ilang begitu ja smuana tnp sebab…dan hp ini agak lemot dan sering nge-hang…..dan merestart otomatis….
    utk beberapa aplikasi yg udah didownload sk gak bisa dijalankan,,kdang malah jd tmpilan yg aneh…padahal udah prnh sekali gw bw ke counter nokia utk diupgrade tp kejadian yg sma terulang gi….rasanya cukup kecewa dgn harga yg lmyan tinggi hrzna pny kualitas yg setara ya…..

  91. #105 by ai on Januari 7, 2010 - 9:14 am

    hm… jadi semakin pasti bwt beli… udah nunggu lama biar turun harga nc…

  92. #106 by muiz on Januari 19, 2010 - 8:15 am

    Gw da penawaran Iphone 3GS 16GB dari UK cuman $250USD, tapi masi bingung ma nokia 5800xm, bimbang antara yang BM 9dengan kualitas yahud ato resmi dengan kualitas di bawahnya)… minta msukan dunn…

  93. #107 by jack on Januari 20, 2010 - 9:25 am

    haganya sekarang berapa y??

  94. #108 by thertia maulidya on Januari 23, 2010 - 4:42 am

    mmm.. enakan mn sih 5800 sma 5530 ?
    aku bingung euy .. , aku nyarinya yg musiknya bs bnyk dan memorynya g cpt penuh ?

  95. #109 by tris on Januari 29, 2010 - 2:18 am

    ada yg tau tempat download office buat 5800 ga?? Udah nyari2 ga ketemu nih.. Adanya yg bayar semua..
    Bantuin dong..
    Thx.

  96. #110 by uphy on Januari 29, 2010 - 5:40 pm

    Intinya, Nokia 5800 Xpress Music memang luar biasa. Sangat sulit dipungkiri

  97. #111 by delvycahaya on Januari 30, 2010 - 4:47 pm

    permisi…numpang duduk yh….,, hp sy nokia 5800xm,, wktu itu mmc qu terformat smua data2 hilang trmsk aplikasi2 yg lainx..,, yg mw sy tanyakan kok hp sy g bs memutar video berformat file FLV..,, cara mengembalikan aplikasi yg hilang gmn yh agar bs memutar video file FLV…,,
    klo ada saran tlng kirim ke email sy : delvy_1551@yahoo.com

    sblmx trm ksh & salam kenal yh…

  98. #112 by Yogi / Malang on Februari 5, 2010 - 2:39 pm

    gw dah beli hape ni sejak feb-2009 mpe sekarang gak ada masaalah…lancar jaya….
    bolak balik injek applikasi apa aja mungkin dah ada 30 lebih macem aplikasi, bosan di hapus, gitu tros…. tetep aja bandel gak masaalah, dulu FW-21 sekarang dah make FW-30 [ kabarnya dah ada yg FW-40 yah...?] kalo aplikasi sering ngambil di getjar….
    wuih…pokoknya ni hape nggak mbosenin, cuman ada satu kekurangan, yaitu gak ada aplikasi office…. ada seh. tapi mbayar….ha…ha…, sorrylah yaou……
    wes tah laaa… beli aja bro…..

  99. #113 by daniel T on Februari 6, 2010 - 4:06 pm

    Help dong….besok nih mau ketemuan ma yg jual nih hp yg kondisi second. Yg mau ane tanyain apa ini hp bisa push email gak ya? Trus gmn cara periksa kondisi hp ini kalo mau bli nih hp?…..thanx buat bantuannya ya? :)

  100. #114 by ian on Februari 9, 2010 - 3:06 am

    @jack: Harga baru sekitar 2,7 juta, Second sekitar 2,4 Juta, Jual kembali sekitar 2,1 Juta. Salah satu HP terbaik (menurut saya) karena sudah mendukung OS simbian generasi ke-5 (saingan dengan N97,yg harganya 5 jt ke atas, dan juniornya5530XM).

    @Thertia M.:Klo fungsional utamanya hnya utk musik, pilih yg juniornya saja 5530xm, Harga baru sekitar 1,8 Jt. Tapi tanpa HSDPA, 3G, dan ukuran layar lebih kecil (namun tetap tergolong luas untuk kita semua)

  101. #115 by rudi.i on Februari 9, 2010 - 7:10 am

    Didalam galeri foto dan video..kadang terdapat file bertuliskan attachments dengan gambar lambang kunci, saya coba untuk menghapus file tersebut tapi tidak bisa..mungkin ada yang bisa menjelaskan tentang file tersebut…tks

  102. #116 by rudi.i on Februari 9, 2010 - 7:10 am

    Didalam galeri foto dan video hp nokia 5800 xm..kadang terdapat file bertuliskan attachments dengan gambar lambang kunci, saya coba untuk menghapus file tersebut tapi tidak bisa..mungkin ada yang bisa menjelaskan tentang file tersebut…tks

  103. #117 by M1CooLZ on Februari 26, 2010 - 1:36 pm

    @expert HP…saya jg mu beli 5800 neh besok/lusa…ada yg mu saya tanya dunk
    1.waktu beli dpt MMC brp GIGA??dpt bracket(dudukan)HP ga??
    2.harga di NOKIA resminya brp ya??emg uda 2.7???w tanya k CS NOKIA ktanya 2.9an..yg bener mana ya??
    3.pgn tau dunk firmware itu apa sih???apa sama kyk driver pada VGA PC??(untuk performa dan function)
    4.Firmware 5800 yg baru beli apa sudah ke versi terbaru??klo belum upgrade dmn??bayar brp???
    5.satu lagi nih..masalah office..apa benar sudah bisa read n write??klo bisa minta alamat directnya dunk….
    tolong djwb yua..cz urgent nih mu beli minggu..^^

  104. #118 by Bedul on Maret 2, 2010 - 11:15 am

    Sekarang harganya 2.775Jt hua…ha…ha…ha

  105. #119 by Bambang on Maret 10, 2010 - 4:06 am

    terima kasih atas artikelnya..sangat membantu sekali apalgi saya lagi nyari hp dan kebingungan di karenakan tidak tau kekurangan dan kelebihannya tapi setel;ah baca ini saya liat ini cukup layak untuk di beli…

  106. #120 by deviena on April 5, 2010 - 7:23 am

    tengkiuuu…aku mau beli nih..meskipun agak telat banget banget dan sekarng pun harganya udah turun banget hohohoh

  107. #121 by arie on April 16, 2010 - 2:50 am

    tlg d bantu…
    mnding beli 5630 xm ato 5800?kl tocskrin tu gmpang rusak ndak?cz ak pny 2 tmen yg pke tchscren dan sensitivnya pada rusak..mhon msukannya

  108. #122 by rissa on April 19, 2010 - 1:58 am

    w pusing antara nyesel sama ngk nyesel beli ni hp

  109. #123 by asep on Juli 11, 2010 - 2:04 pm

    payah 5800 xm gak bisa baca hasl video FLV katanya oke

  110. #124 by dududu on Juli 18, 2010 - 10:26 am

    sekarang 2.8jt…kepikiran beli nih coz hape lama ku dah rusaksaksak

  111. #125 by Jabon on Juli 19, 2010 - 5:43 am

    kalau saya si gak suka sama hp mahal … saya sukanya sama hp yang super mahal

  112. #126 by kuku on Agustus 6, 2010 - 1:25 pm

    nokia 5800 ter baik

  113. #127 by andre on Oktober 26, 2010 - 11:19 am

    gw sih masih sneng ma nokia X6 yg lebih simpel n keren abis pokoknya

  114. #128 by Alaska on November 14, 2010 - 4:54 pm

    Numpang jualan, barangkali ada yang membutuhkan.

    Nokia 5800 XpressMusic FullPack Original
    Firmware terbaru
    (Limited Edition)
    Black Chrome
    Screenguard
    Silicone
    Touchscreen
    8GB
    Wifi
    HSDPA
    GPS(Garmin XT+Ovi Maps)
    Camera 3MP,Flash
    Plectrum(Gitar)
    Stylus asli(2pcs)
    Stereo Headset
    TV Out cable
    Cable Data
    Stand(buat nonton video)
    Pouch
    Garansi resmi hingga Juni 2011
    Mulus 98%
    Lengkap-kap barang seperti baru

    (031-60228458) Surabaya.

    • #129 by Aldy on Juni 1, 2011 - 5:18 am

      harga brapa…..?

  115. #130 by fakhri on Desember 9, 2010 - 7:33 pm

    makasih banyak….
    ulasannya sangat rinci…..!!

    dan terimakasih pula untuk yang telah memberikan alamat bwat download aplikasinya…

    mungkin agak ketinggalan jaman tapi saya putuskan bwat beli hp ntu…

  116. #131 by Dimas SY on April 8, 2011 - 11:21 pm

    Alhamdulillah..saya baru beli HP ini kemaren.. sekon pula. n Lancar2 aja bang. Malah FW nya langsung diupgrade ke 52.00xxx.xx bisa, Gud Luck buat temen2.. :D

  117. #132 by E-Series on Mei 17, 2011 - 2:07 am

    haha.. sekarang 2nd cuma 1.2jt-an kawan… So, kalo pengen beli nih HP mending cari yg 2nd aja.. Secara gtu, harga new ama 2nd nya terpaut buanyak.. :-D :-P

  118. #133 by Ghojer on Mei 20, 2011 - 6:37 am

    mantap lah nokia 5800 ,,coz baru beli kondisi 2nd seharga 1.3jt ,,klo di hack lebih banyak lagi nih aplikasinya ,, :D

  119. #134 by Aldy on Juni 1, 2011 - 5:16 am

    . . gue bru dapet hp nokia 5800 XM second 1,4jt

  120. #135 by hakim on September 4, 2011 - 7:00 am

    Gan, mw tanya neh
    ane kan penguna nokia 5800XM, tapi batrenya gk kuat lama
    kalau ane ganti batre ori tahan lama gk ya?

    thx

  121. #136 by jebres kang on Februari 27, 2013 - 12:37 pm

    alaa gk ad aplikasi yg cocok untk hp nokia 5800 xm.trs buat ap klo bl hp mhl tp gk pntr.!!!!!!

  122. #137 by @NizamDragneel on September 4, 2013 - 3:20 pm

    bismillah..

  123. #138 by @NizamDragneel on September 10, 2013 - 1:37 pm

    bner2 hp idamn gw……….
    saat ini..

  124. #139 by Dora Marisca on Juni 19, 2009 - 2:34 pm

    baru mau beli ini nih, tp mikir2 lagi mending mana yah sama E63?
    harga jual lg kayanya agak jatuh ya 5800xm ini, skrg harga barunya 3.5jt.. lumayan cepat turunnya yah..

    minta sarannya dong better mana 500oxm ato E63??

    makasih salam kenal ya sebelumnya

  125. #140 by lamida on Oktober 5, 2009 - 12:32 am

    Untuk masalah fitur jauh lebih lengkap 5800. E63 seingat saya tidak memiliki GPS. Disesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika ingin mencoba hp touchscreen berlayar besar dengan fitur extra komplit maka pilihannya adalah Nokia 5800. Namun jika ingin keyboard qwerty fisik dan tidak suka touchscreen namun tidak perlu GPS, E63 adalah pilihannya.

    Mengenai harga yang semakin jatuh, itu adalah sifat natural dari handphone laris. Semakin banyak permintaan, maka semakin banyak hp yang beredar di pasaran. Sehingga harga akan cenderung turun. Lagi pula jika ingin menggunakan sesuatu karena memang suka, biasanya pemikiran mengenai harga jual kembali tidak terlalu signifikan. Namun itu semua bukan berarti Nokia 5800 produk jelek.

  1. blog kopas » top post wp 18 januari 2009
  2. kuliinternet » top pos

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 147 pengikut lainnya.

